Dari ratusan destinasi liburan di dunia, Bhutan merupakan salah satu yang punya banyak aturan tak tertulis untuk wisatawan. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh tatanan pemerintahan yang lebih mementingkan Gross National Happiness dibandingkan Gross National Product. Tak salah jika Bhutan dijuluki sebagai negara paling bahagia di Asia.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk menjelajah negara Bhutan dalam waktu dekat, berikut checklist penting yang wajib diketahui sejak jauh-jauh hari.

  1. Wajib Bersama Guide

Bhutan

Tour Guide

Bhutan memberlakukan aturan yang cukup ketat soal kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah dengan mewajibkan pengunjung untuk bepergian bersama guide resmi yang sudah terdaftar di kantor pariwisata setempat.

Bepergian bersama guide akan sangat membantu Anda saat mengunjungi tempat-tempat terpencil dan ketika harus berkomunikasi dengan warga lokal.

 

  1. Minimum Daily Package

Bhutan

Minimum Daily Package

Pemerintah Bhutan sangat memperhatikan kelestarian alam dan lingkungannya. Salah satu bentuk penerapannya adalah mewajibkan setiap wisatawan untuk menghabiskan sejumlah uang per harinya (Minimum Daily Package).

Minimum Daily Package ini jumlahnya bervariasi tergantung tipe tur dan musimnya. Pada high season misalnya, jumlah minimal yang harus dibelanjakan seorang solo traveler adalah $290 per hari, dan $240 per hari pada low season.

Aturan tentang Minimum Daily Package ini sifatnya wajib dan harus dibayar di muka. Oleh pemerintah, seluruh pendapatan akan digunakan untuk membiayai pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan di Bhutan.

  1. High Season & Low Season

Bhutan

High Season

Nah, untuk Anda yang ingin menghemat anggaran saat liburan di Bhutan, pertimbangkan aturan Minimum Daily Package. High season di sana berlangsung pada bulan Maret, April, Mei, September, Oktober, dan November. Minimum Daily Package-nya adalah sbb:

  • $250 per orang per hari, untuk grup tur berisi tiga orang atau lebih
  • $280 per orang per hari, untuk grup tur berisi dua orang
  • $290 per hari untuk wisatawan individu

 

Adapun low season di Bhutan berlangsung pada bulan Januari, Februari, Juni, Juli, serta Agustus, dengan Minimum Daily Package sbb:

  • $200 per orang per hari, untuk grup tur berisi tiga orang atau lebih
  • $230 per orang per hari, untuk grup tur berisi dua orang
  • $240 per hari untuk wisatawan individu

 

  1. Jelajahi Sisi Timur Bhutan

Bhutan

Satwa Langka

Mayoritas wisatawan yang berlibur ke Bhutan biasanya hanya menyusuri Thimpu, Punaka, lalu kembali lagi ke Paro. Padahal, Bhutan di sisi timur juga menyajikan pemandangan dan wisata alam yang sangat cantik, lho.

Di sana, Anda akan melihat indahnya lembah sekaligus cagar alam terpencil yang begitu memanjakan mata. Area ini juga merupakan habitat dari bangau leher hitam yang populasinya sangat langka.

Tidak hanya itu, di Bhutan bagian timur ada beragam festival budaya lokal yang takkan pernah Anda jumpai di daerah turis seperti Paro.

 

  1. Bawa Dollar atau Rupee

Bhutan

Rupee

Mata uang Bhutan adalah ngultrum (BTN) yang nilainya kurang lebih sama dengan rupee India. Meski begitu, Anda lebih disarankan untuk membawa rupee ketimbang ngultrum. Oh ya, jumlah ATM dan bank di Bhutan sangat terbatas. Jadi, pastikan Anda selalu membawa uang tunai ke mana pun, ya.

Perlu dicatat bahwa mata uang rupee dengan denominasi 500 dan 1.000 sudah tidak berlaku lagi di Bhutan.

 

  1. Pelajari Sedikit Bahasa Dzongkha

Bhutan

Warga Bhutan

Mayoritas penduduk Bhutan menggunakan bahasa Dzongkha untuk berkomunikasi sehari-hari, tapi umumnya mereka juga lancar berbahasa Inggris. Meski begitu, tak ada salahnya mempelajari sedikit bahasa Dzongkha agar Anda bisa lebih akrab dengan warga lokal nantinya.

 

Dengan suguhan alam yang menawan serta kebudayaan yang masih sangat terjaga, liburan ke Bhutan tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bagaimana, siap menjelajah Negeri Naga Halilintar ini? Cek RCKTrip untuk info tambahan lain, ya!