Keunikan budaya Eropa memang terpancar dari bangunan kuno dan bersejarah yang masih berdiri gagah hingga kini. Bagaimana mereka menjaga dan melestarikan budaya hasil peradaban ribuan tahun silam sudah pasti mengundang decak kagum.

Sebut saja Italia, negara ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Dari hiruk pikuk kota Roma dengan deretan museum dan piazza cantik, kota Milan yang menyandang pusat fashion dunia nan glamor, hingga keindahan daerah Italia Selatan yang beriklim hangat.

Selain kaya budaya, sejarah, dan tradisi, orang Italia selalu bangga atas identitas dan keluarga mereka. Sama seperti Indonesia, orang Italia menempatkan keluarga sebagai prioritas dalam segala hal.

Tertarik untuk merasakan sendiri bagaimana kehangatan keluarga Italia? Menikmati farmhouse cantik di wilayah pedesaan Tuscany bisa menjadi pilihan perjalanan Anda kali ini.

Jelajahi Tuscany

Keunikan Budaya Eropa

Pedesaan Tuscany

Tuscany sering disebut sebagai tempat tercantik di Italia. Keindahan daerah ini menjadi magnet bagi wisatawan asing yang ingin menikmati liburan di Italia dengan cara berbeda. Keunikan budaya Eropa pun terwakili di Tuscany karena Florence dan Pisa ada di wilayah ini.

Florence adalah rumah bagi banyak karya seni terkenal dan melegenda, seperti patung ‘David’ karya Michelangelo. Jangan lupakan juga keberadaan Menara Miring Pisa yang menggoda Anda untuk mengabadikan puluhan foto saat singgah di sana.

Menyebut Tuscany tidak lengkap tanpa mengingat bentang alam bak pemandangan di kartu pos. Perbukitan hijau, air sebening kristal, ladang bunga penuh warna, kebun anggur yang subur, dan sumber air panas menawarkan kemolekan pedesaan di Tuscany. Jangan lewatkan juga kunjungan ke kota-kota di puncak bukit yang memiliki arsitektur tradisional unik, seperti Cortona, San Gimignano, dan Volterra.

Mencoba Agriturismo

Keunikan Budaya Eropa

Agriturismo

Lupakan hotel berbintang saat berkunjung ke Tuscany. Menginap di homestay jelas pilihan paling bijak. Anda bisa menghabiskan waktu berlibur dengan menginap di pinggiran kota. Carilah homestay dengan konsep agriturismo atau agricultural tourism. Di sini Anda akan merasakan langsung bagaimana kehidupan pedesaan Tuscany sebenarnya.

Beberapa keluarga petani lokal membuka rumah mereka sebagai akomodasi bagi para wisatawan yang berminat melakukan aktivitas pertanian di pedesaan Tuscany. Penginapan tersebut berupa rumah pertanian atau kastil kuno dengan ladang anggur atau zaitun di sekelilingnya.

Keluarga pemilik rumah pertanian menawarkan beberapa tipe akomodasi, seperti kamar yang jadi satu dengan rumah induk atau paviliun sederhana dengan ruang duduk, dapur, dan kamar mandi pribadi. Mereka juga menyediakan ragam aktivitas menarik, misalnya memetik anggur atau zaitun, menunggang kuda, bersepeda, hiking, kelas memasak, mencicipi wine, dan tentu saja bersantap bersama keluarga pemilik penginapan.

Sopan Santun dalam Keluarga Italia

Keunikan Budaya Eropa

Makan Malam Bersama

Makan bersama adalah salah satu budaya keluarga Italia yang masih dipegang teguh. Bagi mereka, duduk satu meja bersama menikmati aneka hidangan Italia nan lezat sambil bercengkerama menjadi momen terpenting. Saat homestay di Tuscany, coba rasakan sendiri bagaimana keramahan dan kehangatan ala Italia menyambut Anda bak keluarga.

Namun, ada beberapa kebiasaan makan orang Italia yang berbeda dengan orang Indonesia. Tips singkat berikut bisa jadi pegangan Anda saat memutuskan menginap di rumah pertanian di Tuscany.

  • Tunggu pemilik rumah duduk lebih dulu di meja makan dan duduklah setelah ia mempersilakan Anda.
  • Ikuti cara mereka bersyukur dan berdoa sebelum mulai menyantap makanan.
  • Ucapan “Buon appetito” atau “Selamat menikmati makanan” dari pemilik rumah jadi tanda Anda mulai makan.
  • Pakai roti yang terhidang di meja untuk menghabiskan saus dari hidangan utama.
  • Jangan tinggalkan meja sebelum semua orang selesai menyantap makanannya.
  • Minum minuman air putih dan/atau wine sangat disarankan.
  • Sampaikan pujian kepada pemilik rumah mengenai masakan yang dihidangkan, sebuah cara jitu untuk mencairkan suasana.

Anda perlu tahu bahwa sarapan besar bukanlah budaya orang Italia. Makanan manis dan ringan seperti croissant dan secangkir kopi dirasa cukup untuk mengisi perut di pagi hari. Tidak ada salahnya Anda bertanya pada pemilik penginapan apa menu sarapan yang biasa dihidangkan.

Anda berencana datang pada musim panas? Coba tanyakan pada pemilik penginapan, apakah mereka bisa merancang al fresco dining atau makan di luar ruangan. Jika beruntung, Anda dapat duduk di teras untuk bersantap sambil ditemani keindahan daerah Tuscany yang memukau.

 

Menginap di Tuscany bisa jadi cara berbeda untuk menyelami keunikan budaya Eropa, khususnya budaya Italia. Segera rancang perjalanan Anda ke Tuscany dan nikmati pengalaman berlibur seperti warga lokal yang tak terlupakan. Kunjungi RCKTrip.com dan dapatkan informasi seputar wisata di Eropa sebagai referensi perjalanan Anda berikutnya.