Tidak semua orang senang mengunjungi museum. Namun, bila kamu traveling ke Netherland, ada sebuah museum kota yang layak untuk RCK Lovers. Museum Stedelijk namanya. Apa saja yang menarik dari museum ini?

Koleksi Barang Seni dari Berbagai Aliran

Museum ini merupakan museum kota Amsterdam. Museum ini dirancang oleh Adriaan Willem Weissman dan dibangun di abad ke 19. Namun sayap pada pintu masuk yang sekarang dirancang oleh Benthem Crouwel Architects pada abad ke 21.

Ada yang unik dari desain terakhir gedung ini. Setelah 8 tahun mengalami renovasi, gedung Stedelijk diresmikan kembali oleh Ratu Beatrix di September 2012 yang memiliki bentuk seperti bathtub yang besar.

Museum ini terkenal dengan aliran Modern Art dan Contemporary Art. Mulai aktif menerima koleksi pada tahun 1930 yaitu berupa buku-buku. Selanjutnya koleksi barang seni di Stedelijk bertambah menjadi furniture, kaca, porselen dan tembikar yang merupakan seni terapan.

Sekarang koleksi seni di Stedelijk adalah lukisan, patung, cetakan dan gambar, poster dan photography, desain grafis, buku seni, gambar bergerak dan suara. Dan sejak November 2009, museum ini mulai membuat proyek mendigitalisasi arsip sejarah mulai tahun 1895 hingga 1980.

Dengan berkunjung ke museum ini, kamu bisa mempelajari perkembangan seni dan melihat karya seni dari seniman ternama. Lalu bagaimana cara agar sampai ke museum ini?

Beberapa Cara untuk Tiba di Museum Stedelijk

Beberapa Cara untuk Tiba di Museum Stedelijk

Sumber :

https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/production-static-stedelijk/images/_bezoek/museumshop/scaled/1024/winkel-jasiek.jpg

Jika kamu sedang berada di Amsterdam dan ingin ke museum ini, kamu bisa mengendarai mobil sendiri, naik trem atau berjalan kaki.

Jika kamu membawa mobil sendiri, kamu harus parkir di area sekitar museum dengan biaya sekitar 4 Euro hingga 5 Euro per jam.

Sementara apabila RCK Lovers memilih naik trem dari Central Stations, maka pilihlah nomor 2 dan 5 yang berhenti di Van Baerlestraat. Sedangkan trem nomor 3, 12, 16,  dan 24 akan berhenti di Museumplein.

Bila kamu ingin mencoba naik bus, cobalah lini bus 145, 170, dan 172 yang akan berhenti di Museumplein. Sedangkan jika kamu berjalan kaki, kamu bisa melakukannya dari Leidseplein menuju Vondelpark.

Bagaimana RCK Lovers? Seru juga ya jalan-jalan ke museum Stedelijk yang memiliki bentuk yang unik dengan koleksi seninya yang modern dan kontemporer? Tempat ini rekomendasi sekali buat kamu yang sedang berada di kota Amsterdam.