Libur lebaran di Yogyakarta bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk menikmati waktu santaimu. Selain terkenal sebagai kota yang ramah, pilihan wisatanya juga sangat beragam.

Tapi, jangan sampai libur lebaranmu jadi kacau karena kamu kurang persiapan. Nah, simak tips simpel dan efektif ini agar kegiatan wisata saat lebaran di Yogyakarta lebih menyenangkan.

 

1. Riset tempat Wisata

Memilih tempat wisata yang bakal kamu kunjungi merupakan hal yang wajib. Selain mengurangi risiko tersesat, kamu juga bisa menghitung estimasi wisata dan moda transportasi yang bakal kamu pakai. Kamu juga bisa mengetahui dan menghindari tempat wisata yang terlalu ramai saat lebaran agar kamu lebih menikmati liburanmu.

Terutama untuk kamu yang waktu liburannya terbatas, merencanakan lokasi mana saja yang akan kamu kunjungi akan menghemat waktu. Tapi, buat kamu yang suka liburan dengan konsep lost-and-travel, enjoy your time!

 

2. Cari Penginapan yang Sesuai

Kalau kamu sudah merencanakan kemana saat liburan di Yogyakarta, kamu juga bisa bersiap memilih penginapan. Apalagi sekarang sudah banyak layanan booking online yang bisa kamu pakai.

Mulai dari jarak penginapan ke lokasi wisata hingga fasilitasnya, kamu bisa pilih penginapan sesuai kebutuhan kamu. Selain itu, di Yogyakarta juga banyak tersedia penginapan low-budget buat kamu yang suka backpacking, lho!

 

3. Packing Secara Efektif

Nah, supaya kamu tidak berat bawa barang-barang dan malah capek di jalan, pastikan kamu packing barang yang penting saja. Mulai dari pakaian dan kebutuhan standar lainnya sebisa mungkin kamu rencanakan dengan matang.

Apalagi kalau kamu berencana membawa oleh-oleh saat pulang liburan. Hal ini juga akan mengurangi biaya luggage kalau kamu menggunakan kendaraan umum seperti pesawat.

 

4. Siapkan Untuk Keadaan Darurat

Baik kamu liburan sendiri maupun bersama rekan dan keluarga, mempersiapkan diri untuk keadaan darurat juga sangat penting. Mulai dari obat-obatan standar seperti paracetamol dan obat anti mabuk bisa kamu packing secara minimal.

Apalagi kamu yang berniat wisata ekstrim atau wisata ke alam seperti mendaki gunung. Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor darurat. Selalu waspada sekitar dan pastikan ada yang tahu kemana kamu akan pergi.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan kalau mau liburan kamu lebih menyenangkan dan aman. Jangan lupa, libur lebaran di Yogyakarta kamu akan jauh lebih berkesan kalau kamu menikmati dan menjalaninya dengan persiapan yang matang.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!