Dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara, nama Vietnam mungkin tidak termasuk salah satu yang populer sebagai tujuan wisata. Bagi penduduk dunia, nama negara Vietnam lebih sering didengar sebagai latar belakang dari film-film perang dunia. Padahal ketika Anda mau meluangkan waktu, ada banyak sekali pesona wisata yang bisa dinikmati. Baik itu panorama alam, peninggalan sejarah hingga kulinernya.

Beberapa tahun sebelumnya, banyak wisatawan beranggapan bahwa berwisata ke Vietnam bukanlah hal mudah. Namun belakangan, industri pariwisata di negara ini maju pesat. Penduduk lokal yang awalnya tidak begitu menaruh perhatian pada turis, mulai menunjukkan sambutan yang hangat. Ho Chi Minh City bahkan kini menjadi salah satu rumah pagi para digital nomads (para pekerja lepas dari berbagai belahan dunia yang memutuskan untuk menetap sementara di sebuah tempat).

Vietnam kini sudah menjelma menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia. Tidak sulit untuk mengetahui alasannya. UNESCO bahkan sudah menetapkan 8 dari destinasi wisata di Vietnam sebagai warisan budaya dunia. Selain itu beberapa lokasi seperti The Area of Old Carved Stode in Sapa, Ba Bể – Na Hang Natural Heritage Area hingga Cát Tiên National Park juga dinominasikan untuk segera menyusul masuk ke dalam daftar.

10 Lokasi Wisata Paling Populer dan Menarik di Vietnam

Di antara sekian banyak pesona yang dimiliki, negara Vietnam tetap memiliki destinasi populer dan menarik yang menjadi andalan. Apa saja?

  • Hanoi, Kota dengan Budaya yang Berusia Lebih dari Seribu Tahun

Negara Vietnam

Kota Hanoi

Bicara tentang Vietnam tentu tak akan lengkap jika tidak membahas Hanoi. Ibu kota negara ini merupakan tempat yang menarik dengan berbagai pesona yang dimilikinya. Distrik Hoan Kiem atau yang lebih dikenal dengan sebutan Old Quarter merupakan sebuah tempat di mana sisa-sisa sejarah Vietnam berada. Suasana ala Eropa Mediterania lebih terasa di sini. Danau-danau yang indah berpadu dengan arsitektur era kolonial Prancis menjadikan kota ini wajib untuk Anda kunjungi.

Selamat berabad-abad, Hanoi menjadi tempat di mana banyak monumen bersejarah dan bangunan dengan desain arsitektur cantik berada. Sebut saja Van Mieu – Quoc Tu Giam, Guom Lake, One Pillar Pagoda, Temple Ngoc Son, Hanoi Citadel, Ho Chi Minh Mausoleum, Bat Trang Pottery dan lain sebagainya.

  • Halong Bay, Destinasi  Memesona yang Menarik Banyak Pengunjung

Halong Bay merupakan salah satu dari situs warisan budaya dunia UNESCO dan termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Terbentuk oleh proses selama jutaan tahun oleh erosi angin dan air, landmark unik seluas 600 mil persegi ini dikelilingi hampir oleh 2.000 formasi karst batu kapur yang memukau. Ratusan kapal pesiar dengan ribuan wisatawan yang dibawanya telah menikmati keindahan teluk yang pada 2013 silam mendapat predikat sebagai salah satu garis pantai terindah di dunia dari The Huffington Post.

  • Menelusuri Keajaiban Sapa

Negara Vietnam

Sapa

Dari Hanoi atau dari Halong Bay, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Sapa. Kota dan provinsi yang berada di puncak gunung ini sangat populer di kalangan para penjelajah dan wisatawan yang ingin mencari tempat menenangkan. Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan magis ratusan hektar sawah yang seolah diukir di lereng bukit. Menciptakan mosaik tanaman hijau yang indah di sisi-sisi pegunungan.

