Bagi masyarakat Muslim dunia, Mekkah atau Makkah adalah kota suci yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup. Kota ini sangat penting karena digunakan sebagai tempat Haji dan Umrah.

Selain untuk ritual keagamaan, kota yang setiap tahun dikunjungi jutaan orang ini juga digunakan sebagai destinasi wisata. Beragam tempat wisata di Mekkah bisa dikunjungi mulai dari wisata religi, sejarah, alam, dan belanja.

Kalau kamu dalam waktu dekat berniat akan melakukan perjalanan wisata ke Mekkah, berikut beberapa rekomendasi tempat wisatanya.

Wisata Religi

Mengunjungi tempat wisata di Mekkah yang berfokus pada religi atau ibadah tidak sulit. Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk keperluan ibadah atau sekadar menikmati kebesaran Islam.

1. Masjidil Haram

Wisata di Mekkah

Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah salah satu tempat paling penting karena di sinilah semua ritual terkait dengan haji serta umrah dilakukan. Setiap tahunnya jutaan orang datang ke sini untuk melakukan tawaf atau mengelilingi ka’bah dan juga melakukan salat.

Masjid terbesar di Mekkah ini tidak pernah sepi jemaah setiap harinya. Dari pagi sampai kembali pagi semua orang berkumpul untuk melakukan ibadah dan menyempurnakan keislamannya.

Lokasi: Al Haram, Mekkah 24231, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

2. Mina

Wisata di Mekkah

Mina

Minna adalah kawasan gurun yang berada 5 kilometer dari pusat kota. Tempat wisata di Mekkah ini dikenal sebagai kota tenda karena saat musim haji ada jutaan tenda didirikan. Tenda ini memiliki warna putih dan di dalamnya sudah ada fasilitas AC dan tempat tidur.

Saat terbaik untuk menikmati Mina adalah saat musim haji. Di luar musim haji, kawasan ini cenderung sepi meski berbagai fasilitas seperti rumah sakit dan restoran sudah dibangun dengan baik oleh pemerintah Arab Saudi.

Lokasi: Mina, Al Mashair, Mekkah 24248, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

3. Jabal Rahmah

Wisata di Mekkah

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah gunung kecil atau bukit di Arafat yang sangat bersejarah bagi muslim di seluruh dunia. Pasalnya di tempat inilah Adam dan Hawa bertemu setelah diturunkan ke bumi. Dari sini sejarah umat manusia dimulai.

Saat ini Jabal Rahmah digunakan sebagai tempat untuk berdoa. Setiap hari ada ribuan orang datang ke sini untuk berdoa agar dosanya diampuni. Kalau kamu ingin datang ke sini usahakan pagi atau sore agar tidak panas.

Lokasi: Al Mashair, Mekkah 24256, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

4. Jamarat

Wisata di Mekkah

Jamarat

Jamarat atau dikenal dengan Jumrah adalah tempat paling penting saat prosesi ibadah haji. Semua jemaah akan melakukan prosesi lempar jumrah atau batu ke tiga pilar yang saat ini sudah diubah menjadi tembok besar untuk alasan keamanan.

Prosesi lempar jumrah ini dilakukan sebagai simbol dari pengusiran setan atau iblis yang mengganggu manusia. Dengan begitu kehidupan manusia terutama untuk urusan ibadah tidak akan mengalami gangguan lagi.

Lokasi: Al Mashair, Mekkah 24244, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

5. Muzdalifah

Wisata di Mekkah

Muzdalifah

Muzdalifah adalah padang landai yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi jemaah haji dari pagi sampai sore hari. Selama seharian penuh mereka akan berdiam diri sembari memanjatkan doa dan berzikir.

Saat hari biasa tidak banyak jemaah yang datang ke sini. Umumnya jemaah umrah hanya lewat atau berhenti sejenak saja sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Lokasi: Al Mashair, Mekah 24246, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

Wisata Sejarah

Mekkah memiliki sejarah panjang dalam hal penyebaran Islam di masa lalu sampai sekarang. Berbagai situs sejarah terawat dengan baik dan bisa dikunjungi sampai sekarang, berikut rekomendasi wisata sejarah Mekkah dan Madinah.

