Mungkin RCK Lovers mengenal Jeddah sebagai gerbang menuju Makkah dan Madinah. Padahal, ada salah satu keajaiban yang memesona dari Kota Jeddah, Arab Saudi, yang juga layak dieksplorasi lho, yaitu King Fahd Fountain.

Tempat wisata ini terkenal dengan air mancur yang tertinggi di dunia dengan pemandangan spektakuler. Penasaran seperti apa keindahannya? Yuk, simak artikelnya di bawah ini.

Daya Tarik King Fahd Fountain

daya tarik King Fahd Fountain

Lokasi King Fahd Fountain ini di tengah Laut Merah dekat Jeddah Corniche, yang merupakan kawasan pejalan kaki tepi pantai yang populer. Berikut ini daya tarik dari King Fahd Foundation:

1. Air Mancur dengan Ketinggian Mencengangkan

King Fahd Fountain Jeddah adalah air mancur terbesar di dunia yang menara hingga ketinggian mencengangkan, mencapai sekitar 312 meter (1.024 kaki). Ini bahkan lebih tinggi dari Menara Eiffel (termasuk antenanya). Besarnya ukuran dan skala air mancur menjadikannya pemandangan yang mengesankan untuk dilihat.

2. Cahaya Malam yang Menakjubkan

Pada malam hari, air mancur ini menjadi lebih mempesona berkat penerangan indah yang memancar dari bawah. Warna-warni cahaya yang dipantulkan oleh semburan air menciptakan pemandangan yang tak terlupakan, sempurna untuk berfoto.

3. Aliran Air Ajaib

Air yang disemprotkan berasal dari Laut Merah, dan kerap terlihat seperti aliran air berlian yang menyinari langit. Kombinasi antara air, cahaya, dan angin yang lembut menciptakan penampilan alam yang tak tertandingi.

Fakta Menarik King Fahd Fountain

fakta menarik

Air mancur ini mulai dibangun pada awal tahun 1980an dan akhirnya diresmikan pada tahun 1985. Nah, ada beberapa fakta menarik Air Mancur di Jeddah, Arab Saudi, yang perlu kamu tahu, yaitu:

Penyelenggaraan air mancur ini adalah sumbangan yang diberikan oleh Raja Fahd kepada kota Jeddah, sehingga diberi nama sesuai dengan raja tersebut.

Desain Air Mancur ini mirip dengan air mancur Jet d’Eau di Jenewa, Swiss, yang juga merupakan salah satu landmark paling ikonik di Jenewa.

Struktur air mancur ini terdiri dari kelompok besar air yang ditembakkan secara vertikal ke udara dengan kecepatan mencapai sekitar 233 mil per jam. Dalam prosesnya, massa air yang terdapat di udara dapat mencapai lebih dari 16.000 kilogram.

Harga Tiket dan Jam Operasional King Fahd Fountain

fakta menarik

Harga tiket di Jeddah, Arab Saudi adalah gratis. Lalu, kapan waktu terbaik melihat pertunjukan air mancur ini?

King Fahd Fountain biasanya mulai semburan airnya setelah matahari terbenam, yakni sekitar Sholat Maghrib pukul 18:30 dan berakhir sekitar pukul 3 pagi.

Waktu terbaik untuk melihatnya adalah ketika matahari terbenam, saat lampu warna-warni menerangi pancaran air mancur tertinggi di dunia. Jadi, sebaiknya rencanakan untuk mengunjunginya selama senja atau malam hari.

Selain itu, di sekitar area ini, terdapat berbagai atraksi menarik, seperti:

  • Akuarium Fakieh
  • Masjid Terapung
  • Restoran-Jepang Sakura, Caffe Aroma, Restoran InterContinental Al Ferdous, Al BaiK, Starbucks, Dunkin Donuts, dan banyak lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

King Fahd Fountain adalah salah satu keajaiban modern Arab Saudi yang patut kamu kunjungi. Dengan ketinggian dan keindahannya, tempat ini akan membuat kamu terpesona.

Jangan lupa membawa kamera dan bersiap-siap untuk menjalani pengalaman yang mengesankan saat Anda mengunjungi air mancur tertinggi di dunia ini ya, RCK Lovers.