Kamu berencana untuk menghabiskan sisa cuti kamu ke Bali? Kamu bisa pergi ke Bali pada saat libur hari raya Nyepi, lho!

Beberapa kegiatan seru di Bali saat Nyepi yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

 

1. Mengikuti Pawai dan Upacara Sebelum Nyepi

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa tradisi menjelang Nyepi yang masyarakat Bali lakukan. Tradisi tersebut adalah Pawai Ogoh-Ogohan, dan Upacara Melasti.

Kamu dapat menikmati pawai ini di seluruh daerah Bali. Tujuan dari pawai ini adalah untuk mengusir hal buruk atau negatif dari kehidupan. Pastikan kamu menyisihkan waktumu untuk melihat pawai ini sehari sebelum hari raya Nyepi, ya!

Apalagi upacara Melasti yang dilaksanakan 2 hari sebelum Nyepi. Kamu bisa menonton upacara ini di beberapa pantai di Bali. Adapun nama pantai yang wajib kamu kunjungi untuk melihat upacara ini adalah Pantai Melasti, Ungasan. Selain itu terdapat juga beberapa pantai seperti Pantai Legian, Pantai Canggu, Pantai Mengiat, Pantai Petitenget, Pantai Batu Bolong, dan Pantai Kuta.

Upacara Melasti bertujuan untuk menyucikan diri dengan cara membuang segala hal negatif ke laut.

2. Self-Healing Pada Saat Nyepi

Penat dengan kehidupan ramai di Jakarta? Kamu bisa melakukan self-healing ketika Nyepi di Bali, lho!

Karena tidak adanya orang yang keluar rumah ketika Nyepi, otomatis polusi udara di Bali berkurang. Kamu dapat menikmati suasana yang tenang dan dengan udara yang lebih segar dari sebelumnya. Pada malam hari, kamu dapat menatap ribuan bintang yang sangat indah.

Selain menikmati suasana di Bali, kamu juga bisa melakukan spa atau pijat. Spa di Bali sangat terkenal, lho! Dengan ini, pikiran kamu akan lebih tenang dan tubuh kami akan fresh kembali.

3. Menikmati Tradisi Setelah Nyepi

Kegiatan Nyepi tidak sampai di situ aja, lho! Kamu bisa menikmati tradisi setelah Nyepi yaitu Omed-omedan. Tradisi ini bertujuan belajar tentang kekeluargaan dan kebersamaan.

Omed-omedan ini artinya peluk, cium, peluk, siram, lalu tarik! Kegiatan ini dilakukan oleh muda-mudi di atas 17 tahun dan belum menikah. Kamu dapat menonton tradisi ini di daerah Banjar Kaja, Denpasar.

Kesimpulan

Kegiatan seru di Bali Saat Nyepi yang bisa dilakukan yaitu menikmati tradisi sebelum Nyepi seperti pawai ogoh-ogohan dan upacara minasti. Kamu juga dapat self-healing, spa, atau pijat ketika hari raya Nyepi berlangsung. Setelah Nyepi berakhir, kamu bisa menikmati tradisi omed-omedan di daerah Banjar Kaja, Bali.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!