Barisan gunung di sini termasuk puncak tertinggi di negara Vietnam, Gunung Fansipan adalah bagian dari ujung bawah Himalaya. Pada tahun 2009, pembaca majalah Travel & Leisure memilih sawah bertingkat di Sapa sebagai salah satu tempat dengan pemandangan paling spektakuler di dunia.

  • Mengagumi Keindahan Moc Chau yang Meneduhkan

Dataran tinggi Moc Chau yang luas dan indah adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi sepanjang tahun. Di wilayah ini, para turis dapat menemukan desa-desa paling indah di Vietnam. Lembah-lembah luas yang menakjubkan, perkebunan teh dan permukiman penduduk yang ada di lereng gunung berpadu dengan pemandangan beberapa air terjun yang mengalir. Bisa dibayangkan kenapa Moc Chau menjadi salah satu destinasi yang istimewa di Vietnam.

Selain panorama alam yang tak kalah menawan, Moc Chau juga memiliki beragam situs bersejarah, tarian hingga aneka hidangan serta keramahan para penduduknya. Begitu Anda melihat koleksi foto-foto tentang suasana di sana, Anda pasti ingin berkunjung setidaknya sekali seumur hidup.

  • Menjelajahi Son Doong, Gua Terbesar di Dunia

Negara Vietnam

Gua Son Doong

Di daerah Vietnam tengah, ada sebuah gua yang jaraknya dekat antara pantai dengan perbatasan Laos. Gua Son Doong, namanya. Pada tahun 2009 lalu, Son Doong diresmikan sebagai gua terbesar di dunia.  Gua ini awalnya ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang pria yang tersesat. Tapi karena angin yang kencang serta air yang mengalir deras ke gua, penduduk setempat yang percaya takhayul merasa ketakutan. Selama bertahun-tahun lamanya, keberadaan Son Doong dirahasiakan dari publik.

Setelah ditelusuri, gua ini ternyata ukurannya enam kali lebih besar dari gua terbesar sebelumnya di negara Vietnam. Salah satu ruang terbesarnya memiliki panjang 5 kilometer dengan tinggi 200 meter dan lebar 150 meter. Gua ini juga disebutkan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi sebelum mati oleh situs hiburan BuzzFeed.

  • Kota Kuno Hoi An, Keindahan dari Masa Lalu

Di pesisir pantai di negara ini, ada sebuah kota kuno bernama Hoi An yang juga tidak boleh Anda lewatkan dari daftar kunjungan. Sempat dinobatkan sebagai salah satu dari 10 kota terbaik di Asia, Hoi An juga masuk ke dalam daftar situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Kota yang masih terpelihara dengan baik ini merupakan salah satu contoh terbaik pelabuhan dagang di Asia.

Sempat menjadi pelabuhan laut terbesar di wilayah itu, pertumbuhan Kota Da Nang sempat membuat Hoi An menjelma menjadi kota hantu. Kondisi iklim yang kering di kawasan ini membuat Hoi An masih sama persis seperti ketika kota ini berdiri pertama kali 200 tahun yang lalu.

  • Pantai Cua Dai, Pantai Paling Unik di Vietnam Tengah

Negara Vietnam

Pantai Cua Dai

Tepat di luar kawasan Hoi An, Anda akan menemukan Pantai Cua Dai yang luar biasa. Pantai dengan pasir keemasan ini adalah daerah tujuan wisata terbesar masyarakat setempat. Garis pantai yang panjang diselingi dengan pondok-pondok jerami di pinggirnya menyajikan pesona wisata bahari yang akan memukau siapa saja.

Keberadaan resort di sekitar pantai ini merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh kawasan Cua Dai. Pada tahun 2013 lalu, Trip Advisor dan Celebrity Magazine menyebutkan nama Cua Dai sebagai salah satu dari 25 pantai terbaik yang ada di Benua Asia.

  •  Saigon yang Mampu Mendefinisikan Vietnam

Di sebelah selatan negara Vietnam, terdapat sebuah kota bernama Saigon yang memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur indah. Segala komponen yang ada di dalam kota membuat Saigon layak disebut sebagai intisari dari Vietnam. Anda bisa menemukan segala hal yang ingin Anda ketahui tentang Vietnam di sana. Berganti nama menjadi Ho Chi Minh, bagi sebagian orang nama Saigon justru memberikan romantisme tersendiri.

