Bagi RCK Lovers yang suka kegiatan outdoor, hiking menjadi salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan. Jika kamu sedang mengunjungi Huangshan, China, ada baiknya kamu juga hiking di Huangshan Mountain. Waktu terbaik untuk hiking di Huangshan adalah di musim dingin. Simak tips agar perjalanan hiking lancar dan aman. 

Tips Hiking di Gunung Huangshan di Musim Dingin 

Tips Liburan ke Huangshan Mountain

Banyak keuntungan mendaki Gunung Huangshan di musim dingin. Perjalanan musim dingin Huangshan akan menghadiahkan salju putih, es kristal yang menggantung dan berkilauan. Ada juga lebih banyak kesempatan untuk melihat lautan awan yang menakjubkan di musim dingin dibandingkan musim lainnya. 

Selain itu, musim dingin adalah musim sepi untuk pariwisata, sehingga biayanya lebih rendah dan kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan hanya sedikit pengunjung. 

Namun, cuaca yang dingin dan tangga yang licin di musim dingin, mengharuskanmu untuk melakukan persiapan penuh terlebih dahulu. Berikut adalah 6 tips bagi kamu yang akan mengunjungi Huangshan di musim dingin.

1. Periksa Prakiraan Cuaca Lokal sebelum Berkunjung

Perhatikan Cuaca di Lokasi

Pemandangan yang tertutup salju, pinggiran yang lembut, es yang menggantung, dan pemandangan fantastis lainnya di musim dingin tidak dapat dilihat setiap hari.

Secara umum, kemungkinan melihat pinggiran yang lembut dan es yang menggantung adalah 60%; hujan salju 30%; lautan awan 30%; dan matahari terbit atau terbenam 30%. Jika kamu ingin melihat pemandangan terindah di musim dingin Huangshan, kamu perlu berkonsultasi dengan cuaca setempat. 

2. Rancang Rute Pendakian

Rancang Rute Pendakian Terlebih Dahulu Sebelum Huangshan Mountain

West Sea Valley, Heaven Capital Peak dan Lotus Peak di Gunung Huangshan ditutup dari Desember hingga Maret setiap tahun. Ada dua alasan penutupan tersebut. Saat Gunung tertutup salju atau beku, jalan setapak menjadi basah dan licin sehingga tidak aman untuk dilalui atau didaki. 

Terlebih lagi, celah pada bebatuan mengembang saat membeku, yang dapat dengan mudah mengakibatkan jatuhnya bebatuan dan tanah longsor. Demi keselamatan wisatawan, ketiga tempat ini ditutup pada musim dingin.

3. Pilih Tempat untuk Melihat Sunset dan Sunrise

Tentukan Tempat Untuk Melihat Sunset dan Sunrise di Huangshan Mountain

Jika kamu ingin menikmati matahari terbit atau terbenam di musim dingin Huangshan, pastikan kamu mengetahui waktu terbit atau terbenamnya matahari. Ada pengingat di area pemandangan. Sebaiknya kamu memilih posisi yang baik untuk melihat fenomena alam tersebut terlebih dahulu dan datang lebih awal. 

4. Persiapkan Pakaian Hangat dan Sepatu Anti Selip

Siapkan Pakaian yang Hangat

Kenakan pakaian hangat, topi, syal, dan sarung tangan, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Pakaian harus seringan mungkin agar lebih mudah mendaki gunung. Jalan setapak di Yellow Mountain mungkin membeku saat atau setelah hari bersalju, jadi kamu akan sangat memerlukan sepasang sepatu anti selip. Kamu juga bisa menggunakan crampon untuk membantu memanjat.

5. Bawa Barang yang Diperlukan 

Pastikan untuk membawa air yang cukup, bawa termos dengan air hangat. Sebagian besar hotel di Yellow Mountain menyediakan air minum panas secara gratis. Bawa makanan berkalori tinggi seperti coklat, untuk mengisi kembali kekuatan fisikmu di jalan. 

Di sana ada stan yang menjual makanan ringan dan minuman, tapi harganya lebih mahal. Bawa tongkat trekking yang akan membantu menghemat kekuatan saat mendaki. Ingat juga untuk membawa jas hujan. 

6. Coba Kereta Gantung untuk Nimati Pemandangan

Rasakan Sensasi Naik Kereta Gantung di Huangshan Mountain

Untuk menikmati pemandangan Huangshan dengan cara yang berbeda, kamu bisa naik kereta gantung. Selain itu, naik kereta gantung lebih menghemat energimu. 

Nah, sekarang RCK Lovers sudah siap untuk menikmati indahnya Huangshan Mountain di musim dingin. Untuk mendapatkan berbagai tips wisata yang lain. Ikuti terus website RCKTrip