Kalau bicara tentang makanan khas Kanada, hal pertama yang muncul di benak orang-orang pasti sirup maple-nya. Minuman yummy dengan cita rasa manis ini dihasilkan dari batang pohon bernama sama, maple. Karena dihasilkan dari proses alamiah yang unik, sirup maple jadi sangat terkenal seantero dunia.

Tentu bukan cuma itu kuliner lezat yang bisa Anda jumpai di Kanada. Berikut ada sederet referensi makanan tradisional lain yang wajib diicip saat melancong ke Negeri Pecahan Es tersebut.

  1. Poutine

Makanan Khas

Poutine

Belum ke Kanada kalau belum mencoba poutine. Konon, kuliner yang satu ini adalah “permata”-nya Kanada. Poutine adalah kentang goreng yang disiram dengan saus daging dan curds. Menurut cerita, makanan ini sudah ada sejak tahun 1950.

Mencari poutine di Kanada bukan hal yang susah, kok. Bahkan, resto cepat saji juga menyediakan menu ini. Kalau datang pada waktu-waktu tertentu, Anda juga berkesempatan untuk mengikuti festival poutine di Kanada, lho!

  1. Bannock

Makanan Khas

Bannock

Bannock merupakan roti khas yang dulu disantap sebagai menu pokok sehari-hari suku asli Kanada. Namun, beberapa tahun belakangan popularitasnya makin naik seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kanada.

Adonan dan proses memasaknya juga sangat simpel—hanya terdiri dari tepung terigu, mentega, pengembang, serta garam, lalu dipanggang. Dalam versi modern, bannock dimasak dengan cara digoreng. Oh ya, roti ini begitu bersejarah karena berhasil menyelamatkan penjelajah Ernest Shackleton dari kelaparan saat kapal yang ditumpanginya karam.

  1. Butter Tarts

Makanan Khas

Butter Tarts

Makanan tradisional Kanada ini tidak hanya super lezat, tapi juga punya nilai historis yang tinggi. Konon, butter tarts sudah ada sejak tahun 1900. Mary F. Williamson, pustakawan dari York University, menemukan resep butter tarts di buku masak berjudul Royal Victoria Cook Book.

Makanan ini dibuat dengan menambahkan adonan mentega, telur, dan gula ke atas pastry, lalu dipanggang sampai warnanya kecokelatan. Sebagian wilayah Kanada menyebut butter tarts disajikan dengan taburan kismis dan sebagian lainnya tidak.

  1. Bagel

Makanan Khas

Bagel

Kalau ke Kanada, khususnya daerah Montreal, jangan lupa icip-icip kuliner khas yang satu ini. Yup, sebagian orang menyebut bagel sebagai donat tradisional Kanada karena bentuknya memang seperti donat.

Namun, teksturnya lebih tebal, padat, dan manis dengan taburan wijen di atasnya. Bagel ini rasanya lezat dan cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang mengenyangkan saat traveling di Kanada.

  1. Tourtiere

Makanan Khas

Tourtiere

Pie lezat yang satu ini wajib dicoba saat Anda mampir ke Quebec, Kanada. Namun, karena mayoritas tourtiere disajikan dengan olahan daging babi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati, ya. Bagi yang mencari menu halal, pesan saja yang isiannya daging sapi atau ayam.

  1. Tire d’érable sur la neige

Makanan Khas

Tire d’érable sur la neige

Wah, namanya cukup susah dieja, ya? Namun, makanan khas Kanada ini punya rasa yang sangat enak, lho. D’erable termasuk dalam kategori dessert. Proses penyajiannya juga unik sekali—sirup maple mendidih dituangkan langsung ke atas serutan es, lalu digulung dengan menggunakan stik kayu seperti gulali. Tekstur makanan ini lembut, tapi sedikit lengket. Rasanya manis khas sirup maple pada umumnya.

  1. Beavertails

Makanan Khas

Beavertails

Yang terakhir ada beavertails. Menurut beberapa referensi, makanan tradisional Kanada ini dikenalkan pertama kali oleh keluarga Graham Hooker. Beavertails sangat populer di negara tersebut, lho. Roti goreng ini biasa disajikan dengan olesan cokelat, selai kacang, dan topping lezat lainnya. Beavertails cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang.

 

Nah, itulah beberapa makanan khas yang tak boleh absen dicicipi saat berlibur di Kanada. Terus update diri dengan informasi lengkap seputar wisata di RCKTrip.com, ya!