RCK Lovers yang menggemari sejarah, khususnya bangsa Mesir dan gemar traveling, tampaknya perlu berkunjung ke destinasi itu suatu hari nanti. Ya, Kuil Abu Simbel adalah sebuah situs sejarah yang terdiri dari dua candi di negara Mesir.

Bangunan ini menjulang gagah dan diukir dari tebing batu pasir di tepi barat Sungai Nil. Siapa yang yang membangun kuil ini? Tentu saja Firaun, sang penguasa Mesir. Nah, Firaun yang membangun Kuil Abu Simbel adalah Ramses II.

Lokasi Kuil Abu Simbel

Lokasi Kuil Abu Simbel

Proses pembangunan kuil ini berlangsung selama kurang lebih dua puluh tahun antara tahun 1264 SM dan 1244 SM. Lokasinya terletak di tepi barat Sungai Nil di Mesir selatan dan dekat dengan perbatasan Sudan saat ini.

Secara detail, situs ini ada di 300 kilometer selatan Aswan dan hanya 20 kilometer utara perbatasan Sudan. Tepatnya, di tepi barat Danau Nasser di wilayah Nubia. Ini merupakan wilayah besar di sepanjang Sungai Nil.

Bangunan ini sebenarnya memiliki dua kuil yang berada di lereng gunung berupa situs besar untuk memperingati pemerintahan Firaun Ramses II. Kemudian, bangunan yang lebih kecil untuk menghormati istrinya, Nefertari.

Fakta MenarikĀ Kuil Abu Simbel di Mesir

Kuil Abu Simbel di Mesir

Kuil Abu Simbel di Mesir ini sudah ada lebih dari 3.000 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Ramses II, salah satu penguasa paling berkuasa di Mesir kuno. Kuil ini kemudian didedikasikan untuk dewa Amon-Ra, Ra-Harakhti, dan Patah, sekaligus menunjukkan kekuatan kekaisaran Mesir dan untuk pemuliaan abadi sang raja.

Di situs terdapat empat sosok sang raja yang duduk setinggi 66 kaki, dengan dua di kedua sisi pintu masuk. Di antara kedua kakinya terdapat beberapa anak yang paling ia sayangi.

Sebagai informasi, sang raja ini ini sebenarnya adalah seorang lothario dan memiliki lebih dari 100 anak dari banyak istri yang berbeda. Ia berusia sekitar 90 tahun ketika dia meninggal. Selama hidupnya, Sang Firaun memiliki sekitar 200 istri dan selir.

Sementara, kuil berukuran kecil dipersembahkan untuk Ratu Nefertari, istri tercinta dan kesayangan sang raja. Pembangunan kedua candi tersebut memakan waktu dua puluh tahun dan selesai pada tahun 1244 SM.

Cara Menuju Lokasi Wisata

Cara Menuju Kuil Abu Simbel

Destinasi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Mesir, namun memang agak sulit untuk kamu capai. Untuk menuju ke situs ini, kamu butuh 3 jam berkendara dari Aswan atau harus mengambil penerbangan.

Kamu dapat terbang dari Aswan dengan Egyptair. Harga penerbangan akan bervariasi menurut waktu dalam setahun. Saat kamu sampai di bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus yang memakan waktu 5 menit dan sepenuhnya gratis.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi ini adalah dari bulan Oktober hingga April, ketika suhu sedikit lebih dingin.

Itulah beberapa informasi tentang Kuil Abu Simbel. Apakah kamu tertarik melancong ke sana?