Singapura adalah sebuah negara yang hanya memiliki luas wilayah 728,6 km2, tetapi jumlah wisatawannya cukup tinggi. Selain tempat wisata, makanan khas Singapura juga menjadi daya tarik tersendiri.

Menariknya lagi, hanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta untuk sampai ke negara dengan simbol Singa ini. Tidak heran, jika banyak RCK Lovers yang sudah pernah menjenjakkan kaki di negara tersebut.

Ragam Makanan Khas Singapura

Dari segi kuliner, Singapura juga memiliki banyak pilihan menu, dari makanan berat hingga camilan. Hal ini tidak terlepas dari tingkat imigrasinya yang tinggi, sehingga ada banyak etnis di negara tersebut. Nah, berikut ini beberapa menu andalannya:

  • Nasi Hainan

Makanan Khas Singapura

Kuliner yang satu ini merupakan masakan nasional negeri Singa. Bahan utamanya adalah nasi yang penyajiannya lengkap dengan ayam kukus. Bagian atasnya ada taburan minyak wijen dan kecap yang membuat nasi ini semakin lezat.

  • Laksa Singapura

Makanan Khas Singapura

Serupa dengan laksa yang ada di Indonesia, hidangan ini juga menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Hanya saja isiannya sedikit berbeda, karena laksa Singapura ada tambahan kacang, perkedel ikan, udang, kerang, dan tahu.

  • Hokkien Prawn Mee

Makanan Khas Singapura

Tak kalah menggugah selera, hokkien prawn mee adalah kuliner berbahan dasar mi kuning dan bihun. Citarasanya yang khas berasal dari kuah kaldu seafood, seperti udang dan cumi. Tambahkan irisan jeruk nipis untuk menambah rasa asam dan segar.

  • Carrot Cake

Makanan Khas Singapura

Pernah terpikir, bahwa carrot cake ini adalah kue berbahan dasar wortel? Ya, kamu jelas salah, karena carrot cake justru menggunakan lobak kukus yang kemudian dimasak bersama kecap, telur, dan saus ikan.

  • Kaya Toast

Makanan Khas Singapura

Siapa sangka, jika Singapura ternyata juga mempunyai roti bakar yang sangat khas? Kaya di sini adalah selai yang terbuat dari campuran telur serta kelapa. Hidangan ini sangat cocok sebagai menu sarapan maupun teman ngopi atau teh.

  • Soon Kueh

Makanan Khas Singapura

Soon kueh adalah salah satu kuliner khas Singapura yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Jenisnya mirip seperti dimsum, lengkap dengan isian daging serta sayuran. Sementara itu, tekstur soon kueh sangat lembut seperti dimsum pada umumnya.

  • Popiah

Makanan Khas Singapura

Dari segi bentuk popiah mirip seperti lumpia, tetapi isiannya adalah buncis, daging, dan sayuran lainnya. Jajanan ini sangat populer di Singapura dan cocok sebagai kudapan di rumah.

Dari sederet makanan khas Singapura di atas, mana yang menjadi favoritmu? Atau malah kamu sedang butuh referensi makanan dari negara lain? Tenang, mampir saja ke RCKTrip.com, pusat informasi untuk liburan.