Liburan ke Eropa tanpa travel agent adalah hal yang sangat memungkinkan. Namun memang sebaiknya Rck Lovers melakukannya bersama keluarga atau teman yang memang sudah terbiasa traveling jauh.

Lalu apa saja yang harus kamu siapkan untuk melakukan tour ke Eropa tanpa bantuan biro perjalanan? Nah, di artikel ini kamu akan menemukan jawaban dan tips keliling Eropa tanpa bantuan dari biro travel.

 

1. Tentukan destinasi selama liburan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan destinasi. Destinasi ini nantinya juga menentukan di mana pesawat akan mendarat pertama kali dan dari bandara mana kamu akan pulang.

Bicara tentang destinasi, sebaiknya kamu tidak terlalu merencanakan banyak negara untuk singgah agar lebih optimal menikmati setiap tempat.

 

2. Perhatikan rute dan pilihan transportasi

Setelah kamu tahu di negara mana akan singgah, kamu juga harus memikirkan transportasi dari satu negara ke negara lain.

Apabila kamu ingin liburan ke Eropa yang murah, kamu bisa menghemat budget dengan menggunakan bus malam untuk berpindah negara. Beberapa situs di internet juga menyediakan informasi dan platform untuk memilih transportasi selama di Eropa.

 

3. Atur itinerary dan buat Visa Schengen

Tips liburan ke Eropa berikutnya adalah menyiapkan itinerary. Dengan begini, kamu bisa memperkirakan berapa lama harus tinggal di suatu negara. Itinerary ini juga akan berguna untuk bikin Visa Schengen.

Untuk bikin Visa, sebaiknya kamu mengajukan di kedutaan yang negaranya paling lama kamu singgahi. Pastikan kamu memahami dan memenuhi syarat untuk membuat Visa Schengen, ya.

 

4. Hal-hal yang perlu disiapkan

Ada baiknya Rck Lovers mencari tahu dulu soal negara-negara yang akan dikunjungi. Misal, Italia dan Perancis memiliki tingkat scam yang di atas rata-rata, terutama terhadap turis asing.

Selain itu, kamu juga perlu membawa copy daftar penginapan dan alamat penting, barangkali kamu tersesat ketika liburan.

Jangan ragu untuk tanya pihak penginapan tentang tempat yang seru untuk dikunjungi. Kamu pun juga bisa tanya pihak berwajib di jalan apabila tidak tahu arah.

 

5. Pesan penginapan

Memesan penginapan dari jauh hari adalah ide yang baik. Dan sebaiknya penginapan yang kamu pilih dekat dengan transportasi publik.

Menginap di hostel jauh lebih murah dan kamu pun bisa berbagi informasi dengan teman sekamar. Yang penting kamu harus memastikan kalau budget sesuai dengan fasilitas kamar, ya.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa Rck Lovers persiapkan kalau memang berencana keliling Eropa tanpa menggunakan travel agent. Pastikan persiapan kamu sudah cukup matang dari jauh hari, ya, sebelum berangkat liburan ke Eropa.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!