Labuan Bajo menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya. Selain potret alam yang bikin ketagihan, ternyata wisata kuliner di Labuan Bajo juga memanjakan lidah dengan cira rasa yang khas. Rasanya, kurang afdol kalau tidak mencicipi hidangannya yang lezat. Rck Lovers, simak daftar berikut ini.

Kolo, Nasi Bakar Khas Labuan Bajo

Hidangan pertama yang wajib dicoba saat berlibur ke Labuan Bajo adalah Kolo. Sekilas, kolo mirip dengan nasi bakar pada umumnya. Padahal, Kolo tidak dibakar menggunakan daun pisang, melainkan dibakar dengan alat khusus (bambu) di atas bara api. Biasanya Kolo akan dibakar selama setengah jam, sampai nasi sudah matang.

Sebelum di bakar, Kolo akan diberi bumbu khas yang membuat cita rasanya semakin khas dan pastinya nikmat. Setelah matang, Kolo bisa dihidangkan bersama lauk pendamping seperti rumpu tempe atau seafood. Kamu bisa menikmatinya selagi hangat agar lebih nikmat.

Jagung Bose, Olahan Jagung Khas NTT

Selain nasi, terdapat juga hidangan berbahan utama dari olahan jagung bose. Makanan pokok pengganti nasi ini terbuat dari jagung putih yang diproses dengan cara ditumbuk menggunakan lesung. Saat ditumbuk, biasanya ditambahkan beberapa bahan campurannya seperti kacang tanah dan kacang merah.

Jagung yang sudah terpisah dari kulitnya akan dimasak menggunakan kacang yang dicampur santan. Adanya santan, membuat cita rasa jagung bose menjadi gurih dan terasa begitu lezat. Rasa gurih asin, pasti bikin kamu ketagihan saat mencicipinya. Penduduk lokal lebih sering mengonsumsi jagung bose karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Tertarik mencoba wisata kuliner di Labuan Bajo satu ini?

Segar dan Gurih, Wajib Cobain Ikan Kuah Asam Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di pesisir Pulau Flores, tentu hidangan kuliner tak pernah lepas dari hasil lautnya. Salah satu kuliner khas Labuan Bajo adalah ikan kuah asam. Rasa daging segar dipadukan dengan kuah asam membuat rasanya semakin lezat, pastinya bikin ketagihan!

Biasanya, ikan yang digunakan cukup beragam mulai dari ikan kakap atau ikan kerapu. Kuah asamnya berasal dari belimbing wuluh, sehingga tak heran cita rasa asamnya benar-benar menyegarkan sekaligus gurih. Terbayang rasa nikmatnya, bukan?

Se’i, Daging Asap Khas Labuan Bajo

Hidangan se’I cukup terkenal di seluruh wilayah Indonesia, tapi kurang lengkap kalau tidak mencobanya langsung di Labuan Bajo. Kuliner khas Labuan Bajo ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dimasak secara tradisional.

Daging sapi akan diasap menggunakan kayu bakar selama 9 jam. Kemudian, daging ditutup dengan daun kosambi yang menambah aroma khas pada daging. Setelah selesai pengasapan, daging bisa langsung disantap dan dihidangkan secara tipis-tipis. Biasanya, akan disajikan bersama sambal matang dan nasi agar rasanyas semakin gurih dan nikmati. Se’I termasuk rekomendasi kuliner Labuan Bajo yang patut dicoba.

Oseng Rumpu Tempe

Selain kuliner berbahan utama daging, Labuan Bajo juga punya makanan khas yang sederhana tapi cita rasanya lezat. Rumpu tempe berbahan dasar daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi.

Bahan utama akan dicampur dengan bahan pelengkap, seperti udang rebon sangria, tomat, cabe, bawang putih, hingga bawang merah. Rumpu tempe akan diolah dengan cara ditumis. Makanan ini memiliki kombinasi unik yang jarang dijumpai pada masakan daerah lain.

Olahan Berbahan Dasar Jagung, Khas Labuan Bajo

Sesuai namanya, kuliner di Labuan Bajo ini menggunakan bahan dasar jagung yang diolah bersama kacang hijau dan labu. Sekilas mirip dengan hidangan jagung bose. Namun, jagung catemak punya cita rasa yang asin. Biasanya jagung catemak akan dihidangkan sebagai lauk bersama nasi hangat. Dari daftar di atas, wisata kuliner di Labuan Bajo mana yang Rck Lovers mau coba?

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!