Isra Miraj menjadi hari yang sangat penting setiap tahunnya, terutama untuk kamu yang beragama muslim. Alasannya, karena Isra Miraj ini merupakan peristiwa penting yang menggambarkan perjalanan nabi Muhammad SAW menuju langit ke 7 untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Membahas tentang Isra Miraj, di Indonesia sendiri biasanya sering mengadakan acara khusus. Acara ini biasanya diisi oleh pengajian peringatan Isra Miraj yang terkadang dijamu oleh beberapa kuliner khas Timur Tengah.

Apakah kamu mau mengadakan acara peringatan Isra Miraj? Kalau iya, sebaiknya cari tahu dulu kuliner khas negara Timur Tengah yang pas untuk menemani acara peringatan Isra Miraj tersebut.

1.      Nasi Kebuli

Pertama tentunya ada nasi kebuli. Nasi ini dibuat dengan kaya rempah dan biasanya memakai susu kambing supaya rasanya lebih gurih dan punya aroma khusus.

Selain itu, biasanya di nasi kebuli ini diisi dengan topping daging seperti ayam ataupun kambing sesuai keinginan kamu saat memesannya.

Tidak hanya daging saja, nasi kebuli juga biasanya dilengkapi dengan acar dan sambal khusus. Sehingga membuat rasa dari makanan khas Timur Tengah ini menjadi lebih nikmat. Terutama saat dipilih menjadi makanan yang disantap saat peringatan Isra Miraj.

2.      Nasi Mandhi

Selain nasi kebuli, nasi mandhi juga merupakan salah satu makanan khas Timur Tengah yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Tampilannya memang seperti nasi kebuli, tapi rempah dan topping yang dipakai di nasi mandhi ini berbeda.

Di nasi mandhi, pemakaian rempahnya lebih sedikit tapi tidak mengurangi rasa gurihnya. Selain itu, biasanya nasi mandhi sendiri juga memiliki ciri khas dengan taburan kurma atau kismis sebagai topping-nya.

Sehingga rasanya tidak hanya gurih, melainkan ada rasa sedikit manis. Inilah sisi keunikan dari nasi mandhi yang pas menjadi makanan untuk memperingati hari Isra Miraj.

3.      Roti Maryam

Lalu untuk makanan ringan khas Timur Tengah, kamu bisa memilih roti maryam. Secara umum, roti maryam ini sama seperti roti biasa, yaitu terbuat dari bahan dasar terigu.

Perbedaannya terletak di rasa dan topping-nya. Dimana roti maryam khas Timur Tengah biasanya punya rasa gurih seperti kari kambing.

Untuk bentuk roti maryam sendiri sebenarnya cukup mirip seperti roti canai, makanan khas Aceh.

Itulah 3 rekomendasi kuliner khas Timur Tengah untuk menemani peringatan Isra Miraj. Semua rekomendasi kuliner di atas memiliki rasa yang berciri khas Timur Tengah.

Semoga bisa membuat hari peringatan Isra Miraj kamu menjadi lebih berkesan.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!