Museum Vasa adalah sebuah museum maritim di Stockholm, Swedia, yang menampilkan satu-satunya kapal abad ke-17 yang hampir utuh yang pernah diselamatkan. Museum adalah destinasi favorit bagi keluarga dan penyuka sejarah dan kapal, tentunya!

Seperti apa sejarahnya? Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan oleh para RCK Lovers di sini?

Sejarah Museum Vasa

Sejarah Museum Vasa

Tempat wisata ini bermula pada saat kapal perang Vasa yang tenggelam pada pelayaran perdananya pada tahun 16281. Lalu, 333 tahun kemudian Kapal Vasa diangkat dari dasar laut untuk kemudian direstorasi dan menjadi museum. Tahun 1990 adalah awal museum ini dibuka untuk umum.

Museum ini merupakan salah satu museum paling banyak dikunjungi di Skandinavia dan menawarkan pengalaman yang menarik dan edukatif bagi para pengunjung dari segala usia.

Museum ini adalah tempat yang wajib RCK Lovers kunjungi yang tertarik dengan sejarah maritim, seni, budaya, atau sekadar ingin melihat sesuatu peninggalan bersejarah yang luar biasa.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Lokasi Wisata

Kapal Vasa

Museum Vasa memiliki banyak hal yang menarik untuk wisatawan lakukan, beberapa di antaranya adalah:

1. Mengagumi Kemegahan Kapan

Dengan ukiran-ukiran kayu yang rumit dan berwarna-warni, serta meriam-meriam yang mengesankan, pengalaman berkunjung tak akan terlupakan. Kapal ini memiliki panjang 69 meter, lebar 11,7 meter, tinggi 52,5 meter, dan berat 1.200 ton. Kapal ini juga memiliki 64 meriam dan dapat mengangkut hingga 450 orang.

2. Menonton Film Sejarah

Pengunjung dapat menonton film sejarah kapal, mulai dari pertama kali dibangun, tenggelam, hingga terselamatkan. Film ini hadir setiap hari di museum dalam berbagai bahasa.

3. Mengikuti Tur Bersama Pemandu Museum

Tak ingin repot belajar dan menjelajah sendiri? Jangan khawatir, kamu bisa menemukan pemandu di museum yang akan memberikan tur. Tersedia tur setiap hari dan dalam beberapa bahasa. Menariknya, layanan ini gratis untuk pengunjung.

4. Mengunjungi Pameran

Pameran di museum menampilkan benda-benda bersejarah dari dalam kapal, seperti pakaian, senjata, alat musik, perhiasan, dan lain-lain. Pameran-pameran ini juga menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari, budaya, politik, agama, dan teknologi pada abad ke-17.

5. Menikmati Hidangan Lezat dan Pemandangan 

Pengunjung juga dapat menikmati sajian hidangan yang terbuat dari bahan-bahan Swedia yang berkualitas. Uniknya, tersedia menu untuk dewasa dan anak-anak. Sementara pemandangan laut yang indah di sekitar museum akan semakin membuat RCK Lovers betah berlama-lama di sini.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Kapal Vasa

Jam buka Museum Vasa buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 17.00, kecuali hari Rabu yang buka hingga pukul 20.00.

Sedangkan tiket Museum Vasa untuk dewasa adalah 170 SEK (sekitar Rp260.000), sementara untuk anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun gratis. Tiket tersedia di pintu masuk atau online.

Ada juga tiket kombinasi seharga 290 SEK (sekitar Rp440.000) yang berlaku untuk mengunjungi Museum Vasa dan Museum Vrak, yaitu museum saudara dari Museum Vasa yang berlokasi dekat dengan Museum Vasa di pulau Djurgården.

Museum ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dan akan menginspirasi pengunjung untuk mengenal lebih jauh tentang kapal Vasa dan zaman tempat ia berasal. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Museum Vasa jika RCK Lovers berada di Stockholm ya!