Pesawat dan kereta api kerap menjadi pilihan transportasi bagi travelers. Biasanya, pesawat dipakai untuk menjangkau destinasi lintas pulau atau negara. Sementara kereta api, digunakan sebagai transportasi dalam maupun antarkota.

Bagi yang ingin traveling murah, harga tentu menjadi pertimbangan utama. Namun, bukan berarti Anda boleh mengabaikan kualitas transportasi itu sendiri. Karenanya, carilah informasi tiket penerbangan dan kereta termurah dengan kualitas terbaik di Asia.

Tiket Penerbangan Termurah di Asia

Meski saat ini pesawat low cost carrier (LCC) menyandang gelar termurah, tidak semuanya menawarkan fasilitas bagus. Beberapa maskapai dari kelas bisnis dengan sederet keunggulannya justru dibanderol lebih terjangkau. Oleh karena itu, banyak konsumen yang memilih maskapai tersebut.

Sebagai referensi, di bawah ini ada tiga daftar maskapai penerbangan termurah yang mengudara di Asia.

  1. AirAsia

Tiket Penerbangan dan kereta api

Air Asia

Nama AirAsia mulai muncul pada tahun 1993. Maskapai ini berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Kecanggihan teknologi yang diusung serta kualitasnya yang mumpuni membuat AirAsia mampu beroperasi ke seluruh Asia.

Berbicara soal kualitas, AirAsia menggunakan pesawat tipe Airbus A230. Keunggulan Airbus, yaitu hemat dalam penyediaan suku cadang dan mudah dioperasikan. Karenanya, AirAsia membanderol tiket pesawat terbangnya dengan harga termurah sebesar USD 0.08 per kilometer.

  1. Etihad

Tiket Penerbangan dan kereta api

Etihad

Uni Emirat Arab kembali menunjukkan kemampuannya dalam teknologi melalui Etihad Airways. Meski baru berumur 18 tahun, Etihad Airways sukses mengudara ke berbagai negara di Asia. Fasilitas yang disediakan selama penerbangan juga memikat banyak orang.

Sebagai contoh, Etihad Airways selalu menghadirkan tiga jenis hidangan panas dan berbagai minuman di semua kelas pesawat. Hidangan tersebut diambilkan dari bar dan cafe onboard. Untuk membayar semua fasilitas tersebut, tarif pesawat per kilometer hanya USD 0.10.

  1. Citilink Indonesia

Tiket Penerbangan dan kereta api

Citilink

Citilink adalah anak perusahaan Garuda Indonesia. Meski tergolong maskapai LCC, kualitas Citilink cukup berkelas. Tarif Citilink per kilometer saat ini hanya USD 0.10. Dengan tarif tersebut, maskapai ini melayani sembilan tujuan domestik di Indonesia.

Kereta Terbaik dan Termurah di Indonesia

Kereta api menjadi transportasi andalan Indonesia sejak tahun 1967. Sepanjang pergantian tahun, moda transportasi ini mengalami transformasi. Dengan teknologi canggihnya, kereta api mampu menembus jarak ratusan kilometer dalam waktu singkat.

Nah, bagi Anda yang ingin bepergian ke luar kota, berikut rekomendasi kereta api termurah di Indonesia.

  1. KA Kaligung

Tiket penerbangan dan kereta api

KA Kaligung

Beroperasi pertama kali pada tahun 1999, KA Kaligung menghubungkan Tegal–Semarang. Kereta ini melakukan perjalanan sebanyak empat kali dalam sehari. Adapun layanan kelas yang disediakan terdiri dari ekonomi dan bisnis.

KA Kaligung termasuk transportasi berbasis rel terbaik lantaran memberikan jaminan kenyamanan perjalanan. Tidak ada perbedaan antara kelas ekonomi dan bisnis, kecuali bentuk kursinya. Selain itu, KA Kaligung selalu tepat waktu berangkat maupun tiba di stasiun tertentu.

  1. KA Kutojaya Utara

Tiket penerbangan dan kereta api

KA Kutojaya Utara

KA Kutojaya Utara melayani rute dari Kutoarjo hingga Stasiun Jakarta Kota. Kereta ini menyediakan tiga kelas gerbong, yakni ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Masing-masing gerbong memiliki fasilitas AC, pengaturan kursi 2–2, serta kereta makan.

Soal tarif, KA Kutojaya Utara rute Purwokerto–Cirebon hanya sekitar Rp65.000 di kelas eksekutif. Sementara kelas bisnis dibanderol Rp45.000. Untuk kelas ekonomi, harganya paling murah, yaitu Rp25.000. Jika ingin bepergian ke Jakarta, biayanya kisaran Rp115.000—150.000 saja.

  1. KA Ciremai

Tiket penerbangan dan kereta api

KA Ciremai

KA Ciremai menjadi transportasi andalan rute Cirebon–Bandung–Semarang sejak tahun 2016. Layanan gerbong kereta ini tersedia dalam kelas bisnis dan eksekutif. Meski begitu, tarif KA Ciremai tergolong murah, sekitar Rp100.000—288.000.

Demikian informasi tiket penerbangan dan kereta di Asia yang bisa dijadikan referensi. Setelah mendapatkan info tersebut, pastikan Anda juga membaca liputan seputar destinasi dan tips wisata. Kini, liputan lengkapnya bisa disimak melalui RCKTrip.

Apa lagi yang Anda tunggu? Yuk, buka wawasan dan perluas pengetahuan dengan mencari informasi wisata di RCKTrip!