Saat menyebut nama Australia, dua nama hewan ini pasti langsung terlintas. Ya, kanguru dan koala, keduanya adalah hewan asli Australia yang populasinya masih terjaga hingga sekarang. Berlibur ke Australia bersama anak-anak tak lengkap jika tidak berjumpa langsung dengan hewan tersebut.

Berkunjung ke Lone Pine Koala Sanctuary merupakan salah satu must things to do di Brisbane. Dari namanya saja, Anda sudah bisa membayangkan mengapa tempat ini menjadi destinasi favorit liburan keluarga. Disebut sebagai suaka alam koala terbesar dan tertua di dunia, inilah ulasan singkat mengenai Lone Pine Koala Sanctuary yang perlu Anda tahu.

Didirikan Tahun 1927

Liburan Keluarga

Sejak Tahun 1927

Menempati area seluas 18 hektare, suaka alam ini berlokasi di 708 Jesmond Road, Fig Tree Pocket, Queensland. Penamaan tempat ini bermula dari sebuah pohon pinus tunggal yang ditanam oleh pemilik pertama lahan, Keluarga Clarkson. Dua koala bernama Jack dan Jill menjadi penghuni pertama suaka yang berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Brisbane.

Claude Reid, pendiri Lone Pine Koala Sancturary ingin memberikan perlindungan bagi koala yang terluka, sakit, atau anak koala yang kehilangan orang tuanya akibat perburuan koala saat itu. Spesies ikonis ini harus dijaga habitatnya agar tetap lestari dan berkembang biak.

Bukan Hanya Koala

Liburan Keluarga

Kanguru

Penghuni Lone Pine Koala Sanctuary ternyata bukan hanya koala, lho. Beragam kehidupan hewan liar bisa Anda langsung saksikan di sini. Mulai dari kanguru, tasmanian devil, wombat, echidnas, raptor, hingga platypus yang unik. Semua merupakan hewan endemis Australia yang populasinya tidak lagi banyak di alam bebas.

Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan berbagai jenis burung warna-warni khas Australia. Misalnya, burung beo, kakatua, kookaburras, kasuari, dan emus. Ada juga rainbow lorikeets yang terbang bebas di sekitar suaka.

Sebagian besar hewan tersebut dibiarkan bebas di beberapa area terbuka dalam suaka. Anda dan keluarga pun bisa berinteraksi langsung tanpa berjarak dengan hewan-hewan itu. Berfoto atau memberi makan jadi aktivitas seru yang sayang dilewatkan begitu saja.

Cari Tahu Aktivitas Harian para Penghuni Suaka

Liburan Keluarga

Penghuni Suaka

Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mencari tahu seperti apa aktivitas harian para hewan yang tinggal di Lone Pine Koala Sanctuary. Atraksi pemberian makan tentu jadi momen paling dinanti pengunjung. Selain itu, ada pula pertunjukan seru yang menampilkan tingkah polah hewan-hewan tersebut.

Contoh, untuk bertemu koala gratis, Anda bisa mengikuti pertunjukan pukul 11,00-11.30 atau pukul 13.30-14.00. Selain dapat bersentuhan langsung dengan kanguru, anak-anak juga bisa melihat pemberian makan beberapa penghuni suaka lainnya. Tasmanian devil diberi makan pada siang hari, sementara lorikeets diberi makan dua kali sehari.

Nikmati juga pertunjukan seru anjing penggembala dalam “Sheep Dog Shows” atau aksi raptor dalam “Free Flight Raptor Show.” Untuk berfoto dengan koala dikenakan biaya. Adapun pendapatan yang diperoleh dari sesi foto koala digunakan dalam pengembangan penelitian, membangun tempat perlindungan baru, dan penanaman pohon eukaliptus.  

Ada Brisbane Koala Science Institute

Liburan Keluarga

Brisbane Koala Science Institute

Pada tahun 2018 area suaka ini menambah satu tempat khusus untuk fasilitas sains dan riset koala berkelas dunia, yaitu Brisbane Koala Science Institute. Para peneliti bisa memaksimalkan “Koala Biobank”, tempat penyimpanan berbagai data genetis koala untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Berada tepat di tengah-tengah kawasan suaka, Anda bisa menikmati interactive display, koala skywalk, dan jendela lebar yang langsung menyajikan kehidupan liar para koala. Plus, laboratorium riset dan rumah sakit hewan yang dirancang dengan teknologi terkini.

Cara Menuju ke Lone Pine Koala Sanctuary

Liburan Keluarga

Lone Pine Koala Sanctuary

Suaka alam ini buka setiap hari pukul 09.00–17.00 waktu setempat. Sementara, pada hari ANZAC 25 April, jam operasionalnya bergeser ke pukul 13.00–17.00. Untuk sampai ke Lone Pine Koala Sanctuary, Anda bisa menyewa kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Jika hendak naik bus umum, silakan naik bus 430 dari Platform 2C, Queen Street Station atau bus 445 dari Stop 41, Adelaide Street. Pilihan lainnya, Anda bisa naik Mirimar Boat Cruise yang berangkat dari Cultural Centre Pontoon di South Bank. Adapun harga tiket masuk dewasa AUD 42 dan anak AUD 25.

 

Sekarang Anda tahu mengapa Lone Pine Koala Sanctuary menjadi destinasi favorit keluarga saat berlibur di Brisbane. Buka RCKTrip.com dan dapatkan berbagai tips liburan bersama anak-anak ke Australia sekarang juga. Semoga liburan Anda sekeluarga menyenangkan!