Idulfitri sudah di depan mata! Buat Anda yang tahun ini berencana menghabiskan cuti hari raya dengan liburan di luar negeri, Turki adalah destinasi yang sangat direkomendasikan. Tidak cuma menyuguhkan pemandangan alam yang berkesan, negeri asal bunga tulip ini juga merupakan rumah dari beragam bangunan megah yang jadi saksi kejayaan Islam di masa lampau.

Dari Blue Mosque sampai Hagia Sophia, berikut daftar tempat wisata Lebaran di Turki yang tak boleh Anda lewatkan.

  1. Hagia Sophia

tempat wisata Lebaran

Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Ayasofya merupakan bangunan bersejarah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Hagia Sophia awalnya merupakan sebuah katedral. Namun, pada saat masa pemerintahan Ottoman (Utsmaniyah), tempat ini diubah fungsinya menjadi masjid.

Tahun 1935, Hagia Sophia nan megah akhirnya difungsikan sebagai museum dan dibuka untuk umum. Meski demikian, pemerintah Turki membiarkan ornamen-ornamen keagamaan tetap berada di dalamnya. Satu yang paling fenomenal adalah mozaik Bunda Maria di tengah-tengah kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad.

 

  1. Cappadocia

tempat wisata Lebaran

Cappadocia

Ke Turki tak lengkap kalau belum mengunjungi Cappadocia. Kota kecil di Anatolia ini menawarkan keindahan berupa tebing-tebing batu yang memikat. Daya tarik wisata yang sangat terkenal di Cappadocia adalah hot air balloon di Goreme National Park.

Di sana Anda akan diajak menyaksikan indahnya Turki dari ketinggian. Tentu tak cuma itu. Sudut lain di Cappadocia yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Land of Fairy Chimney dan Monk Valley.

Land of Fairy Chimney sendiri merupakan bebatuan berbentuk cerobong asap yang difungsikan sebagai rumah tinggal oleh warga setempat. Adapun Monk Valley pada abad ke-4 dan 5 pernah dijadikan lokasi persembunyian oleh para biarawan.

 

  1. Blue Mosque

tempat wisata Lebaran

Blue Mosque

Blue Mosque adalah tempat wisata Lebaran yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mencoba pengalaman ibadah hari raya di Turki. Berlokasi di Kota Istanbul, persis di dekat Hagia Sophia, “Masjid Sultan Ahmed” ini dibangun sekitar tahun 1609.

Masjid Biru mempunyai arsitektur yang megah dengan enam menara yang mengelilinginya. Tak hanya desain eksteriornya yang menawan, interior masjid ini juga sangat cantik berlapis 20.000 ubin iznik. Paduan unsur Islam tradisional dan Kristen Byzantium menjadikan Blue Mosque sebagai destinasi religi favorit wisatawan saat di Turki.

 

  1. Istana Topkapi

tempat wisata Lebaran

Istana Topkapi

Topkapi Palace merupakan destinasi wisata sejarah di Turki yang sangat populer. Museum ini dulunya merupakan tempat tinggal Sultan Utsmaniyah yang dibangun di masa pemerintahan Sultan Mehmed II (1459) yang menaklukkan Konstantinopel Byzantium.

Kompleks Istana Topkapi berdiri di atas tanah seluas 700 ribu m2 dan terletak di titik pertemuan Laut Marmara, Selat Bosphorus, dan Golden Horn (Tanjung Tanduk Emas). Di dalam bangunan ini terdapat pilar-pilar berarsitektur khas Yunani, lembar kaligrafi, keramik, lukisan Prancis, dan karya seni kuno berharga lainnya.

 

  1. Bodrum Castle

tempat wisata Lebaran

Bodrum Castle

Masih butuh referensi tambahan tempat wisata Lebaran lain? Jangan lupakan Bodrum Castle! Kastil yang dibangun tahun 1402 oleh Ksatria St. Yohanes ini merupakan salah satu warisan bersejarah yang terletak di sisi barat daya Turki.

Di kompleks Bodrum Castle juga terdapat Museum of Underwater Archaeology yang menyimpan banyak benda bersejarah seharga jutaan dolar. Sebagian koleksi konon diambil dari kapal yang karam di Laut Aegean.

 

  1. Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk

tempat wisata Lebaran

Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk

Ingin berziarah ke makam tokoh-tokoh penting Turki? Datanglah ke Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk. Kompleks pemakaman seluas 750.000 m² ini dibangun di atas bukit Kota Ankara. Di dalamnya terdapat beberapa blok dengan fungsi berbeda-beda.

Salah satu yang terkenal adalah Hall of Honor dengan arsitektur yang begitu memukau. Bagian ini dibangun dengan lapisan marmer berwarna krem, merah, dan hitam yang didatangkan dari Çanakkale, Hatay, serta Adana.

 

Dengan mengunjungi tempat wisata Lebaran di atas, libur hari raya di Turki pun dijamin akan makin berkesan. Jangan lupa cek RCKTrip.com untuk mendapatkan info lain seputar traveling, ya. Selamat menjelajah Turki yang eksotis!