Ada lebih dari tujuh juta orang yang tinggal di kota modern dan berkembang ini. Bangunan kolonial peninggalan Prancis, arsitektur Asia kuno dan menara kaca modern yang luar biasa menjadi panorama utama yang mendominasi kota. Jalan-jalan yang luas dengan pohon-pohon yang berjejer di kanan dan kirinya menjadikan Saigon kota yang berbeda dari kota-kota lain yang ada di Asia.

  • Terowongan Cu Chi, Tempat yang Mencatat Kegemilangan Sejarah Saigon

Negara Vietnam

Terowongan Cu Chi

Tak jauh dari pusat kota Saigon, ada sebuah terowongan bernama Cu Chi yang populer di kalangan para turis. Lorong di bawah tanah dengan panjang lebih dari 200 mil ini dimanfaatkan dengan baik oleh Vietcong di masa peperangan. Terowongan ini menjadi tempat tinggal tentara Vietcong selama berbulan-bulan. Sisa-sisa sejarah itu masih bisa Anda saksikan jika berkunjung ke Vietnam sekarang.

  • Phu Quoc, Surganya Para Wisatawan

Di pesisir pantai yang berbatasan dengan Kamboja, ada sebuah pulau dengan pemandangan luar biasa bernama Phu Quoc. Di kawasan inilah pantai Bai Dai yang memesona mendapatkan reputasinya sebagai salah satu dari 100 pantai terbaik di dunia versi CNN. Pasir putih membentang dengan air yang jernih merupakan magnet bagi para pencinta wisata bahari dari berbagai belahan dunia. Keberadaan bandara di pulau ini membuat siapapun bisa langsung datang dan mencoba pengalaman snorkeling dan scuba diving yang tak terlupakan di sini.

7 Kuliner Terbaik di Vietnam yang Wajib Anda Coba

Selain mengunjungi destinasi wisata yang populer, berkunjung ke negara Vietnam tidak akan lengkap tanpa mencicipi beragam kulinernya. Makanan Vietnam terkenal dengan bumbunya yang kaya, berkat perpaduan rempah-rempah dengan sayuran hijau. Dipasangkan dengan nasi, mi, makanan laut dan daging, ada banyak menu selain Vietnam Spring Roll yang bisa Anda coba di sini. Berikut 7 rekomendasi terbaik untuk Anda!

  • Pho

Negara Vietnam

Pho

Pho bisa dibilang merupakan santapan nasional di Vietnam. Terdiri dari mi beras yang disiram dengan kuah kaldu ditambah dengan sayuran dan nuoc cham (ikan yang difermentasi), pho bisa ditemukan hampir di semua sudut negara. Versi paling umum dari pho adalah mangkok berisi daging sapi, bakso, tauge, irisan jeruk nipis dan aneka bumu segar seperti basil, daun mint, cilantro hingga bawang yang ditaburkan di atasnya. Pho bisa Anda temukan di mana saja mulai dari restoran hingga warung pinggir jalan.

  • Banh Mi

Banh Mi merupakan camilan mirip sandwich yang terinspirasi dari hidangan Prancis. Menu satu ini banyak dijual di pinggir jalan dan cocok untuk Anda yang tidak punya waktu banyak untuk makan berat. Banh mi terdiri dari roti baguette panggang, acar sayuran, mentega, ketumbar dan cabai. Beberapa penjual banh mi biasanya juga menawarkan tambahan daging, telur goreng, ikan goreng, babi panggang dan ayam rebus jika Anda mau.

  • Banh Xeo

Negara Vietnam

Banh Xeo

Mirip dengan crepe atau pancake, banh xeo merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, santan dan kunyit yang diberi beragam isian berupa mi sohun, ayam, irisan daging babi atau sapi, udang, irisan bawang bombay, kacang-kacangan dan jamur. Makanan satu ini banyak dijual di pinggir jalan dan pasar tapi Anda juga bisa menemukannya di restoran.

