National Gallery of Victoria atau NGV merupakan museum seni publik tertua dan terkemuka di Australia. Museum ini menyelenggarakan pameran blockbuster dan menjadi salah satu museum dengan koleksi seni terbaik di dunia. Didirikan pada tahun 1861, museum ini bisa kamu kunjungi di Melbourne Australia.

Ada banyak sekali koleksi yang ada di NGV Australia, seperti Mesir Kuno, Yunani, Roma, dan periode sebelum Columbus. Jumlah koleksi yang ada di museum ini mencapai 70.000 cetakan dan gambar internasional.

Lokasi National Gallery of Victoria

Galeri Nasional Victoria ini sebenarnya memiliki beberapa lokasi. Berikut beberapa tempatnya.

1. St Kilda Road: NGV International

NGV Internasional

Kalau kamu ingin melihat koleksi seni Eropa, Asia, Oseanik, dan Amerika, NGV Internasional adalah tempatnya. Di sini terdapat ruang pameran dan juga ruang seni di lantai 3.

Selain itu, di NGV International kamu bisa melihat taman patung yang menampung instalasi skala besar tahunan melalui Komisi Arsitektur NGV.

2. Ian Potter Centre: NGV Australia

 

NGV Australia

Selain karya seni Asia dan Amerika, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari Australia lebih dalam, museum yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Lokasi berikutnya adalah Ian Potter Centre di Federation Square. Art museum di sini menampilkan koleksi NGV Australia permanen dengan sejarah kronologi seni Australia dan pilihan 25.000 karya.

NGV Australia ini memang berfokus pada seni pribumi Australia dan pameran-pameran yang berkaitan dengan seni dan sejarah Australia.

3. The Fox: NGV Contemporary

 

NGV Contemporary

Selain dua lokasi di atas, ada pula lokasi baru yang diumumkan pada tahun 2018, museum ini merupakan galeri seni kontemporer yang berada di belakang pusat seni dan NGV Internasional.

Galeri ini memiliki ruang pameran dengan luas 13.000 meter persegi dan akan dibuka pada tahun 2028 sebagai galeri kontemporer terbesar di Australia.

Tiket Masuk

Untuk mengunjungi NGV sebenarnya tidak dikenakan biaya. Tapi kamu bisa saja diharuskan mengeluarkan uang apabila terdapat pameran khusus yang sedang berlangsung.

Kemudian, jam operasional NGV adalah sejak pukul 10 pagi sampai 5 sore. Kamu bisa melihat koleksi NGV sebanyak 70.000 karya seni yang membentang ribuan tahun dari seni peradaban kuno sampai seni kontemporer.

Yuk kunjungi National Gallery of Victoria untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu, periode, gaya, dan inspirasi yang berbeda melalui karya seni.