Sama seperti hari raya besar lainnya, saat Nyepi juga terdapat berbagai makanan khas Bali yang wajib disajikan. Bedanya tidak pada saat hari raya Nyepi berlangsung, melainkan di waktu upacara adat Nyepi tersebut.

Nah untuk kamu yang sedang liburan saat hari raya Nyepi, bisa coba kuliner khas Bali tersebut. Kalau ingin tahu, langsung perhatikan menu makanannya di artikel ini.

1. Lawar

Makanan saat Nyepi yang paling berciri khas adalah Lawar. Sebenarnya Lawar tidak hanya menjadi makanan khas saat Nyepi saja, melainkan saat acara besar di Bali lainnya juga makanan ini wajib ada.

Umumnya, Lawar ini berisi sayuran yang dikombinasikan dengan daging cincang. Biasanya daging yang di Lawar, seperti ayam, babi atau bebek. Menariknya dari Lawar, ialah terdapat campuran darah dari hewan yang digunakan.

Sehingga bisa menambah cita rasanya yang dinilai memiliki arti harmonis dan seimbang. Karena bisa memakai daging Babi, diharapkan untuk kamu yang beragama Muslim tanyakan dulu bahan-bahan yang digunakan sebelum menyantap kuliner Lawar ini.

2. Entil

Entil juga biasanya selalu ada saat memeriahkan sebelum atau setelah hari Nyepi berlangsung. Makanan tradisional yang punya bentuk seperti ketupat ini sangat wajib ada dan menjadi ciri khas saat Nyepi.

Entil sendiri terbuat dari beras yang terbungkus daun dan nantinya terikat oleh bambu. Biasanya terisi dengan beberapa sayuran dan daging sebagai lauknya.

3. Pulung Nyepi

Sesuai dengan namanya, Pulung Nyepi menjadi salah satu makanan ringan yang sering ada saat hari raya Nyepi. Pulung Nyepi ini terbuat dari tepung beras yang bercampur tepung kanji.

Kedua tepung diproses sedemikian rupa dan ada tambahan topping parutan kelapa untuk menambah rasa gurih.

4. Ketongkol

Ada juga Ketongkol yang biasanya terbungkus dengan daun pisang untuk menambah aroma. Makanan ini juga menjadi salah satu khas untuk memperingati hari raya Nyepi.

Selain itu, biasanya Ketongkol menggunakan lauk dan sayur. Tapi sebagian lainnya, menambahkan sambal matah khas Bali untuk memperkaya cita rasa Ketongkol tersebut.

5. Ayam Betutu

Terakhir ada Ayam Betutu. Biasanya Ayam Betutu ini disajikan untuk acara penyembahan sebelum hari raya Nyepi berlangsung.

Selain itu, Ayam Betutu khas Bali yang proses memasaknya dengan cara memegangnya ini juga sering ada saat acara besar lainnya.

Itulah beberapa makanan khas Bali saat Nyepi yang wajib ada. Kira-kira kamu suka makanan yang mana ya?

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!