Chile merupakan sebuah negara di bagian tenggara Amerika Selatan yang memiliki banyak potensi wisata, mulai dari tradisi unik dari Talca berupa perayaan tahun baru bersama keluarga yang telah meninggal, objek wisata bernama Gurun Atacama yang menurut NASA merupakan tempat terkering di dunia, hingga ragam jajanan khas dengan rasa yang menggugah selera.

Buat Anda yang hobi berburu kuliner selama bepergian, berikut 5 makanan khas Chile yang wajib dicoba.

  1. Empanada

Jajanan Khas

Empanada

Kalau Indonesia punya pastel sebagai salah satu jajanan khas, maka Chile juga punya penganan serupa bernama empanada. Bedanya, kulit empanada terasa lebih empuk dan tebal ketika di santap. Selain itu, isi empanada pun lebih beragam daripada pastel.

Umumnya, empanada berisi campuran daging cincang, telur, buah zaitun, dan kismis. Namun, ada juga kreasi empanada dengan isian seafood seperti kepiting, udang, dan tiram. Empanada paling enak ketika dimakan bersama salad sayuran.

Tertarik untuk mencicipinya? Salah satu restoran terkenal di Chile yang menyajikan olahan ini adalah Tomas Moro yang berlokasi di pinggiran Las Condes, Santiago. Kabarnya, empanada buatan Tomas Moro ini begitu populer di masyarakat setempat hingga pengunjung yang datang di akhir pekan rela antre selama berjam-jam.

 

  1. Curanto

Jajanan Khas

Curanto

Curanto merupakan makanan tradisional Pulau Chiloe yang ada di Chile Selatan. Hidangan yang terbuat dari kentang, kerang, daging, sayuran, milcao—roti kentang, dan pangsit ini punya cara masak yang unik.

Curanto dimasak dengan cara dikubur di oven batu kemudian ditutup dengan dedaunan hingga satu atau dua jam. Cara masak seperti ini merupakan teknik masak kuno.

Kalau ingin menyantap Curanto, Anda bisa pergi ke pasar yang ada di kawasan Chile selatan. Menariknya, di sana Anda bisa menyaksikan proses memasak Curanto secara langsung dan bisa menikmati hasilnya selagi hangat.

 

  1. Pastel de Choclo

Jajanan Khas

Pastel de Choclo

Kalau ingin menyantap jajanan unik Chile yang mengenyangkan, Pastel de Choclo adalah pilihan terbaik. Di Chile, makanan ini sering kali disajikan ketika musim panas tiba. Sekilas, bentuknya mirip seperti pie, namun yang unik dari Pastel de Choclo ini adalah tempat penyajiannya menggunakan mangkuk dari tanah liat.

Pastel de Choclo terbuat dari campuran daging sapi cincang, bawang bombai, kismis, telur, dan daging ayam panggang yang disiram bubur jagung. Rasa manis dari lapisan karamel yang menutupi Pastel de Choclo pun mampu berpadu dengan baik dengan rasa gurih dari isian. Untuk menikmati kuliner ini, Anda bisa datang ke restoran Galindo yang ada di Santiago.

 

  1. Sopaipilla

Jajanan Khas

Sopaipilla

Santiago merupakan ibu kota negara Chile. Di kota ini, Anda bisa menemukan salah satu camilan enak bernama Sopaipilla. Berbentuk bulat, Sopaipilla terbuat dari campuran tepung, mentega, ubi jalar atau labu yang digoreng dan disajikan bersama topping pebre, yaitu saus salsa tradisional berisi potongan bawang, tomat, rempah-rempah, dan bawang putih.

Selain memiliki cita rasa gurih, Sopaipilla juga biasa dihidangkan bersama topping chanca yang terbuat dari gula karamel, kayu manis, dan madu. Menemukan Sopaipilla di Santiago bukanlah hal sulit. Pasalnya, di setiap pojokkan jalanan di Santiago banyak ditemukan penjual Sopaipilla, apalagi ketika musim hujan tiba.

 

  1. Mote con Huesillos

Jajanan Khas

Mote con Huesillos

Jajanan khas Chile yang terakhir adalah Mote con Huesillo. Dalam bahasa setempat, mote adalah kulit gandum, sedangkan huesillo berarti buah persik kering. Mote con Huesillo merupakan minuman khas Chile yang terbuat dari buah persik kering dan kulit gandum yang disajikan dengan sirop manis dari campuran kayu manis, madu, gula karamel.

Bagi masyarakat setempat, Mote Con Huesillo paling cocok dinikmati saat musim panas karena rasanya yang begitu segar dan manis. Penasaran untuk mencoba? Penjual Mote Con Huesillo bisa Anda temukan di sekitar San Cristobal Hill.

 

Itulah 5 jajanan khas Chile yang enak dan layak untuk dicoba saat berkunjung ke sana. Supaya kunjungan ke Chile tetap aman dan nyaman, ada baiknya bila Anda menyimak beberapa tips liburan ke luar negeri yang bisa Anda akses di sini.