Selain paspor, ada dokumen lain yang harus kamu penuhi untuk bisa berwisata ke luar negeri. Kebanyakan negara di Eropa mewajibkan para wisatawan untuk mengurus VISA terlebih dahulu. Namun, ada juga beberapa negara Eropa bebas visa untuk paspor Indonesia lho!

Apa saja sih daftar negara bebas visa untuk Indonesia 2021? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1.      Belarus

Menara Minsk – Belarus

Kamu ingin liburan bebas VISA? Negara Belarus termasuk dalam daftar negara di Eropa yang bebas VISA bagi WNI.

Masa aktif VISA kamu adalah 30 hari. Jadi, kamu bisa tinggal bebas di Belarus dalam jangka waktu tersebut, Rck Lovers!

Pastikan bahwa kamu masuk ke negara ini melalui bandara Internasional Minsk, ya. Jika kamu masuk melalui bandara lain, kamu tidak bisa masuk ke negara ini tanpa VISA.

Jangan lupa sediakan uang masuk ke negara sekitar Rp 390.000,00 per hari. Selain itu kamu juga perlu menyediakan asuransi kesehatan.

Negara Belarus terkenal dengan wisata danaunya. Danau yang terkenal di negara ini adalah Braslav. Ada 11.000 danau sebagai objek wisata saat berkunjung ke negara ini.

Terdapat pula bangunan, dan museum yang mengagumkan seperti Brest Fortress, Radziwill Castle, Belarusian Great dan Mir Castle.

2.      Serbia

Hutan Vinatovaca – Serbia

Sama seperti Belarus, negara Serbia menjadi negara Eropa bebas visa untuk paspor Indonesia. Kamu bisa bebas VISA dalam 30 hari, Rck Lovers!

Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat wisata alam dengan puas dalam jangka waktu tersebut.

Terdapat hutan Vinatovaca yang menjadi satu-satunya hutan yang berada di negara Serbia. Hutan yang terletak di gunung Kujac ini menjadi hutan lindung dan tak ada satupun pohonnya ditebang.

3.      Andorra

Andorra mengizinkan WNI bebas mengunjungi negara ini tanpa VISA selama 9 hari, lho! Hanya saja, kamu harus tetap mengurus VISA Schegen untuk bisa mengakses negara Spanyol dan Perancis. Mengapa begitu?

Negara ini berada di tengah-tengah negara Spanyol dan Perancis. Tidak ada pesawat langsung dari Indonesia ke Andorra. Oleh karena itu, kamu perlu melewati kedua negara ini terlebih dahulu.

4.      Turki

Rekomendasi ini hanya untuk kamu yang memiliki paspor diplomatik atau dinas. Kamu dapat menikmati Turki selama 30 hari tanpa VISA. Jangan lupa nikmati naik balon udara di Cappadocia, ya!

Di masa pandemi sekarang, negara ini tidak mewajibkan kamu untuk tes PCR dan karantina, lho! Tertarik dengan berwisata ke negara ini?

Penutup

Belarus, Serbia, Andorra, dan Turki menjadi negara Eropa bebas visa dalam 30 hari. Kamu dapat mengunjungi negara ini dengan puas tanpa repot membuat VISA.

Apakah Rck Lovers tertarik mengunjungi tempat wisata negara Eropa bebas VISA untuk WNI tersebut? Intip cerita travelling lainnya di sini.

 

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!