Medan merupakan kota sejuta pesona. Selain terkenal dengan kulinernya yang kaya, keragaman suku, sisa sejarah dan budaya di sini adalah hal yang menarik untuk disimak. Tak heran jika setiap tahunnya selalu banyak wisatawan yang datang untuk menjelajahi tempat wisata di Medan.

Di antara sekian banyak destinasi yang ada, beberapa atraksi wisata di Medan sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Penasaran di mana saja? Simak 5 rekomendasi berikut ini!

  1. Istana Maimun

Tempat Wisata di Medan

Istana Maimun

Bicara wisata Medan tentu tak akan lengkap jika tidak memasukkan Istana Maimun yang ikonik ini. Bangunan sisa kesultana Deli ini kerap dianggap sebagai istana paling indah di Indonesia. Arsitekturnya sendiri memadukan beragam unsur, mulai dari Melayu, India, Spanyol hingga Italia. Warna kuning yang mendominasi melambangkan kejayaan kesultanan Deli sementara perabotan di dalamnya kental dengan nuansa Eropa.

Bangunan yang memiliki 30 ruangan ini memiliki beragam koleksi peninggalan sejarah yang masih terjaga baik. Selain berkeliling melihat-lihat, Anda bersama keluarga juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian khas Melayu Deli di sini.

  1. Tjong A Fie Mansion

Tempat Wisata di Medan

Tjong A Fie Mansion

Berada di pusat kota, Tjong A Fie Mansion merupakan salah satu bukti keberagaman di Medan. Jika Istana Maimun adalah peninggalan suku Melayu Deli, maka objek wisata satu ini adalah peninggalan seorang saudagar kaya Tionghoa bernama Tjong A Fie.

Mansion ini sendiri sebenarnya merupakan rumah pribadi yang dibangun pada tahun 1895. Arsitekturnya memadukan unsur Tiongkok dan Melayu dengan sedikit sentuhan art deco. Mulai tahun 2009, rumah ini resmi dijadikan museum yang dikelola langsung oleh keturunan mendiang Tjong A Fie.

  1. Museum Rahmat

Tempat Wisata di Medan

Museum Rahmat

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery atau yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Rahmat merupakan destinasi yang paling cocok untuk liburan bersama keluarga. Seperti namanya, Anda bisa menemukan beragam koleksi satwa hasil buruan yang sudah diawetkan.

Hewan-hewan yang berasal dari berbagai belahan dunia mulai dari Asia, Afrika hingga Amerika ini jumlahnya sudah lebih dari 2000 macam. Selain melihat-lihat, anak-anak yang datang ke sini bisa memperluas wawasan terkait jenis-jenis fauna yang ada di dunia.

  1. Masjid Raya Medan

Tempat Wisata di Medan

Masjid Raya Medan

Tempat wisata di Medan selanjutnya yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga adalah Masjid Raya Medan. Bangunan yang memiliki usia ratusan tahun ini mulai dibangun pada tahun 1906 dengan gaya arsitektur khas yang memadukan beragam unsur. Gaya Timur Tengah, Spanyol, hingga India bisa Anda lihat dan temukan di sini.

Berdirinya Masjid Raya Medan adalah salah satu bukti tingginya toleransi antar agama di Medan. Tjong A Fie yang pada masanya merupakan saudagar terkaya di Medan, konon ikut menyumbang untuk biaya pembangunan Masjid Raya. Pada waktu itu jumlah dana yang dihabiskan kurang lebih 1 juta gulden.

  1. Gedung London Sumatera

Tempat Wisata di Medan

Gedung London Sumatera

Satu lagi tempat wisata di Medan yang berada di pusat kota adalah Gedung London Sumatera atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lonsum. Gedung ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda. Tidak heran jika dari segi arsitektur, unsur-unsur Belanda masih sangat terasa.

Gedung Lonsum dibangun bersamaan dengan kelahiran Ratu Juliana dari Belanda yakni pada tahun 1906. Pendirinya adalah Harrison & Crosfield (H&C). Gedung ini juga merupakan bangunan pertama di Medan yang menggunakan lift. Lift tersebut masih beroperasi hingga kini untuk mengangkut para pengunjung menjelajahi 5 lantai yang ada di dalamnya.

Gedung Lonsum sendiri masih digunakan sebagai area perkantoran hingga saat ini. Jika Anda ingin berkunjung, sebaiknya pilih akhir pekan saat kantor tidak beroperasi. Di akhir pekan juga Anda berkesempatan bertemu dengan komunitas sejarah yang mengadakan tur mengelilingi Gedung Lonsum.

Itulah 5 tempat wisata di Medan yang cocok Anda kunjungi bersama keluarga. Untuk mendapatkan informasi lain seputar Kota Medan atau kota-kota lain di Indonesia, langsung saja cek di RCK Trip.