Menara London merupakan menara paling bersejarah yang berlokasi pesisir Sungai Themes, London Inggris. Secara resmi, menara ini bernama Her Majesty’s Royal Palace and Fortress of The Tower London atau banyak orang menyebutnya Tower of London. 

Tower of London mulai berdiri sejak tahun 1066, merupakan bagian dari sejarah penaklukan Normandia. Dengan latar belakang historis yang panjang, Tower of London ternyata meninggalkan fakta menarik nan mengerikan. Penasaran? Yuk simak fakta menarik Menara London!

Tower of London adalah Penjara

Simpan Sejarah Mengerikan, Ini Fakta Menarik Menara London

Simpan Sejarah Mengerikan, Ini Fakta Menarik Menara London

Banyak orang mengenal Tower of London sebagai sebuah penjara, khususnya bagi tokoh berkedudukan tinggi. Elizabeth I adalah salah satu tokoh yang pernah mendekam di penjara ini. Menara ini sebenarnya berdiri sebagai tempat tinggal kerajaan. Namun akhirnya beralih fungsi menjadi penjara yang mengejamkan.

Gerbang pengkhianat

Menara london

Gerbang pengkhianat berfungsi sebagai gerbang untuk membawa tahanan masuk menara. Hal ini untuk menghindari perhatian banyak orang. Sejarah Menara London juga mencatat bagaimana para tahanan melewati sebagian besar masa penahanannya di menara ini.

Ada banyak coretan, tulisan, serta gambar dari para tahanan yang masih bisa kamu lihat sampai sekarang. Coretan, tulisan, dan gambar peninggalan para tahanan kini terpajang di  Tower of London.

Tempat Melakukan Eksekusi

Menara london

Siapa sangka menara ini menjadi lokasi untuk mengeksekusi para tahanan. Biasanya, eksekusi berupa hukuman gantung yang berlangsung di Tower Hill, menara tinggi dan berada di barat laut Tower of London. Bahkan, menara ini menjadi tempat untuk memamerkan kepala penjahat yang telah dieksekusi.

Meski tampak menyeramkan, namun nyatanya hal ini lumrah terjadi pada masa lalu. Bahkan Menara Putih, salah satu menara di kawasan tersebut menjadi simbol kebencian dan penindasan. Nah, itu beberapa fakta menarik menara london yang memiliki sejarah mengerikan di masa lalu. 

Sekarang Menara London sudah terbuka bagi umum. Kamu bisa berkunjung ke  tempat ini tanpa perlu takut akan sejarah mengerikannya. Disana, kamu dapat melihat peninggalan bersejarah. Menara ini juga pernah menjadi kebun binatang serta tempat penyimpanan alat persenjataan.