Masjid Hassan II yang terletak di Maroko merupakan masjid terbesar keenam di dunia dan kedua terbesar di Benua Afrika. Tidak heran kalau masjid ini mampu menampung kurang lebih 105 ribu jamaah.

Namun bukan hanya itu saja keistimewaan Masjid Hasan II yang terletak di Casablanca, Maroko ini. Ada banyak hal yang wajib kamu tahu mengenai salah satu masjid terindah di dunia ini, termasuk arsitektur dan keindahannya di tengah Samudra Atlantik.

Yuk, cari tahu!

Punya Menara Penerang Samudra

Masjid Hassan II di Casablanca

Masjid Hassan II di Casablanca ini berdiri di atas lahan dengan luas sekitar sembilan hektare ini memiliki menara setinggi 210 meter. Menara tersebut juga sekaligus menjadi menara masjid tertinggi kedua di dunia, setelah Masjid Djamaa el Djazair.

Saat mengunjungi Masjid Hassan II pada malam hari, kamu akan melihat keindahan dari lampu-lampu yang menyala pada menaranya. Konon katanya ketika cuaca sedang cerah, cahaya dari menara tersebut bisa terlihat hingga Makkah.

Beribadah sembari Menikmati Keindahan Samudra Atlantik

Beribadah sembari Menikmati Keindahan Samudra Atlantik

Ketika mengunjungi masjid tersebut, kamu juga bisa sekaligus melihat Samudra Atlantik. Pasalnya, masjid yang satu ini memang menghadapkan langsung ke Samudra Atlantik.

Maka sudah dipastikan selain meningkatkan nilai spiritual, kamu juga bisa sembari healing menikmati keindahan alam yang tiada duanya.

Didesain dengan Arsitektur yang Menakjubkan

Masjid Hasan II 

Masjid yang dibangun oleh arsitek asal Prancis, Michel Pinseau memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan. Sang arsitek terinspirasi dari gaya bangunan khas bangsa Moor ketika membangun masjid tersebut.

Eksteriornya menyerupai seperti gereja di Eropa, akan tetapi interiornya sangat kental dengan budaya Maroko. Ini merupakan simbol bahwa betapa rukunnya umat beragama di Maroko

Hiasan langit-langit dengan ukiran kayu, serta lampu gantung yang mewah membuat tampilan visualnya semakin indah. Sebagai salah satu masjid terbesar di dunia, memang tidak heran apabila masjid yang satu ini memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan.

Masjid Anti Gempa

Masjid Hassan II maroko

Tidak hanya arsitekturnya yang indah, perancangnya juga membuat masjid ini bisa tahan gempa. Terdapat juga pemandian khas Turki dengan lantai yang suhunya dapat berubah sesuai cuaca.

Perancangnya juga membuat masjid tersebut memiliki atap yang terbuat dari pintu elektrik. Atap tersebut dapat terbuka, sebagai simbol bahwa aktivitas ibadah dalam masjid tersebut akan melangit ke atas.

Objek Wisata di Komplek Masjid

Masjid Hassan II maroko

Selain menawarkan keindahan dari masjid itu sendiri, di komplek sekitar Masjid Hassan II Maroko juga terdapat objek wisata lainnya.

Terdapat beberapa bangunan yang ada di area komplek Masjid, misalnya museum, madrasah, perpustakaan, kamar mandi, hingga taman untuk bersantai.

Masjid tersebut memang dirancang tidak hanya untuk beribadah, tetapi bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata.

Jadi bagi kamu yang senang dengan wisata spiritual, kamu bisa mengunjungi Masjid Hassan II. Terlebih lagi lokasinya yang strategis, jadi cukup mudah untuk kamu bisa mengunjunginya.