Abu Dhabi tak hanya terkenal karena gedung tertinggi di dunia dan kemewahan kotanya saja, ada juga masjid yang besar, indah, dan megah di sini. Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi, Uni Emirat Arab merupakan masjid terbesar ketiga di dunia sekaligus terindah. RCK lovers akan dibuat kagun dengan keindahan bangunan dan detail interior di dalamnya.

Pembuatan masjid ini memakan waktu 11 tahun mulai dari tahun 1996, namun masyarakat umum baru bisa beribadah di dalamnya sejak tahun 2007. Apa saja fakta unik dari masjid indah nan megah yang menjadi simbol kemakmuran di Uni Emirat Arab? Berikut informasinya!

Mengenal Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

Penggagas utama Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi adalah tentu saja almarhum presiden Sheikh Zayed Al Nahyan sendiri. Ukurannya tidak tanggung-tanggung, karena memiliki area seluas empat kali lapangan bola atau setara dengan 22.412 meter persegi.

Karena ukurannya yang luas dengan 82 kubah dari marmer dan seribu pilar yang menopangnya, tak heran kalau masjid ini mampu menampung sekitar 55.000 orang untuk beribadah di dalamnya. Selain luasnya, ada banyak fakta menarik masjid ini.

Fakta Menarik Seputar Masjid Sheikh Zayed 

Simak beberapa yang perlu kamu tahu tentang masjid Sheikh Zayed berikut ini:

1. Material dari seluruh Dunia

Fakta unik Masjid Agung Sheikh Zayed 

Fakta unik Masjid Agung Sheikh Zayed pertama yang perlu kamu tahu adalah bahwa material untuk membangun bangunan ini berasal dari seluruh dunia. Setiap detail desain yang ada di masjid ini menggambarkan simbol kesatuan global.

Tak tanggung-tanggung, material bangunan berasal dari berbagai negara, misalnya New Zealand, Turki, Mesir, Jerman, India, hingga Cina.

2. Merupakan Kumpulan Karya Seni Menakjubkan

chandelier Masjid Sheikh Zayed 

Memiliki desain yang maha indah dan detail interior yang rumit, maka tidak heran jika masjid ini terkenal karena keindahannya. Lantai masjid terbuat dari marmer yang berasal dari Makedonia dan Eropa.

Salah satu bagian yang paling terkenal adalah lampu gantung kristalnya karena terbuat dari kristal Swarovski berlapis emas. Bentuknya menyerupai pohon palem terbalik yang merupakan simbol dari kemakmuran Uni Emirat Arab

3. Mengadopsi Arsitektur Persia, Mughal, dan Ottoman

Arsitektur Masjid Sheikh Zayed

Kamu berkesempatan ke sini, kamu wajib mengambil Masjid Agung Sheikh Zayed foto sebanyak mungkin karena arsitekturnya sangat menakjubkan. Bangunan ini mengadopsi arsitektur Persia, Mughal, dan Ottoman. Alhasil, kamu akan menyaksikan perpaduan desain tradisional dan modern yang apik.

Struktur masjid ini tetap mempertahankan tradisi tanpa menutup diri terhadap kemajuan zaman dan masa depan yang lebih modern.

4. Penerangan Dihubungkan dengan Siklus Bulan

sistem penerangan Masjid Sheikh Zayed

Selain interior dan kemewahannya, kamu juga akan dibuat kagum dengan sistem penerangannya yang memadukan teknolog, alam, dan karya seni.

Fasad dari masjid ini terlihat bersinar lembut karena dibuat selaras dengan siklus bulan. Alhasil, terciptalah sebuah bangunan yang berpendar indah, terutama menjelang Maghrib dan malam hari.

5. Dilengkapi dengan Perpustakaan

perpustakaan Masjid Sheikh Zayed

Kamu tidak hanya bisa beribadah dan melakukan tur di masjid in, tetapi juga belajar di perpustakaan di dalamnya. Perpustakaan yang baru dibuka untuk umum pada tahun 2010 ini buka dari hari Senin-Jumat pukul 09:00-18:00 waktu setempat.

Banyak hal menarik yang bisa kamu jelajahi di salah satu masjid terbesar di dunia tersebut. Nah, apakah RCK lovers sudah siap menjelajah Masjid Agung Sheikh Zayed? Semoga perjalananmu berkesan!