Sering mendengar kue nastar atau kue salju sebagai kue kering khas lebaran Idul Fitri? Rasanya kurang afdol ya kalau kue tersebut tidak menemani.

Tapi ternyata kue tradisional juga memiliki keunikan, loh. Anda bisa mencoba beberapa kue kering nusantara yang akan sangat cocok untuk menemani momen Idul Fitri Anda bersama keluarga. Yuk simak ulasan di bawah ini.

 

1. Kembang Goyang

Kue kering tradisional khas lebaran kembang goyang ini adalah makanan tradisional khas Betawi yang terbuat dari adonan tepung beras. Kue kering ini memiliki cita rasa manis dan juga renyah, loh. Sangat cocok, kan untuk menemani Idul Fitri Anda?

Dinamakan kembang goyang karena untuk membuatnya harus digoyang-goyang dari cetakannya supaya dapat mengembang di wajan dengan minyak panas.

 

2. Kue Satu

Kue satu atau kue satru adalah kue kering tradisional memiliki tekstur yang kasar berwarna putih. Meskipun bertekstur kasar, kue ini memiliki sensasi seperti meleleh ketika masuk ke dalam mulut.

Terbuat dari bubuk kacang hijau berwarna putih, kue kering ini memiliki rasa manis. Biasanya, untuk membuatnya dibutuhkan cetakan khusus agar terlihat semakin menarik.

 

3. Biji Ketapang

Pernah dengan kue kering biji ketapang? Kue kering Idul Fitri ini adalah makanan khas Betawi. Orang-orang memberikan nama biji ketapang karena bentuknya yang mirip dengan biji ketapang.

Terbuat dari kelapa parut, tepung terigu, telur, santan, dan juga margarin membuat kue kering ini gurih tapi memiliki rasa manis dan juga renyah. Bentuknya yang kecil sangat cocok untuk menjadi kudapan sambil minum teh saat momen Idul Fitri.

 

4. Kue Keciput

Selanjutnya ada kue keciput. Kue kering tradisional Idul Fitri ini merupakan kue khas dari daerah Jepara, Jawa Tengah. Sekilas bentuknya mirip dengan onde-onde kecil dengan balutan biji wijen, tetapi keciput memiliki tekstur renyah yang terbuat dari adonan telur, margarin, dan tepung.

Meskipun sudah cukup jarang ditemukan di pasar, kue keciput ini bisa menjadi pilihan kue kering yang bisa kamu beli melalui online.

Itulah beberapa rekomendasi kue kering khas lebaran Idul Fitri. Meskipun tradisional, cita rasa yang dimiliki tidak kalah enaknya dengan makanan modern.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!