Natura Artis Magistra atau yang biasa dikenal dengan nama pendeknya, Artis adalah bahasa Latin untuk “Alam adalah guru seni dan sains”.

Artis ialah sebuah kebun binatang yang terletak di pusat kota Amsterdam. Merupakan kebun binatang tertua di Belanda dan juga salah satu kebun binatang tertua di daratan Eropa. 

Wisata di Natura Artis Magistra bukan hanya kebun binatang saja, tetapi juga memiliki akuarium, planetarium, museum seni, hingga museum mikroba pertama di dunia!

Artis memiliki 27 bangunan, yang sebagian besarnya digunakan sebagai kandang hewan, hal ini juga menjadikan Artis sebagai warisan budaya unik dari abad ke-19.

Sejarah Natura Artis Magistra

 

wisata di Natura Artis Magistra

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1838 oleh Gerard Westerman, J.W.H. Werlemann dan J.J. Wijsmuller. Awalnya tempat ini hanya terbuka untuk anggota saja. 

Namun pada September tahun 1851 kebun binatang ini akhirnya dibuka untuk umum selama sebulan. Barulah pada tahun 1920 tempat ini dibuka sepanjang tahun untuk umum, dan khusus untuk bulan September menjadi bulan khusus diskon.

Planetarium Artis yang Keren di Natura Artis Magistra

 

Planetarium Artis

Salah satu tujuan wisata yang banyak peminatnya ketika berkunjung ke Artis ialah planetariumnya.

Tempat ini menyediakan berbagai informasi yang cukup lengkap mengenai sejarah tata surya dan profil dari planet-planet di sekitar bumi.

Ada dua tema berbeda pada setiap minggunya yang dapat kamu nikmati.

1. Spacetrip

Spacetrip akan menjelaskan perjalanan melalui luar angkasa, planet, bulan, bintang, matahari dan benda-benda langit lainnya. 

Tema ini juga akan membahas kemungkinan apa yang akan kamu temui jika berhasil menembus hingga ujung luar angkasa.

Spacetrip hanya tersedia di hari Sabtu dan Minggu saja.

2. Habitat Bumi

Tema yang kedua ini akan secara khusus membahas tentang kehidupan di bumi, mulai dari kehidupan hutan besar yang bergantung pada jamur yang kecil, hingga bahasan mengenai kehidupan lautan yang misterius.

Tema habitat bumi akan rutin terjadwal setiap hari Senin hingga Jumat di Artis Planetarium.

Jika kamu mengunjungi Natura Artis Magistra dan ingin menikmati suguhan spektakuler planetariumnya, pastikan cek jadwalnya terlebih dahulu, ya!