Imlek merupakan perayaan hari besar yang memiliki makna penting bagi masyarakat Tionghoa. Bukan hanya ritual keagamaan, makanan yang tersedia di momen Imlek pun memiliki makna-makna filosofis.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Imlek yang konon membawa keberuntungan bagi yang mengkonsumsinya, apa saja?

  1. Kue Bakul

Kue bakul atau kue keranjang ini sangat khas di momen Imlek. Bentuknya lembut menyerupai dodol dengan warna kecoklatan.

Makna kue ini cukup dalam, yakni melambangkan harapan untuk sebuah kerukunan hidup berumah tangga. Memakan kue ini akan membawa keberuntungan yang demikian seperti makna tersebut.

Selain itu, penyajian kue ini biasanya juga bertumpuk. Tumpukan ini melambangkan harapan bertambahnya rezeki, anak-anak, posisi jabatan dari tahun-tahun sebelumnya.

  1. Bebek atau Ayam Utuh

Bagi masyarakat Tionghoa, binatang ayam dan bebek memiliki sifat yang cenderung serakah. Oleh karena itu, pada perayaan Imlek tersedia makanan bebek atau ayam yang utuh tanpa dipotong.

Tujuannya agar setiap yang memakan kuliner ini bisa terhindar dari sikap buruk tersebut. Selain itu, makanan ini akan membawa keberuntungan berupa kesetiaan dan ketaatan bagi yang mengkonsumsinya.

  1. Yu Sheng

Yu Sheng merupakan makanan imlek yang terbuat selada yang berisi irisan sayuran dan buah. Terkadang penyajiannya menggunakan ikan salmon atau tuna.

Makanan ini juga memiliki makna keberuntungan yang penting bagi masyarakat Tionghoa. Saat memakannya biasanya dengan mengangkatnya tinggi-tinggi.

Semakin tinggi seseorang mengangkat makanan ini, maka semakin besar kemungkinan harapan-harapannya bisa terkabul.

  1. Sup Delapan Bentuk

Sup juga menjadi makanan yang identik dengan masyarakat Tionghoa. Jenis sup di perayaan Imlek yang wajib kamu coba adalah sup delapan bentuk.

Maksudnya sup ini terdiri dari delapan komposisi bahan utama yakni udang, ikan, jamur tungku, teripang, kerang kering, perut ikan, jamur hitam, dan abalone.

Bahan tambahan lain seperti kacang ginko serta biji lotus. Makna keberuntungan yang bisa kamu dapatkan dari sup ini adalah bahwa kondisi bisnis usaha yang kamu kelola harapannya akan lebih baik di tahun selanjutnya.

  1. Ikan Utuh

Selain ayam, ikan juga penyajiannya harus utuh. Utuh tersebut melambangkan keutuhan keluarga, tidak boleh dipotong.

Jenis ikan yang biasanya dipakai adalah bandeng, tetapi beberapa daerah menyesuaikan dengan jenis ikan yang ada. Penyajiannya biasanya berupa ikan utuh dengan aneka saus.

Nikmati perayaan imlek kamu dengan berbagai kuliner lezat penuh makna. Bagi masyarakat Tionghoa, raih keberuntungan di hari besar Imlek.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!