Siapa yang tidak kenal Gunung Kilimanjaro, satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia. Tak heran, jika banyak pendaki bermimpi bisa naik ke gunung setinggi 5.895 mdpl itu.

Namun, untuk RCK Lovers yang berminat mendaki, pastikan kamu siap fisik dan mental, termasuk tahu bagaimana tips aman mendaki di gunung yang selalu tertutup salju itu.

 

Lokasi & Akses Menuju Lokasi

Gunung Kilimanjaro terletak di timur laut Tanzania Utara, Afrika.

Untuk sampai ke lokasi pendakian, kamu bisa memilih melalui udara, naik kereta api, atau sewa mobil.

Jika naik pesawat, kamu bisa ikut penerbangan dari Bandara Nairobi, Kenya, atau Bandara Dar es Salaam, Tanzania. Dari bandara-bandara tersebut, penerbangan lanjutan ke Kilimanjaro akan lebih mudah kamu dapatkan.

Untuk moda transportasi kereta api, kamu bisa naik dari stasiun KA terdekat, yakni di Arusha. Dari sini, kamu harus nyambung dengan bus atau taksi untuk sampai Kilimanjaro.

Atau, jika kamu tidak ingin repot-repot naik transportasi umum, ada mobil sewa yang siap mengantarkan kamu.

 

Tips Mendaki

Sebelum memutuskan melakukan pendakian ke puncak gunung Kilimanjaro, sebaiknya RCK Lovers pahami dulu beberapa tips penting. Berikut persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pendakian.

 

1. Latihan Fisik

Sudah bisa dibayangkan bagaimana beratnya mendaki sebuah gunung tertinggi di Afrika. Pastinya, para pendaki butuh stamina yang sangat prima agar bisa sampai ke puncak gunung.

Untuk itu, latihan fisik harus digenjot untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. Minimal, selama 3-6 bulan harus sudah persiapan. Misalnya, dengan berlari atau jogging sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

2. Menyesuaikan High Altitude

Banyak pendaki gagal mencapai puncak karena, selain kurang stamina, juga mengalami takut ketinggian (altitude sickness). Oleh karena itu, setiap pendaki harus mampu menyesuaikan dengan ketinggian di puncak Kilimanjaro.

3. Berlatih dengan Perlengkapan Sendiri

Tidak kalah penting adalah persiapan membawa perlengkapan yang pastinya cukup banyak.

Untuk perlengkapan sepatu sebaiknya jangan gunakan sepatu baru karena bisa menimbulkan kaki lecet. Gunakan saja sepatu lama agar kaki mudah beradaptasi.

Jangan lupa untuk berlatih memasang segala perlengkapan/peralatan yang digunakan saat melakukan pendakian.

 

Waktu Terbaik Mendaki Kilimanjaro

Waktu terbaik untuk mendaki puncak Kilimanjaro adalah antara bulan Januari-Maret dan Juni-Oktober. Januari-Juni dianggap waktu terbaik karena kamu bisa menyaksikan salju di puncak gunung.

Sedangkan Juni-Oktober, di Kilimanjaro sedang musim panas. Ini waktu yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti trakking, dll.

Bagaimana? Kamu siap menaklukkan ganasnya puncak gunung Kilimanjaro? Tidak usah berkecil hati, karena ada banyak pemandu yang menawarkan jasanya untuk membantu kamu.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!