Aurora Borealis atau yang juga sering disebut dengan northern lights merupakan pantulan cahaya warna-warni yang muncul di langit Lingkar Arktik (wilayah paling utara bumi). Fenomena alam ini pertama kali “ditemukan” oleh astronom Galileo Galilei tahun 1619 silam.

Northern lights hanya muncul di wilayah dengan garis lintang antara 60-90 derajat ke utara, seperti Skandinavia Utara, Rusia Utara, Greenland, serta Alaska, Amerika Serikat.

 

Berburu Northern Lights di Alaska

Fairbanks merupakan tempat yang sangat populer bagi para wisatawan yang berburu northern lights. Terletak dua derajat di bawah Kutub Utara, tempat ini menyajikan pemandangan Aurora Borealis yang begitu indah, magis, dan menawan.

Tentu saja melihat Aurora Borealis di Alaska bukan hal yang mudah, sebab cahaya langit ini tidak selalu muncul tiap malam. Nah, agar tak kecewa nantinya, berikut hal penting yang harus Anda siapkan sebelum melancong ke Alaska untuk berburu si cantik Aurora.

  1. Pergilah antara September-April

Aurora Borealis

northern lights

Kemunculan Aurora Borealis sangat dipengaruhi oleh aktivitas matahari. Makin cerah sekaligus gelap langit malam, makin besar kemungkinan northern lights akan tampak. Geophysical Institute dari University of Alaska sendiri menyebut bahwa Aurora biasanya muncul antara awal September sampai pertengahan April.

 

  1. Jelajahi Sisi Paling Utara Alaska

Aurora Borealis

Desa Coldfoot

Makin ke utara Anda berada, makin besar peluang menyaksikan keindahan northern lights—seperti namanya. Jika Anda ingin melihat Aurora Borealis lebih dekat, menyingkirlah ke sisi paling utara (sekaligus terpencil) di Alaska, seperti di Desa Coldfoot yang terletak di Yukon Territory, Prudhoe Bay, atau Barrow.

 

  1. Melihat Northern Lights Tidak Harus saat Winter

Aurora Borealis

Aurora Borealis

Kebanyakan wisatawan mengira bahwa Aurora Borealis hanya akan muncul saat winter (musim dingin), padahal anggapan ini keliru, lho. Northern lights sebetulnya bisa muncul sepanjang tahun—apa pun musimnya. Syaratnya hanya satu; kondisi langit benar-benar gelap.

Namun, dari 12 bulan dalam setahun, Aurora Borealis bisa dilihat dengan sangat jelas pada akhir Agustus sampai April. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di Alaska bahkan mempunyai satelit khusus yang digunakan untuk memprediksi cuaca guna mengamati kemunculan northern lights secara lebih akurat.

 

  1. Aurora Borealis Putih Abu-Abu

Aurora Borealis

Aurora Borealis Abu Abu

Spektrum warna Aurora Borealis bisa sangat luas. Selain hijau, merah, ungu, biru, kuning, dan warna terang lainnya, ia juga bisa muncul dalam wujud putih abu-abu. Jadi, jangan buru-buru kecewa jika tidak menemukan apa yang Anda cari, sebab bisa saja northern lights sebenarnya sudah Anda lihat.

Oh ya, kadang-kadang Aurora Borealis juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, terutama jika Anda berada di lokasi dengan polusi cahaya yang tinggi (dekat daerah perkotaan, misalnya). Meski begitu, ia ternyata masih bisa muncul saat purnama, lho.

 

  1. Menginap di Fairbanks

Aurora Borealis

Fairbanks

Di daerah Fairbanks, Alaska, terdapat banyak penginapan yang juga menawarkan jasa penyewaan alat untuk melihat Aurora Borealis. Di sini wisatawan bisa duduk di atas kereta salju yang ditarik anjing husky. Anda juga bisa berendam di kolam air hangat sambil menikmati indahnya northern lights yang menari-nari.

Masih di wilayah yang sama, Universitas Fairbanks juga membuka museum yang difungsikan khusus untuk mempelajari segala sesuatu tentang Aurora Borealis secara lebih komprehensif—termasuk soal mitos-mitos yang menegikutinya. Tentu saja siapa pun boleh masuk ke museum ini dengan didampingi guide.

 

Pssst! Poin yang satu ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun, warga lokal (suku Indian di Amerika Utara) masih sangat percaya bahwa bersiul saat melihat northern lights akan membangunkan roh yang ada di dalamnya, lalu mereka akan menculik Anda tanpa pernah kembali lagi!

Menyaksikan indahnya Aurora Borealis di Alaska tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Yuk, cek RCKTrip dan agendakan cuti sesegera mungkin untuk berburu si cantik northern lights!