Bukan rahasia umum lagi jika Bandung disebut sebagai Paris Van Java. Bandung memang menyimpan banyak cerita unik. Tidak hanya dari panorama alamnya saja yang menarik tetapi jejak sejarahnya di masa lalu.

Khususnya ketika masa Hindia Belanda berlangsung beberapa abad lalu. Keistimewaan kota Bandung ini membuatnya sempat menjadi ibukota negara. Lalu apa alasan dibalik sebutan Paris Van Java Bandung ini ? simak jawabannya berikut ini!

Pusat Mode

Paris Van Java Bandung

Tak hanya dulu sekarang pun Bandung masih menjadi pusat mode di tanah air. Bandung mendapatkan julukan kota Paris karena di kota ini terdapat toko yang menawarkan pakaian kekinian.

Pada era 1900 ada sebuah toko bernama Aud yang letaknya di Jln. Braga. Pada 1913 toko ini berganti nama menjadi Au Bon Marche Modemagazijn yang merupakan bahasa Perancis. 

Pendirinya adalah A. Makingga yang merupakan pebisnis sukses di bidang mode. Busana terbaru pun terpajang setiap minggunya. Tokonya semakin terkenal saat masuk ke majalah dan menawarkan pakaian berbahan sutra dan motif bunga.

Pada iklan tersebut juga menggunakan bahasa belanda yang menyajikan pakaian berbahan kelas atas. Jln. Bragapun menjadi pusat gaya fashion kala itu karena banyaknya pembeli di toko tersebut.

Rujukan Kuliner Paris

Paris Van Java restaurant

Salah satu alasan lokasi ini begitu digemari adalah adanya Paris Van Java restaurant. Ada sebuah restoran bernama Paris Maison Bogerijen yang menyuguhkan makanan khas Paris.

Pembelinya kebanyakan bukan kalangan biasa melainkan pejabat dan penguasa Hindia Belanda. Tak heran bila Bandung semakin terkenal di kalangan orang Eropa setelahnya.

Arsitektur Art Deco

 

Keistimewaan kota Bandung

Tak hanya menyajikan makanan khas Eropa saja namun arsitektur di tempat ini kebanyakan menggunakan konsep art deco. Gedungnya sangat mirip dengan bangunan yang ada di Paris.

Misalnya saja pada Hotel Preanger hingga hotel Savoy Homan. Orang Belanda kala itu merasakan berada di Paris saat mengunjungi Bandung. Lalu sebutan tersebut mulai diturunkan secara turun temurun.

Nama Paris Van Java bisa terkenal hingga saat ini karena sejarahnya di masa lampau. Sebutan ini populer di kalangan Hindia Belanda karena arsitektur dan pusat mode di tanah air. Simak sejarah lainnya terkait tempat wisata Indonesia hanya di rcktrip.com.