Apakah RCK Lovers pernah menonton film Disney berjudul Tangled? Kastil yang terdapat di film Tangled ternyata terinspirasi dari bentuk kastil yang ada di pulau indah, Mont Saint Michel.

Bagi RCK Lovers yang penasaran pulau Mont Saint Michel itu seperti apa? Berikut ulasannya.

 

Mengapa Mont Saint Michel Disebut Pulau Pasang Surut?

Pada dasarnya, Mont Saint Michel merupakan sebuah biara. Namun, biara tersebut memiliki banyak keunikan. Salah satu keunikan biara ini adalah lokasi biara yang hanya bisa kamu kunjungi saat air laut sedang surut. Ketika air pasang, biara tampak seperti mengapung tanpa ada akses jalan untuk menuju ke lokasi tersebut.

Awalnya, ada jembatan alami yang menghubungkannya. Namun, saat air pasang, jembatan ini turut tergenang air. Oleh karena itu, Mont Saint Michel juga disebut pulau pasang surut atau tidal island.

 

Sejarah Mont Saint Michel

 

Mont Saint Michel sejak awal sudah digunakan sebagai sebuah biara di atas pulau karang. Letak pulaunya ada di Normandia, tepatnya di pesisir utara Perancis yang berjarak sekitar satu kilometer.

Pada tahun 1979, biara ini resmi menjadi situs warisan budaya UNESCO.

Konon, awal mulanya biara ini didirikan karena Malaikat Michael mendatangi mimpi Aubert, seorang Uskup Avranches sebanyak tiga kali dalam waktu yang berlainan. Hal ini, terjadi pada tahun 708.

Berkat mimpi-mimpi ini, akhirnya Saint Aubert membangun abbey atau biara dengan nama ‘Mont-Tombe’.

Namun, menurut Atlas Obscura, cerita ini hanyalah karangan demi mendapatkan popularitas di antara wisatawan. Meski begitu, pesona bangunannya sangat menakjubkan.

Dengan gaya arsitektur khas abad pertengahan dan desa yang mengelilinginya membuatnya makin menarik.

Sebelum benar-benar mengunjungi biara, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar desa. Ada restoran masakan tradisional Perancis, The Mere Poulard dan toko oleh-oleh.

Kemudian, pembangunan jembatan penghubung antara desa dan biara selesai pada tahun 1879. Adanya jembatan ini memudahkan peziarah atau umat yang ingin beribadah.

Awalnya, bangunan ini hanya berfungsi sebagai biara. Namun, pada tahun 1789-1799, bangunannya beralih fungsi sebagai penjara. Setelahnya, pada tahun 1922 kembali lagi menjadi biara.

 

Tips Mengunjungi Mont Saint Michel

Untuk mengunjungi Mont Saint Michel Perancis kamu harus mempersiapkan stamina yang prima. Lokasi ini bisa kamu kunjungi dalam setengah hari, namun akan lebih baik jika kamu menginap untuk menyiapkan diri sebelum menuju ke area biara.

Saat akan berkunjung ke area biara, pastikan kamu menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, karena kamu harus melalui banyak anak tangga sebelum sampai ke area biara. Akan lebih baik jika kamu juga membawa bekal minuman supaya perjalananmu terasa lebih ringan.

Bagi kamu yang menggunakan moda transportasi mobil, kamu bisa memarkirkan mobil di satu-satunya area parkir di sana. Tempat parkir ini berjarak 3.5 kilometer dari gerbang masuk. Dari area parkir ke gerbang masuk, sudah tersedia bus gratis.

Tiba di halte, kamu perlu berjalan sekitar 200 meter menuju gerbang utama. Selanjutnya, kamu akan merasakan suasana kota khas abad pertengahan. Jalanannya pun masih berupa batu yang identik dengan kota tua.

Jadi, untuk mengunjungi Mont Saint Michel, kamu membutuhkan stamina yang bagus dan menunggu air surut. Perjuanganmu untuk menuju kesana dijamin akan terbayar setelah kamu melihat pemandangan indah di lokasi tersebut.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!