Kuil Teratai merupakan salah satu dari tiga belas kuil tempat peribadatan keyakinan Baha’i. Agama Baha’i sendiri menjadi salah satu keyakinan tertua yang ada di India dan di dunia.

Rumah ibadah yang satu ini berlokasi di India, tepatnya di jantung kota Delhi. Bangunan arsitekturnya yang unik, kuil yang satu ini bisa membuat siapa saja takjub dengan keindahannya.

Keunikan Kuil Teratai

Kuil Teratai

Apa yang membuat kuil ini unik dan populer di mata wisatawan? Ini beberapa di antaranya:

1. Bangunan Berbentuk Teratai

Seperti namanya kuil yang satu ini atau yang terkenal sebagai Lotus Temple memiliki arsitektur bangunan yang menyerupai bunga teratai.

Keunikan dari desain arsitekturnya ini juga yang kemudian menjadikan kuil yang satu ini menyita banyak perhatian wisatawan. Tidak hanya wisatawan asal India saja, tetapi juga dari berbagai belahan negara di dunia.

Bagaimana tidak, bangunannya memiliki 27 kelopak teratai yang menghiasinya. 27 kelopak tersebut tersusun dan terbagi menjadi tiga kelompok, sehingga membentuk sembilan sisi atau arah.

Sudah terbayang kan betapa unik dan megahnya bangunan tersebut?

2. Bisa Menampung Ribuan Pengunjung

Tidak hanya megah, bangunannya juga dapat menampung banyak orang yaitu sekitar 2.500 pengunjung. Memiliki sembilan pintu yang semuanya mengarah ke aula utama menjadi keunikan lain yang dimiliki oleh kuil terpopuler di India ini.

3. Mendapat Banyak Penghargaan

Unik dan megahnya Kuil Teratai di India ini mengantarkannya pada beberapa penghargaan. Bahkan bangunan ini banyak termuat dalam surat kabar maupun artikel-artikel.

Tidak hanya itu, kuil yang satu ini juga pernah mendapatkan penghargaan GlobArt Academy. Penghargaan tersebut diperoleh karena Kuil Teratai berkontribusi dalam memperjuangkan persatuan dan harmoni antar umat beragama.

4. Masih Aktif sebagai Tempat Ibadah

Tempat ini memang terbuka untuk umum sejak tahun 1986. Karena masyarakat pemeluk agama Baha’i percaya bahwa rumah ibadah tidak sekadar tempat untuk berdoa saja. Memberikan pelayanan kepada masyarakat memang menjadi nilai penting yang mereka anut.

Tidak heran jika setiap tahunnya selalu ramai wisatawan yang mengunjungi kuil ini. Bahkan pada tahun 2001 lalu, rumah ibadah milik agama Baha’i ini pernah mendapat penghargaan sebagai gedung yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Hal-hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi kuil ini ketika sedang berkunjung ke India, khususnya Delhi.

Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Kuil Teratai India?

Lotus Temple

Apabila kamu mulai tertarik dan berniat mengunjungi rumah ibadah yang satu ini, maka sebaiknya kamu mengunjunginya pada bulan Oktober-Maret. Pasalnya, pada bulan-bulan tersebut, suhunya relatif normal yaitu sekitar 19 derajat hingga 33 derajat celcius.

Siapa pun bisa mengunjungi kuil ini. Jadi tidak hanya umat agama Baha’i saja, tetapi seluruh umat beragama lainnya bisa berkunjung dan melihat megahnya rumah ibadah ini.

Kabar gembiranya, untuk bisa memasuki area Kuil Teratai ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Nah, tunggu apa lagi? Segera siapkan liburanmu ke India, khususnya ke kuil ini!