Ketika berlibur ke Turki, salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Kota Konya. Hal ini karena, Konya memiliki banyak tempat menarik yang pastinya sarat akan sejarah. Salah satunya adalah Mevlana Museum, yang menjadi tempat peristirahatan terakhir sang guru sufi.

Di tempat tersebut, kamu dapat melakukan ziarah ke makam Jalaluddin Rumi, salah satu filsuf muslim yang terkenal. Hingga kini, ajaran filosofinya tentang rasa cinta kepada Tuhan masih banyak dianut oleh banyak muslim. Bukan hanya muslim Turki saja, namun juga muslim di seluruh dunia. 

Keindahan Arsitektur Mevlana Museum

Arsitektur Mevlana Museum Sangat Menarik

RCK Lovers, selain untuk melakukan ziarah, perlu kamu tahu jika tujuan utama para wisatawan berkunjung ke museum ini adalah untuk menikmati arsitekturnya yang indah. Itu kenapa museum Mevlana menjadi salah satu tempat wisata di Konya Turki yang menjadi favorit para wisatawan. 

Pada saat menginjakkan kaki di tempat ini, kamu akan segera melihat banyak kubah berbentuk bulat. Sebuah bangunan kerucut dengan warna turquoise juga akan langsung mencuri perhatian kamu. Sebelum masuk, kamu bisa melihat kolam yang airnya dapat kamu minum dan kamu pakai untuk berwudhu. 

Desain interior Museum Mevlana Rumi pun tidak kalah menarik untuk kamu nikmati. Terlebih, bagi kamu penikmat gaya arsitektur khas Turki. 

Aktivitas Menarik di Mevlana Museum

Berbagai Hal Dapat Dilakukan di Mevlana Museum

Pastinya, aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah berziarah ke makam Jalaluddin Rumi dan para muridnya. Hanya saja, di samping itu kamu pun bisa belajar tentang sejarah sufi di Turki. Hal ini karena, semua hal yang berkaitan dengan ajaran sufi memang berasal dari sini. 

Pada saat memasuki museum, kamu akan melihat banyak barang peninggalan Kesultanan Utsmaniyah. Di samping itu, kamu pun dapat melihat barang pribadi milik Rumi, seperti pakaian, alat musik, dan lain sebagainya. Bahkan, di sini kamu juga bisa melihat potongan rambut Nabi Muhammad Saw. 

Lalu, di sekitar museum, kamu pun dapat menikmati indahnya kebun mawar. Itu kenapa waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Mevlana Museum adalah di musim semi. Jadi, selain melakukan wisata religi, kamu pun bisa menikmati indahnya mawar yang sedang mekar dan bersemi di tempat ini. Untuk informasi lebih lengkap mengenai berbagai tempat wisata, silakan kunjungi RCKTrip.