Seporsi banh xeo biasanya disajikan dengan selada segar atau rice paper (kertas beras yang biasa digunakan untuk membungkus spring roll). Anda bisa bereksperimen menikmati banh xeo seperti cara penduduk setempat menyantapnya yakni dengan membungkus banh xeo dengan daun selada atau rice paper bersama dengan nem lui (sate babi sereh), daun mint dan kemangi sebelum mencelupkannya ke dalam saus kacang fermentasi.

  • Mi Quang

Mi quang memang bisa ditemukan hampir di semua restoran di Vietnam, tapi sebenarnya menu ini aslinya berasal dari kawasan Da Nang. Berbahan baku mi beras, hidangan ini merupakan campuran kaldu tulang yang dibumbui dengan saus ikan, lada hitam, bawang merah dan daging. Seperti kebanyakan menu khas Vietnam mi quang dilengkapi dengan berbagai  bumbu khas setempat seperti kemangi, kacang tanah, ketumbar, selada, irisan bunga pisang dan kerupuk nasi wijen.

  • Bun Thit Nuong

Negara Vietnam

Bun Thit Nuong

Bun thit nuong merupakan hidangan yang terdiri dari mi sohun tipis, selada cincang, irisan mentimun, tauge, acar lobak, kemangi, kacang cincang dengan irisan babi panggang di atasnya. Tidak seperti kebanyakan hidangan berbahan mi di Vietnam, menu satu ini tidak menggunakan sup atau kaldu melainkan saus nuoc cham (fermentasi ikan) yang diletakkan di sisi piring. Walaupun menyantap bun thit nuong saja sudah cukup mengenyangkan, Anda masih bisa mencoba variasi lain seperti bun thit nuong cha gio atau yang dikenal dengan sebutan lumpia goreng Vietnam.

  • Com Tam

Com tam jika diterjemahkan secara bahasa artinya adalah ‘nasi hancur’ dalam bahasa Vietnam.  Menu ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan telur goreng, bawang yang dipotong dan berbagai jenis daging. Meskipun menu ini banyak dipilih untuk makan siang, Anda dapat menikmatinya kapan saja karena harganya yang relatif murah. Penjualnya pun dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan.

Setiap penjual biasanya menawarkan pilihan topping yang beragam termasuk daging babi panggang, kulit babi parut, babi kukus atau telur. Com tam juga biasa disajikan bersama acar sayuran, irisan mentimun dan saus nuoc cham khas Vietnam.

  • Banh Cuon

Negara Vietnam

Banh Cuon

Dikenal juga dengan sebutan kue gulung, banh cuon sangat cocok disantap sembari menemani waktu jalan-jalan Anda menyusuri Vietnam. Kombinasi daging giling (ayam, udang atau babi), jamur kuping kayu yang dicincang, bawang dan ham Vietnam, secara keseluruhan menu satu ini memiliki rasa ringan dan gurih. Campuran lain berupa kacang polong dan mentimun biasa ditambahkan untuk memberikan rasa segar.

Banh cuon termasuk menu yang populer di kalangan wisatawan. Tak heran jika Anda dapat dengan mudah menemukan penjualnya di pinggir jalan baik dekat dengan tempat wisata atau di kawasan yang terkenal dengan hiburan malamnya.

Selain ketujuh menu di atas, Vietnam masih punya banyak pilihan kuliner yang bisa dicicipi saat Anda berlibur ke sini. Semuanya menawarkan cita rasa khas yang pasti tidak akan bisa Anda temukan di tempat lain.

Dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia atau Singapura, nama Vietnam memang belum begitu bergaung sebagai tujuan wisata. Tapi dengan berbagai pesona yang dimilikinya, negara Vietnam siap menyambut Anda dengan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Butuh informasi lengkap lainnya seputar traveling dan kuliner? Dapatkan semuanya hanya di RCK Trip.