Piramida Giza yang kita kenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia bisa kamu temui di Kompleks Piramida Giza atau Nekropolis Giza.

Pesona eksotis nan misterius dari piramida Giza memang jadi salah satu alasan mengapa banyak orang berkunjung ke Nekropolis Giza. Namun tahukah kamu, bahwa ketika mengunjungi tempat tersebut kamu tidak hanya akan menemukan Piramida Giza saja?

Ya, kalau berwisata ke Mesir, kamu bisa melihat langsung piramida lainnya yang tentu tidak kalah menakjubkan.

Mengenal Kompleks Piramida Giza

Piramida Giza terletak di negara

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa kompleks piramida ini berlokasi di Giza. Kompleks Piramida Giza terletak di negara Mesir, tepatnya di luar Kota Kairo. Kompleks piramida ini jaraknya tidak jauh dari padang pasir, yaitu sekitar delapan km saja.

Lalu selain Piramida Giza, terdapat piramida apa saja di kompleks ini?

Selain dapat melihat piramida tertua di dunia, kamu juga bisa menemukan dua piramida lainnya, yaitu Piramida Khafre dan Piramida Khufu, yang juga biasa dikenal sebagai Piramida Agung.

Ketiga piramida tersebut beserta dengan makam lain dan Sphinx inilah yang akhirnya membentuk Kompleks Piramida Giza. Ketiga piramida besar ini semuanya dibangun pada era Dinasiti Keempat dari era Kerajaan lama di Mesir Kuno. Apa isi dalam Piramida Giza? Isinya adalah makam para Fir’aun, raja-raja Mesir kuno.

Namun selain ketiga piramida yang memiliki ukuran super besar, kamu juga akan menemukan piramida-piramida lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya seperti tiga piramida kecil yang berada di sepanjang sisi timur Piramida Khufu.

Hal menarik yang perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak hanya berkesempatan untuk melihat piramida-piramida tersebut, tetapi kamu juga bisa masuk ke dalamnya. Ini tentu akan menjadi pengalaman wisata yang tidak akan pernah kamu lupakan karena bisa mengenal lebih dekat salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Kapan Waktu Tepat untuk Mengunjungi Kompleks Piramida Giza?

kompleks piramida

Setelah mengetahui informasi singkat mengenai kompleks piramida, mungkin sebagian dari kamu ada yang semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Waktu yang Tepat untuk Menjelajahi Piramida

Waktu yang tepat untuk kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini adalah sekitar bulan Desember-Februari. Pasalnya, pada bulan-bulan tersebut cuaca di sekitar kompleks piramida yang biasanya sangat panas, akan lebih sejuk dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Waktu Operasional Kompleks Piramida Giza

Jika kamu ingin menikmati pesona piramida dengan sedikit lebih tenang, maka datanglah ketika pagi hari waktu tempat wisata ini baru buka jam operasionalnya. Secara umum, ini panduan berwisata ke area piramida sesuai bulannya.

Bulan Jam Operasional
Oktober-Maret 08.00-17.00 waktu setempat
September-April 07.00-19.00 waktu setempat

Sebagai informasi tambahan, untuk menghargai budaya setempat maka sebaiknya ketika datang kamu menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Kamu bisa menggunakan pakaian yang menutup bagian bahu dan lutut.

Nah, tunggu apa lagi? Segera buat rencana perjalanan kamu ke Kompleks Piramida Giza. Habiskan masa liburan kamu dengan wisata tak terlupakan di sini!