Menikmati suasana lebaran bersama keluarga, kerabat, dan sahabat merupakan kebahagian tiada tara. Momen ini bisa semakin berkesan dengan hidangan khas saat lebaran.

Nah, kalau kamu bosan dengan hidangan lebaran yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba kuliner khas lebaran dari Padang. Kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat ini tak hanya terkenal karena ‘Nasi Padang’-nya saja.

Berikut beberapa hidangan lebaran khas kota Padang yang bisa kamu coba di waktu lebaran nanti.

 

1. Rendang

Rendang sudah terkenal sejak lama sebagai makanan khas dari daerah Sumatera Barat. Selain karena tampilan dan rasanya yang unik, hidangan ini juga terkenal sebagai hidangan terenak di dunia.

Rasa khas hidangan ini juga berasal dari cara memasaknya. Kamu harus memasak santan dan rempah rempah bercampur bersama daging sapi ini kurang lebih selama minimal empat jam.

Tapi, waktu memasak yang lama pasti akan terkompensasi dengan rasanya yang enak. Apalagi kalau kamu memasak sebelum lebaran, akan jauh lebih rewarding.

 

2. Lamang

Pada dasarnya, lamang atau lemang merupakan makanan yang bisa kamu temukan kapan saja di daerah Sumatera Barat. Namun, pada saat idul fitri, hidangan ini menjadi lebih spesial karena tradisi yang sudah turun temurun di tanah Minangkabau.

Lamang terbuat dari ketan dan santan yang dimasak di dalam bambu. Bambu berisi bahan-bahan ini lantas ditutup menggunakan daun pisang dan dibakar. Proses memasaknya juga tidak terlalu lama. Makanan ini biasanya bersandingan dengan tapai, ketan hitam, atau bahkan durian.

 

3. Kue Sapik

Kue sapik merupakan kue kering dari Minangkabau yang terbuat dengan bahan utama berupa tepung beras. Bercampur bersama santan, margarin, telur, dan bahan-bahan lainnya, menjadikan citarasa kue ini gurih dari kebanyakan kue lain.

Bentuknya yang juga sangat unik menjadi daya tariknya tersendiri. Adonan yang sudah jadi lantas dipanggang pada cetakan khusus lalu dijepit atau dikapik dalam bahasa Minang lalu dilipat atau digulung. Dari situlah nama kue ini berasal.

 

4. Katupek Gulai

Hidangan terakhir adalah hidangan dengan ciri khas idul fitri yaitu ketupat. Tapi, yang membedakannya adalah kuah atau sayur pelengkapnya.

Katupek gulai atau ketupat gulai ini memiliki kuah dan sayur uniknya sendiri. Di beberapa daerah minang, gulai yang menemani berwarna putih dengan campuran buncis dan tempe. Makanan khas lebaran dari Padang ini biasanya bernama katupek gulai toco. Selain itu ada juga yang menggunakan gulai nangka muda dan gulai pakis.

Itulah beberapa kuliner lebaran khas dari Padang yang mungkin bisa kamu coba saat lebaran nanti. Banyak resep-resep yang beredar di internet akan membuat kamu semakin mudah memasaknya. Selamat mencoba!

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!