Luneta Park di Manila, telah menjadi tempat rekreasi populer di masa lalu. Namun tahukah kamu RCK Lovers, sejak diganti namanya menjadi Rizal Park untuk menghormati Dr José Rizal, taman bersejarah ini memiliki arti penting bagi masyarakat negara tersebut.

Dr José Rizal adalah seorang penulis dan reformis yang memperjuangkan kemerdekaan dari penindasan kolonial. Setelah mendekam di penjara, ia dieksekusi di Luneta. Untuk mengenang sosoknya, berdirilah tugu peringatan dengan tinggi sekitar 13 meter.

Lokasi Rizal Park Manila

Rizal Park Manila

Rizal Park Manila merupakan sebuah taman kota bersejarah yang terletak di sepanjang Roxas Boulevard di kota tersebut. Kota ini berbatasan dengan kota tua bertembok Intramuros dan merupakan salah satu taman kota terbesar di Asia.

Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang jam-jam terakhir sang pahlawan lewat sebuah presentasi suara dan cahaya di ruang terbuka. Di sini, kamu bisa menikmati tampilan proyeksi dramatis dan belajar mengenai sejarah Rizal Park, yaitu untuk mengenang jasa sang pahlawan.

Pertunjukan berlangsung dalam bahasa Inggris dan Filipina setiap malam dari Rabu hingga Minggu, pukul 20.00 hingga 20.30.

Daya Tarik Wisata Rizal Park

Daya Tarik Wisata Rizal Park

Apa yang bisa kamu eksplorasi di sini?

Taman ini menjadi rumah bagi beberapa taman, halaman rumput hijau, karya seni, lapangan terbuka, kolam, jalan beraspal, observatorium, air mancur menari, tempat piknik, area hutan hingga ruang konser terbuka.

Kawasan ini cukup strategis karena berbatasan dengan Padre Burgos Avenue di sisi kiri, Taft Avenue di sisi timur dan Kalaw Avenue di sisi kanan.

Rizal Park Filipina terbagi dalam tiga bagian, yaitu:

  • Bagian Timur Laut yang luasnya 16 hektar dan meliputi Lingkaran Teodoro F. Valencia, Museum Nasional Antropologi, dan Museum Nasional Sejarah Alam.
  • Bagian tengah yang luasnya 22 hektar dan terletak di Jalan Maria Orosa hingga Roxas Boulevard. Bagian tengah adalah lokasi monumen Rizal, tiang bendera nasional Filipina dan air mancur menari.
  • Bagian Barat Daya yang memiliki luas lahan terbuka kurang lebih 10 hektar dan meliputi Manila Ocean Park, Manila Bay dan Burnham Green.

Kamu bisa menikmati atraksi yang paling terkenal di sini, yaitu semacam seremoni untuk mengenang pahlawan nasional Dokter Jose Protasio Rizal. Uniknya, Tugu Rizal dijaga terus-menerus oleh penjaga upacara dan prajurit lengkap yang dikenal sebagai Ksatria Rizal.

Tiket Masuk Rizal Park

Tiket Masuk Rizal Park

RCK Lovers harus membayar 50 Peso Filipina untuk biaya masuk. Tersedia diskon 50% berlaku untuk pelajar dengan identitas masih berlaku, pendamping lansia, anak-anak dan penyandang disabilitas. Ada pula biaya untuk pemandu tur sebesar 10 Peso.

Cara Menuju Rizal Park

Cara Menuju Rizal Park

Ada beberapa rute menuju kawasan ini. Kamu bisa memilih rute dari beberapa opsinya berikut:

Dari Cubao ke Taman Luneta

  1. Dari Cubao, naik LRT 2 di Stasiun Araneta Center Cubao menuju Stasiun Recto.
  2. Turun di Stasiun Recto 7 pemberhentian setelahnya.
  3. Jarak tempuh 8,20 km dan waktu tempuh 15 menit hingga 25 menit.
  4. Tarif sekali jalan adalah 19 peso per orang.

Dari SM Kota Quezon Utara hingga Taman Luneta

  1. Naik kereta LRT 1 di Stasiun Roosevelt tujuan Baclaran, lalu turun di halte United Nations Avenue 13 setelahnya.
  2. Jarak tempuh 12,51 Km dan waktu tempuh 35 menit hingga 40 menit.
  3. Tarif kereta sekali jalan adalah 30 peso per orang.

Nah itulah beberapa informasi seputar Rizal Park. Apakah kamu tertarik untuk mendatanginya?