1. Hijr Ismail

Wisata di Mekkah

Hijr Ismail

Hijr Ismail adalah bangunan yang berbentuk setengah lingkaran dan berada di dalam kawasan Masjidil Haram. Bangunan ini merupakan peninggalan bangsa Quraysh di masa lalu saat sedang merenovasi ka’bah.

Saat ini Hijr Ismail yang ukurannya satu pundak ini digunakan sebagai tempat berdoa. Menurut kepercayaan penduduk setempat, siapa saja yang berdoa di dalam kawasan setengah lingkaran, doanya akan mudah dikabulkan.

Lokasi: di dalam Kompleks Masjidil Haram, Al Haram, Mekkah 24231, Arab Saudi.

Jam operasional: 24 Jam.

2. Masjid Quba

Wisata di Mekkah

Masjid Quba

Masjid Quba merupakan salah satu tempat bersejarah di Arab Saudi yang penting dan sering dikunjungi jemaah dan wisatawan. Mengapa disebut masjid bersejarah? Karena tempat ibadah ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Saat melakukan hijrah, nabi membangun masjid ini untuk beribadah dan melakukan syiar agama. Saat ini Masjid Quba digunakan sebagai destinasi wisata religi dan sejarah sehingga ramai oleh jemaah yang ingin salat atau menikmati arsitek masjid.

Lokasi: Al Hijrah Rd, Al Khatim, 42318, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

3. Jannatul Baqi

Wisata di Mekkah

Jannatul Baqi

Jannatul Baqi merupakan makam bersejarah di Arab Saudi. Tempat ini dahulunya digunakan sebagai lokasi pemakaman keluarga dari Nabi Muhammad bernama Ibrahim. Selain itu para sahabat juga dimakamkan di sini.

Saat ini wujud dari Jannatul Baqi memang tidak mirip dengan makam. Ada padang luas yang di tengahnya banyak sekali burung liar. Wisatawan yang datang ke sini bisa memberi makan burung sambil jalan-jalan santai.

Lokasi: Al Haram, Medina 42311, Arab Saudi.

Jam operasional: 24 Jam.

4. Masjid Bilal bin Rabah

Wisata di Mekkah

Masjid Bilal bin Rabah

Masjid Bilal bin Rabah adalah masjid di Arab Saudi yang menjadi atraksi utama selain dua masjid utamanya. Masjid ini sangat istimewa karena didirikan oleh Bilal Bin Rabah. Dia adalah muazin pertama yang melafalkan azan di masa lalu.

Saat ini Masjid Bilal bin Rabah digunakan sebagai situs budaya oleh pemerintah Arab Saudi. Jemaah yang datang ke sini bisa berjalan-jalan sampai melakukan ibadah seperti salat wajib dan sunah.

Lokasi: Al Haram, Madinah 42311, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam.

5. Masjid Jawatha

Wisata di Mekkah

Masjid Jawatha

Masjid Jawatha menjadi sangat bersejarah bagi warga Arab dan muslim seluruh dunia lantaran pernah digunakan untuk menyimpan hajar aswad. Sebelumnya batu yang saat ini berada di ka’bah itu dicuri oleh kaum Qarmatians.

Setelah direbut kembali oleh umat Islam di masa lalu, hajar aswad tidak langsung dibawa ke Masjidil Haram. Batu itu disimpan dahulu di masjid ini selama kurang lebih 22 tahun.

Lokasi: Al Kulabiyah, Juatha 36353, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam.

6. Masjid Ji’ranah

Wisata di Mekkah

Masjid Ji’ranah

Masjid Ji’ranah juga merupakan tempat ibadah bersejarah karena ada jejak Nabi Muhammad di sana. Dahulu kala saat pasukan umat Islam memenangkan perang Hawazin, nabi dan rombongannya singgah untuk sementara di sini sebelum pulang.

Saat ini masjid yang berada 21 km sebelah timur laut dari Mekkah ini digunakan sebagai destinasi wisata sejarah. Selain mempelajari kisah masa lalu, kamu juga bisa beribadah seperti biasa di sini.

Lokasi: Mekkah, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam.

7. Perpustakaan Makkah Al-Mukarramah

Wisata di Mekkah

Perpustakaan Makkah Al-Mukarramah

Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah yang berada tidak begitu jauh dari Masjidil Haram adalah tempat bersejarah di Arab Saudi karena dahulunya digunakan sebagai tempat lahirnya Nabi Muhammad ke dunia.

