Berlibur ke Korea Selatan sepertinya menjadi salah satu bucket list banyak orang saat ini. Namun kalu Rck Lovers akan pergi ke sana, pahami dulu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Korea Selatan.

 

Melanggar aturan makan

Kalau Rck Lovers nonton drama Korea, pasti sudah tidak asing, dong, dengan beberapa makanannya yang selalu terlihat menggugah selera.

Nah, larangan di Korea Selatan yang pertama yang harus kamu ketahui adalah melanggar aturan makan. Sebenarnya tidak ada aturan tertulis tentang hal ini, namun sebaiknya kamu tidak main-main dengan etika makan di Korea, ya.

Makan sup hangat pakai nasi tentu akan sangat nikmat sambil memegang mangkuknya, bukan? Tapi orang sekitar akan menganggapmu tidak sopan jika memegang bagian bawah mangkuk ketika makan.

Hal lainnya adalah tentang penggunaan sumpit. Pastikan kamu hanya menggunakannya untuk menyuapkan makanan dan bukan untuk menusuk makanan.

Kamu pun sebaiknya tidak menancapkan sumpit di mangkuk nasi begitu saja. Dan pastikan kamu selalu menghabiskan makanan yang kamu pesan, ya.

 

Berbicara keras-keras di ruang publik

Apabila kamu liburan ke Korea Selatan, mengendarai angkutan umum akan menjadi bagian yang paling menyenangkan dari perjalananmu. Bahkan kamu bisa berhenti di berbagai destinasi wisata dengan mudah apabila mengendarai bus maupun kereta yang benar.

Namun pastikan Rck Lovers memahami aturannya, ya. Orang sekitar akan menganggapmu tidak sopan apabila kamu bicara dengan nada yang keras di tempat umum – baik itu dengan temanmu sendiri maupun dengan orang lain.

Orang Korea sendiri akan berusaha menurunkan suaranya ketika berada di tempat umum, apalagi ketika mengendarai angkutan umum karena mereka takut mengganggu orang lain.

Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan mendengarkan musik dengan headphone agar tidak mati gaya di angkutan umum.

 

Memberi tip pada pelayan

Apabila di negara-negara Eropa dan Amerika sangat terbuka dengan tip, maka hal tersebut tidak berlaku di budaya Korea.

Ketika kamu memberikan tip pelayanan setelah makan di cafe maupun restoran, hal ini akan mereka anggap sebagai penghinaan. Selain itu, mereka mendapatkan upah yang cukup baik sehingga keberadaan tip adalah hal yang tidak perlu.

Nah, demikian beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Korea Selatan. Jangan sampai liburan kamu terganggu karena tanpa sengaja melanggar aturan setempat, ya.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!