Halo RCK Lovers! Kalau kamu sedang merencanakan kunjungan ke Dublin, pastikan Kilmainham Gaol masuk dalam itinerary-mu, ya. Pasalnya, tempat ini bukan hanya sekadar penjara tua, tetapi sebuah monumen yang memegang banyak kunci dari sejarah Irlandia.

Yuk, kita jelajahi lebih lanjut!

Sejarah Kilmainham Gaol

Sejarah Kilmainham Gaol

Bukan rahasia lagi bahwa Kilmainham Gaol bukan sekadar bangunan tua berdinding tebal. Sejak dibuka pada tahun 1796, penjara ini menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa penting di Irlandia. Dari pemberontakan hingga pembebasan, penjara ini menjadi tempat bagi banyak tokoh terkenal Irlandia.

Kilmainham Gaol dibuka pada tahun 1796 sebagai County Gaol baru untuk Dublin. Penjara kemudian ditutup pada tahun 1924 tetapi dilestarikan sebagai monumen nasional pada tahun 1960-an, lalu dikelola oleh negara sejak 1986.

Daya Tarik Kilmainham Gaol

Daya Tarik Kilmainham Gaol

Kilmainham Gaol adalah objek wisata populer yang terletak di Dublin, Irlandia. Berikut beberapa alasan mengapa ini wisata ini menarik untuk kamu kunjungi:

1. Tur Berpemandu

Salah satu cara terbaik untuk menikmati museum adalah dengan mengikuti tur berpemandu. Pengunjung dapat mengikuti tur berpemandu ke penjara, yang biasanya dilengkapi dengan presentasi audio visual, kunjungan ke sel, dan berjalan-jalan di halaman penjara.

2. Pameran Sejarah

Bagi kamu yang haus akan pengetahuan, ada pameran sejarah yang menampilkan berbagai artefak dari masa lalu, termasuk surat-surat dari para tahanan. Di sini, kamu dapat belajar tentang sejarah penjara dan peristiwa yang terjadi di sana.

3. Sel Khusus

Kilmainham Gaol memiliki beberapa sel yang terkenal karena pernah menjadi tempat tahanan bagi tokoh-tokoh penting Irlandia. Jangan lupa untuk melakukan tur penjara Kilmainham tersebut, ya!

Fakta Menarik

Fakta Menarik Kilmainham Gaol

Berikut beberapa informasi menarik tentang tempat wisata di Dublin, Irlandia:

  • Pada tahun 1796, lebih dari 4.000 tahanan awal yang ditahan di Kilmainham Gaol diasingkan ke Australia sebagai bagian dari sistem penjara koloni.
  • Selama masa Kelaparan Besar yang berlangsung antara tahun 1845 hingga 1852, kondisi di dalam penjara semakin buruk dan penuh sesak. Banyak tahanannya adalah wanita dan anak-anak yang dipenjara.
  • Penjara ini ditutup pada tahun 1924 oleh pemerintah Negara Bebas Irlandia yang baru dan ditinggalkan selama bertahun-tahun.
  • Tempat ini merupakan salah satu bangunan penjara kosong terbesar di Eropa dan diperkaya dengan sejarah yang mendalam.
  • Penjara ini juga telah digunakan sebagai lokasi syuting untuk beberapa film terkenal, termasuk “The Italian Job” dan “In the Name of the Father.”

Informasi Tiket dan Jam Operasional

Informasi Tiket dan Jam Operasional

Berikut informasi harga tiket dan jam buka Kilmainham Gaol di Dublin, Irlandia:

Harga Tiket Masuk

Pertama, harga tiket individu yaitu:

  • €8 untuk dewasa
  • €6 untuk lansia (usia 60 tahun ke atas)
  • €4 untuk anak-anak (usia 12-17 tahun)
  • Gratis untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun

Kemudian, harga tiket untuk grup atau kelompok yaitu:

  • Tiket keluarga (dua dewasa dan 2-3 anak usia 12-17 tahun) tersedia seharga €20.
  • Untuk grup dengan sepuluh orang atau lebih, tiket tersedia seharga €6 per orang untuk dewasa dan €4 per orang untuk pelajar.

Jam Buka Tempat Wisata

Kilmainham Gaol buka sepanjang tahun, kecuali pada tanggal 24-27 Desember. Jam bukanya bervariasi tergantung musim, dengan jam buka yang lebih lama selama musim panas.

Tempat ini bukan hanya sekedar bangunan tua. Ini adalah monumen sejarah yang wajib kamu kunjungi saat berada di Dublin. Jadi, RCK Lovers, apakah kamu sudah siap untuk menyelami sejarah Irlandia di Kilmainham Gaol? Selamat bertualang!