RCK Lovers, tahukah kamu bahwa Uzbekistan menyimpan kekayaan destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi? Jika kamu berminat liburan di sana, maka Registan Square adalah salah satu kawasan yang harus kamu datangi.

Alun-alun yang terletak di Samarkand ini merupakan daya tarik utama kota kuno tersebut dan merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Samarkand merupakan salah satu alasan utama untuk mengunjungi Uzbekistan. Entah kamu penggemar sejarah atau bukan, melihat alun-alun bersejarah saat matahari terbenam dengan desain yang mengesankan akan meninggalkan kesan mendalam.

Lokasi Registan Square 

Lokasi Registan Square

Registan Square adalah salah satu landmark paling ikonik dan terkenal di kota Samarkand, Uzbekistan. Terletak di jantung kota, Situs Warisan Dunia UNESCO ini adalah rumah bagi tiga madrasah atau sekolah Islam, dan dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur Islam terbaik di Asia Tengah.

Alun-alun ini merupakan kompleks bangunan menakjubkan yang luas, dibangun antara abad ke-15 dan ke-17. Kemudian dikelilingi oleh bazar yang ramai dengan banyak kios tradisional dan toko yang menjual souvenir kerajinan tangan lokal.

Daya Tarik Registan Square Samarkand

Registan Square Samarkand

Registan Uzbekistan telah lama menjadi pusat kebudayaan penting dan tempat berkumpulnya masyarakat lokal, serta menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan. Bangunan megah, mosaik warna-warni, dan ornamen Islami memberikan gambaran sekilas ke masa lalu.

Sementara bazar yang ramai memberikan kesempatan untuk mencicipi masakan asli setempat dan membeli suvenir unik. Kamu bisa berjalan-jalan santai di sekitar alun-alun atau menikmati arsitekturnya dari jauh.

Cara Menuju Registan Square 

Cara Menuju Registan Square 

Cara menuju lokasi ini relatif mudah, karena terletak di pusat kota sehingga mudah dijangkau dengan transportasi umum, misalnya kereta api dan bus.

  • Dari Bandara Tashkent, perjalanan bus memakan waktu sekitar empat jam untuk sampai ke Samarkand dan pusat wisata ini.
  • Alternatifnya, kamu bisa naik kereta api dari Tashkent ke Samarkand, yang memakan waktu sekitar tujuh jam. Setibanya di sana, kamu dapat berjalan kaki ke lokasi utama, karena letaknya hanya beberapa menit dari pusat kota. Kamu juga dapat naik taksi, yang biayanya tidak lebih dari 180.000 Som Uzbekistan.

Berapa harga tiket masuk Registan Square?

Pada tahun 2022, tiket masuk satu kali ke alun-alun dan ketiga madrasah adalah 50.000 Som Uzbekistan. Tiket tersebut memiliki kode QR unik yang harus dibaca di pintu putar untuk bisa masuk. Sayangnya, kode QR ini hanya berlaku untuk satu kali masuk.

Sehingga jika kamu ingin kembali lagi di hari yang sama untuk menikmati matahari terbenam, kamu harus membeli tiket lagi. Kamu bisa mengunjungi antara pukul 08.00 pagi hingga 11.00 malam.

Jika ingin mengunjungi masing-masing madrasah, waktu terbaik di musim panas adalah tiba pada jam 8 pagi saat cuaca masih relatif sejuk dan wisatawan masih sedikit.

Itulah beberapa informasi seputar Registan Square. Mulai tertarik berkunjung ke sana?