Setelah sebulan lamanya berpuasa, merayakan lebaran Idul Fitri adalah momen yang paling dinanti oleh seluruh umat Muslim. Setelah tradisi bersalam-salam dan bermaafan dengan keluarga dan tetangga, bersenda gurau tidak akan asik kalau tidak ada makanan.

Ketupat menjadi makanan paling utama saat lebaran datang. Tapi, ada banyak kuliner wajib saat Idul Fitri yang harus kamu coba. Yuk, simak ulasannya.

 

1. Opor Ayam

Tidak akan lengkap kalau memakan ketupat tidak bersama dengan opor ayam. Seperti namanya, makanan Idul Fitri berkuah ini terbuat dari rebusan olahan ayam yang bersama dengan santan dan juga berbagai macam rempah.

 

2. Sambal Goreng Kentang

Makan tidak akan lengkap kalau tidak ada sambal adalah ungkapan yang sering diucap oleh masyarakat Indonesia. Nah karena itu, kuliner khas Idul Fitri selanjutnya adalah sambal goreng kentang.

Biasanya, juga ati ampela di dalam sambal goreng kentang sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan petai agar semakin menggugah selera.

 

3. Rendang

Meskipun rendang adalah kuliner yang sangat mudah dijumpai di hari biasa. Tapi, Idul Fitri juga tidak akan lengkap kalau tidak ada makanan khas Padang ini.

Memasak rendang biasanya menggunakan daging sapi atau kerbau dengan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Lalu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rendang ini harus melalui proses memasak menggunakan santan kelapa yang panas berulang-ulang.

 

4. Semur Daging

Untuk Anda yang tidak begitu suka pedas, semur daging ini biasanya menjadi incaran di saat lebaran. Pasalnya, kuliner khas lebaran ini tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung sifat pedas yang kuat. Hanya terdapat penggunaan kecap, bawang merah dan putih, pala, dan beberapa rempah lainnya.

Untuk membuat semur bisa menggunakan daging sapi atau daging ayam. Untuk isian semur, Anda bisa tambahkan kentang, telur, tempe, atau bahan lainnya yang Anda sukai.

 

5. Nastar

Meskipun nastar adalah kue kering dan bukan sebagai makanan berat, makanan ini juga menjadi salah satu kuliner wajib untuk menemani momen Idul Fitri.

Kue nastar ini memiliki berbentuk bulat yang berisi selai nanas dan juga bertekstur lembut. Karena memiliki isian nanas, kue nastar memiliki cita rasa yang manis tetapi juga asam.

Itulah beberapa kuliner wajib saat Idul Fitri yang bisa kamu nikmati bersama keluarga dan teman. Jangan lupa untuk memakannya dengan perasaan yang senang dan gembira setelah berhasil menjalani satu bulan puasa.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!