Saat ini rumah asli dari nabi sudah tidak ada. Namun, direnovasi menjadi perpustakaan umum. Berbagai hal terkait dengan ilmu dan peradaban dari Islam tersedia lengkap di sini.

Lokasi: Al Masjid Al Haram Rd, Al Haram, Mekkah 24231, Arab Saudi

Jam operasional: 08.00-14.30 waktu setempat.

Wisata Alam

Wisata di Mekkah juga mencakup pesona alam meski kawasan ini lebih banyak memiliki gurun pasir. Kalau kamu penasaran apa saja wisata alam yang ada di sana? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jabal Tsur

Wisata di Mekkah

Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah bukit yang memiliki gua bersejarah di dalamnya. Secara umum kawasan ini memiliki pemandangan indah dan sangat layak diabadikan. Wisatawan bisa berfoto di beberapa tempat sampai puas.

Selain memiliki pemandangan yang indah, Jabal Tsur juga saksi kejadian hebat di masa lalu. Nabi Muhammad dan Abu Bakar pernah bersembunyi di salah satu gua di sini karena dikejar oleh kaum kafir yang ingin membunuhnya.

Lokasi: Al Hijrah, Mekkah Arab Saudi.

Jam operasional: Tidak ada jam operasional resmi.

2. Jabal Nur

Wisata di Mekkah

Jabal Nur

Kalau kamu suka sekali dengan petualangan dan tidak masalah kalau harus melakukan pendakian, lakukan perjalanan ke Jabal Nur atau Bukit Nur yang indah meski berbatu. Bukit ini sangat indah meski harus berhati-hati kalau ingin melakukan penjelajahan.

Selain menawarkan keindahan dan sensasi petualangan, ada satu lokasi bersejarah bagi Muslim. Jabal Nur memiliki Gua Hira yang digunakan sebagai tempat berlindung Nabi Muhammad sebelum mendapatkan wahyu berupa Al-quran untuk pertama kali.

Lokasi: Mekkah, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

3. Jabal Uhud

Wisata di Mekkah

Jabal Uhud

Jabal Uhud adalah kawasan gunung kecil dan lembah yang sangat indah. Itulah kenapa banyak sekali wisatawan yang kebetulan sedang umrah atau pasca haji datang ke sini. Meski secara umum cukup gersang fasilitas modern sudah diberikan oleh pemerintah Arab.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, di masa lalu Jabal Nur pernah digunakan sebagai tempat peperangan antara umat Islam dan kafir. Itulah kenapa lokasi ini juga cocok untuk destinasi wisata sejarah.

Lokasi: Madinah, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam

4. Kawah Al Wahba

Wisata di Mekkah

Kawah Al Wahba

Wisata di Mekkah memang jarang sekali berhubungan dengan alam. Meski demikian, ada tempat menarik yang bisa dikunjungi meski membutuhkan beberapa jam perjalanan. Tempat wisata itu adalah Kawah Al Wahba.

Destinasi di Mekkah ini mulai digaungkan oleh pemerintah setempat selain wisata religi. Kawah ini berada di tengah gurun dan cukup aktif. Konon kawah ini dulunya merupakan gunung yang meletus dan menyisakan kawahnya saja.

Lokasi: Wahba Crater Road, 27711, Arab Saudi.

Jam operasional: 24 Jam.

Wisata Belanja, Bermain, dan Kuliner

Saat melakukan perjalanan wisata ke mana saja tempatnya, belanja dan berburu kuliner adalah hal yang penting. Saat melakukan perjalanan wisata di Mekkah, tempat di bawah ini bisa kamu kunjungi.

1. Abraj Al Bait

Wisata di Mekkah

Abraj Al Bait

Abraj Al Bait merupakan tempat menarik di Mekkah karena memiliki menara sangat tinggi. Ada sekitar 120 lantai dan ketinggiannya 601 meter. Bangunan ini merupakan yang tertinggi di Mekkah sehingga dari puncak kamu bisa melihat Masjidil Haram dan seluruh kota.

Bangunan ini memiliki jam yang sangat besar, hotel, dan pusat perbelanjaan. Setelah kamu melakukan ibadah dan sholat di masjid, lakukan penelusuran di sini sambil berbelanja atau makan.

