Sabang adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Aceh ujung paling barat Nusantara. Sabang berdiri dari beberapa pulau seperti Weh, Klah, dan Rubiah. Pulau-pulau tersebut terkenal dengan pesona dan keunikan wisatanya. Pulau Weh adalah pulau yang terbesar dengan luas sampai 12 km2 serta tentunya ada banyak destinasi wisata menarik dan unik untuk dijelajahi.

Sabang tawarkan cukup banyak pantai yang mempesona dan menawan, mulai dari pantai berpasir putih sampai pasir hitam. Tidak hanya pantai, Sabang juga mempunyai sejumlah tempat wisata yang tidak kalah menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Tugu Nol Kilometer

Tak lengkap rasanya jika Rck Lovers berlibur ke Sabang, tapi tidak mendatangi Tugu Nol Kilometer. Objek wisata Sabang satu ini mempunyai bentuk seperti senjata rencong yang tingginya mencapai 22,5 meter. Tugu Nol Kilometer berdiri di atas tebing dan menghadap secara langsung ke Samudera Hindia. Rck Lovers bisa nikmati pemandangan samudera yang luas dengan kunjungi tempat wisata satu ini.

Tugu Nol Kilometer ini diresmikan oleh Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, tepatnya di tanggal 9 September 1997, yang menjadi tanda titik nol tanah air bagian barat. Letak dari tempat wisata ini ada pada sisi barat Pulau Weh, yaitu di Desa Iboih, Sukakarya, Kota Sabang. Untuk sampai ke sini, dibutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan motor dari Pelabuhan Balohan. Tidak perlu khawatir Rck Lovers akan merasa bosan, karena selama di perjalanan akan dimanjakan pemandangan yang indah seperti pantai, bukit, dan hutan.

Pantai Iboih

Iboih adalah salah satu pantai yang menjadi primadona di antara banyaknya pantai yang ada di Sabang. Tempat wisata di Sabang ini tawarkan dua macam garis pantai, yaitu pasir putih keemasan serta bebatuan alam eksotis. Air pantai ini juga jernih sekali dan dangkal sehingga dasar laut dapat dilihat dengan mata telanjang. Perpaduan dari pantulan warna air hijau ke biru juga tampak sangat jelas.

Di tempat wisata yang satu ini, Rck Lovers bisa untuk lakukan banyak aktivitas olahraga air, misalnya snorkeling, menyelam, atau hanya berjemur di pantai saja. Jika tidak ingin bermain air, Rck Lovers bisa untuk jelajahi hutan yang ada di sekitar pantai.

Jika Rck Lovers ingin nikmati pemandangan bawah laut, bisa untuk melihat terumbu karang dengan berenang lima meter saja dari bibir pantai. Berbagai ikan kecil serta biota laut yang lain bisa secara mudah Rck Lovers temui di pantai ini. Rck Lovers pun bisa ambil foto bawah air yang pastinya akan sangat bagus dan instagrammable jika diunggah ke media sosial.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan surga wisata bawah lautnya Sabang. Untuk bisa akses ke pulau yang tidak berpenghuni ini, Rck Lovers perlu menyebrang dengan menggunakan kapal motor dari Pantai Iboih. Di sini juga bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga air seperti snorkeling serta diving. Jika beruntung, Rck Lovers tidak hanya akan melihat dan menemui ikan-ikan kecil, tapi juga bisa jumpa dengan lumba-lumba.

Ketika snorkeling atau diving, Rck Lovers bisa untuk jumpai berbagai macam ikan seperti kerapu, botana biru, sersan, bendera, mayor, kuning, kepala merah, sampai kupu-kupu. Tak hanya itu, Rck Lovers juga akan bertemu biota laut lainnya seperti bunga lili laut, bintang laut, cumi-cumi, dan terumbu karang – terumbu karang cantik.

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Sabang yang mempesona, memiliki keunikan tersendiri, dan pastinya wajib Rck Lovers kunjungi. Masih banyak tempat wisata lain di Sabang selain di atas yang tak kalah menarik. Jadi, segera siapkan liburan Rck Lovers ke Sabang sekarang!

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!