Saat pergi ke Amerika, salah satu tempat yang harus kamu singgahi adalah landmark negara ini yaitu Patung Liberty. Suatu kebanggaan tersendiri saat bisa berfoto di depan ikon negara Amerika Serikat ini.

Sebelum membuktikan keindahannya, simak beberapa fakta dan informasi terkait patung wanita yang memegang obor dan buku ini.

Sejarah Patung Liberty

Ketahui Sejarah Patung Liberty

Nama sebenarnya dari patung ini adalah Liberty Enlightening The World. Patung ini adalah bentuk hadiah dari negara Perancis untuk Amerika yang pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Amerika ke 100 tahun. Oleh karena itu, makna Patung Liberty adalah simbol kebebasan dan kemerdekaan Amerika.

Perancang patung ini sama dengan yang merancang Menara Eiffel yakni Gustave Eiffel. Patung dari logam tembaga dan memiliki berat lebih dari 200 ton ini dikirim dalam bentuk potongan.

Kemudian bagian-bagian dari patung tersebut disatukan dan diletakkan di Pulau Bedloes. Masyarakat kini menyebut pulau tersebut sebagai Pulau Liberty.

Fakta Unik

Fakta Menarik Patung Liberty

Ada beberapa fakta unik mengenai simbol persahabatan bangsa Perancis dan Amerika ini. Pertama, warna asli patung ini sebenarnya cokelat karena memang terbuat dari tembaga. Namun, reaksi kimia secara alami membuat warna patung berubah menjadi kehijauan.

Kemudian, patung ini memiliki mahkota dengan puluhan jendela. Pengunjung bisa naik ke ruangan yang ada di dalam mahkota tersebut dan melihat keindahan kota New York dari ketinggian.

Selain itu, karena patung ini berukuran cukup tinggi yaitu sekitar 93 meter, patung ini sering tersambar petir. Namun, hingga saat ini, Liberty tetap bisa berdiri dengan tegak.

Akses, Harga Tiket, dan Tips

Ketahui Harga Tiket Patung Liberty

Karena patung ini berada di Pulau Liberty, maka satu-satunya cara untuk menjangkau patung ini adalah dengan naik kapal feri. Kamu bisa naik kapal ini dari Battery Park.

Harga tiket untuk wisata ini adalah sekitar $18. Harga ini termasuk kapal penyeberangan dan masuk museum Liberty. Akan tetapi, jika ingin naik ke mahkota, pastikan untuk membeli Crown ticket dengan harga $31.

Akan tetapi persediaan tiket ini sangat terbatas yaitu hanya 500 tiket per hari. Jika menginginkan tiket ke mahkota, kamu harus memesannya jauh-jauh hari secara online.

Ada beberapa tips saat mengunjungi patung ini. Pertama, jangan membawa banyak barang karena petugas hanya mengizinkan pengunjung membawa kamera dan obat saat masuk ke museum maupun naik ke mahkota.

Selain itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Patung Liberty adalah pagi hari. Sehingga, kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk mengeksplor keindahan patung ini. Untuk mendapatkan tips terbaik, simak RCKTrip karena kami selalu menyediakan tips dan fakta-fakta terbaru mengenai objek wisata.