Lokasi: Al Hajlah, Abraj Al-bait Mall, Mekkah, Arab Saudi

Jam operasional: 10.00-23.00 waktu setempat.

2. Makkah Mall

Wisata di Mekkah

Makkah Mall

Makkah Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Mekkah. Kamu bisa melakukan banyak hal di sini mulai dari berbelanja aneka makanan khas negeri gurun pasir, berbelanja pakaian bermerek, sampai menikmati suasana serba modern.

Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari dan memang dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Apalagi setiap momen tertentu Mekkah akan dikunjungi jutaan orang dari seluruh dunia untuk ibadah haji atau umrah.

Lokasi: King Abdullah Rd, Al Jamiah, Mekkah 24246, Arab Saudi

Jam operasional: 10.00-23.00 waktu setempat.

3. Makkah Auction

Makkah Auction merupakan tempat wisata untuk melelang dan membeli barang berharga. Ada banyak barang berharga yang dilelang di sini salah satunya adalah perhiasan seperti aneka batu mulia yang harganya fantastis.

Setiap hari ada waktu-waktu tertentu untuk melakukan pelelangan. Kamu bisa melakukan lelang di sini atau membeli barang yang sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Lokasi: Mekkah, Arab Saudi.

Jam operasional: 10.00-22.00 waktu setempat.

4. Al Hokair Funland

Wisata di Mekkah

Al Hokair Funland

Al Hokair Funland merupakan theme park indoor yang cocok sekali untuk menghabiskan waktu selama di Mekkah. Lokasinya berada di pusat kota, luas, dan banyak sekali permainan menarik yang ada di dalamnya.

Meski secara umum tempat wisata ini dibuat untuk anak-anak, semua orang bisa datang dan menikmatinya. Apalagi udara di kawasan itu memang dikenal panas. Berada di ruangan yang dingin akan membuat pelesir semakin menyenangkan.

Lokasi: Eastern Ring Rd, Riyadh 13216, Arab Saudi

Jam operasional: 08.00-17.00  waktu setempat.

5. Red Sea Mall

Wisata di Mekkah

Red Sea Mall

Red Sea Mall berada di Jeddah, tidak begitu jauh dari Mekkah. Hal menarik dari destinasi wisata Arab Saudi ini adalah desainnya. Pusat perbelanjaan ini sangat megah dan memiliki air mancur besar, satu di dalam dan satu di luar.

Kamu bisa menikmati tempat ini dengan menikmati arsitektur, berbelanja banyak barang branded, sampai mencoba aneka kuliner lokal. Red Sea Mall selalu ramai setiap hari khususnya saat musim umrah dan haji.

Lokasi: Ash Shati, Jeddah 21146, Arab Saudi.

Jam operasional: 10.00-23.00 waktu setempat.

6. Al Kiswa Factory

Wisata di Mekkah

Al Kiswa Factory

Tempat ini merupakan pabrik dari kiswa yang merupakan kain dengan hiasan kaligrafi sangat indah. Kaligrafi dibuat secara manual dengan melakukan penyulaman memakai banyak benang. Hasilnya, karya seni kiswah yang menarik bisa dilahirkan.

Kamu bisa melihat berbagai proses pembuatan kiswa sampai membelinya sesuai dengan bujet.

Lokasi: Mekkah, Arab Saudi.

Jam operasional: 10.00-21.00 waktu setempat.

7. Gabel Street Souq

Wisata di Mekkah

Gabel Street Souq

Tempat wisata di Mekkah terakhir yang bisa dikunjungi saat berada di Tanah Suci adalah Gabel Street Souq. Tempat ini merupakan kawasan dengan berbagai pedagang kaki lima dan kuliner lokal. Kamu bisa berbelanja sambil menawar aneka barang khas Arab Saudi.

Lokasi: Mekkah, Arab Saudi

Jam operasional: 24 Jam.

 

Demikianlah ulasan tentang tempat wisata di Mekkah yang wajib dikunjungi oleh muslim Indonesia. Informasi lain terkait wisata dan tips pelesir dalam dan luar negeri bisa kamu simak di RCKTrip.com. Selamat merencanakan wisata ke Tanah Suci.