Hong Kong adalah surga bagi para pencinta kuliner sejati. Di sana Anda bisa dengan mudah menjumpai aneka makanan lezat, dari yang dijual di kaki lima sampai restoran bintang lima.

Sebagaimana sejarah mencatat, kuliner Hong Kong sangat dipengaruhi oleh budaya Cantonese dan Eropa (Inggris). Begitu kayanya, kota di sisi tenggara Tiongkok ini sampai mendapat julukan sebagai “World’s Fair of Food”.

Penasaran kuliner lezat apa saja yang wajib dicicipi saat traveling ke Hong Kong? Ini dia daftarnya!

  1. Roast Goose

Kuliner Cantonese

Roast Goose

Roast goose alias angsa panggang merupakan penganan khas yang menjadi favorit warga Hong Kong. Ia termasuk jenis kuliner siu mei khas Cantonese dengan cita rasa yang gurih dan lezat.

Karakteristik dari hidangan ini adalah bagian kulit luar yang renyah dengan daging bagian dalamnya empuk dan juicy. Roast goose umumnya disajikan dengan siraman saus kecap yang dicampuri bawang putih, daun bawang, serta madu.

 

  1. Char Siu Bao

Kuliner Cantonese

char siu bao

Hampir mirip dengan bakpau, char siu bao adalah semacam roti kukus dengan tekstur empuk yang isiannya berupa char siu (daging babi panggang manis). Selain dikukus, char siu bao juga bisa dijumpai dalam varian panggang yang tak kalah nikmat. Makanan ini mudah dijumpai di kaki lima pinggir jalanan Hong Kong.

 

  1. Nasi Ayam Hainan

Kuliner Cantonese

Hainan chicken rice

Hainan chicken rice selalu jadi menu favorit wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong karena rasanya yang lezat, gurih, sekaligus mengenyangkan. Kuliner ini merupakan nasi yang dimasak dengan bawang putih, lalu dipadukan dengan potongan ayam kuah plus tambahan kecap asin, jahe, dan rajangan bawang.

Nasi ayam Hainan biasanya jadi “penyelamat” bagi para pelancong yang baru datang dan belum terbiasa dengan masakan khas Hong Kong.

 

  1. Cheong Fun

Kuliner Cantonese

Cheong fun

Cheong fun atau steamed rice noodles rolls adalah kuliner wajib yang tak boleh dilupakan saat berlibur di Hong Kong. Makanan khas Cantonese ini juga sering disebut dengan “mi usus” karena bentuknya yang tebal memanjang.

Cheong fun termasuk salah satu dim sum favorit yang biasanya diisi dengan udang, ayam cincang, sayuran, atau char siu. Masakan ini dihidangkan dengan cocolan kecap manis. Konon, resep cheong fun ditemukan pertama kali pada tahun 1930-an.

 

  1. Lo Mai Gai

Kuliner Cantonese

Lo mai gai

Lo mai gai adalah salah satu jenis dim sum yang sangat populer akan kelezatannya. Kuliner tradisional Hong Kong ini dibuat dari beras ketan yang diisi dengan ayam, jamur, sosis, ebi, telur asin, atau sayuran—lalu dibungkus dengan daun lotus kering dan dikukus.

Sekilas, lo mai gai sedikit mirip dengan kuliner arem-arem di Indonesia. Bedanya, arem-arem terbuat dari beras. Lo mai gai punya cita rasa yang gurih dan biasanya dihidangkan di acara-acara tertentu, misalnya yum cha (tradisi minum teh dan makan dim sum ala Cantonese).

 

  1. Poon Choi

Kuliner Cantonese

Poon choi

Saat berada di Hong Kong, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lezat yang satu ini, ya. Poon choi termasuk kuliner tradisional Cantonese yang sudah ada sejak masa kekuasaan Dinasti Song.

Secara bahasa, poon choi artinya perjamuan makan dengan menggunakan mangkuk besar. Biasanya mangkuk diisi dengan aneka sajian lezat yang ditata sedemikian rupa, seperti daging babi/sapi/domba/ayam, jamur kering, udang, ikan, sayuran, bakso, cumi-cumi, dan lainnya dengan siraman kuah rempah-rempah.

Bagi masyarakat Hong Kong, poon choi bukan sekadar makanan penghilang lapar. Lebih jauh, ia adalah simbol pengharapan akan keberuntungan dan hal-hal baik. Itulah mengapa kuliner ini selalu disajikan pada malam Tahun Baru China.

 

Bagaimana, makin penasaran untuk mencicipi kuliner khas Hong Kong di atas? Yuk, jadwalkan cuti liburan secepatnya. Anda juga bisa cek RCKTrip untuk mendapat tambahan info seputar wisata dan lainnya. Happy traveling!