Mesir kuno mengabadikan sejarahnya melalui banyak situs bersejarah, salah satunya adalah Kuil Karnak. Melalui kuil ini, kamu bisa mempelajari lebih dalam bagaimana peradaban Mesir kuno pada zaman dahulu.

Bagi kamu yang sangat menyukai sejarah, tentu mengunjungi tempat wisata yang satu ini tentu menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya kamu akan melihat langsung bagaimana peninggalan-peninggalan sejarah Mesir Kuno dari waktu ke waktu.

Selain menjadi tempat untuk mempelajari kerajaan mesir kuno, terdapat fakta menarik lain yang perlu kamu ketahui dari kuil bersejarah ini.

Fakta Menarik Kuil Karnak di Mesir

Kuil Karnak di Mesir

Beberapa fakta menarik di bawah ini akan membuat kamu semakin takjub dan tergiur untuk mengunjungi kuil yang satu ini. Apa saja?

1. Berlokasi di Luxor

Kuil bersejarah nan populer ini berlokasi dekat dengan kota modern Luxor. Lebih tepatnya kuil ini terletak di sebelah timur sungai Nil Kamu bisa menemui kuil bersejarah ini sekitar 640 km ke arah Selatan dari Kota Kairo.

2. Menjadi Pusat Pemujaan Utama

Tahukah kamu kalau kuil ini merupakan tempat utama yang dijadikan sebagai pusat pemujaan. Khususnya pemujaan untuk tiga serangkai dewa Thebes, yaitu Khonsu, Amun, dan Mut.

Tidak heran jika kuil ini menarik perhatian para peziarah dari masyarakat Mesir dan sekitarnya. Turis mancanegara pun tak ketinggalan turut penasaran dengan keberadaan kuil ini.

3. Dibangun oleh Beberapa Firaun

Tidak tanggung-tanggung, area kuil dengan luas hingga 250 ribu meter persegi ini melibatkan banyak Firaun dalam proses pembangunannya. Yakni sebanyak kurang lebih 30 Firaun yang terlibat. Konon katanya setiap firaun memberikan sentuhannya sendiri, sehingga membuat kuil ini semakin unik.

4. Pembangunannya Memakan Waktu yang Lama

Fakta menarik lainnya adalah proses pembangunan kuil Karnak yang berlangsung selama 1.500 tahun. Tahun 2050 SM adalah awal mula pembangunannya, yaitu pada era Kerajaan Tengah.

Selain itu, pembangunannya juga melibatkan berbagai pihak karena merupakan upaya kolektif dari generasi ke generasi.

5. Memiliki Tiang-Tiang yang Menjulang Tinggi

Penampakan dari kuil Karnak Mesir ini semakin menakjubkan dengan adanya tiang-tiang tinggi. Salah satu fungsi tiang-tiang tersebut adalah sebagai pintu masuk untuk mengakses berbagai area kuil.

6. Memiliki Beberapa Area

Di area Kuil Karnak terdapat empat area utama yaitu area Montu, Mut, Amun-Ra, dan Kuil Amenhotep IV. Meskipun demikian, hanya area Amun-Ra saja yang dapat dikunjungi secara umum oleh para wisatawan.

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Temple Walk Karnak

Kuil Karnak

Musim semi adalah waktu yang terbaik untuk kamu mengunjungi negeri piramida, Mesir, tepatnya pada bulan April hingga Juni.

Pasalnya, pada bulan musim tersebut, kamu juga akan mendapat bonus dapat melihat berbagai perayaan suci di sana. Perayaan-perayaan tersebut biasanya diadakan di taman-taman hingga sepanjang jalan-jalan di kota utama.

Musim semi selanjutnya mungkin jadi waktu yang tepat untuk kamu berlibur sekaligus mempelajari sejarah Mesir Kuno di Kuil Karnak. Nah, sudah siap jadi explorer ala Indiana Jones?