Melakukan solo traveling ke Brisbane bisa jadi titik awal penjelajahan Anda di Australia. Ibu kota negara bagian Queensland ini berada di kawasan Pantai Timur Australia. Julukan “Sunshine State” disematkan pada Brisbane yang menawarkan wisata alam, seni dan budaya, serta kuliner lezat.

Brisbane selalu terbuka pada pendatang dan wisatawan. Bahkan, Brisbane dinilai cukup aman bagi para solo traveler untuk menjelajahi setiap sudut kota. Sebelum Anda memulai petualangan keliling Australia, simak lebih dulu tujuh tips wisata hemat di Brisbane berikut ini.

1.      Lakukan pemesanan secara online jauh-jauh hari

Tips Wisata Hemat

Pemesanan Online

Cara terbaik untuk berhemat adalah pesan akomodasi dan transportasi secara online jauh-jauh hari. Saat memesan lebih awal, harga yang ditawarkan bisa jauh di bawah harga normal. Hal sama juga berlaku jika Anda tertarik berkunjung ke atraksi wisata atau aktivitas seru di Brisbane.

Tiket masuk Lone Pine Koala Sanctuary misalnya, bisa Anda beli online dengan harga lebih murah daripada membeli di lokasi langsung. Anda pun tidak perlu mengantre beli tiket setibanya di lokasi, lebih praktis kan?

2.      Pilih penginapan di lokasi strategis

Tips Wisata Hemat

Lokasi Strategis

Tips berwisata berikutnya, pilih penginapan di lokasi strategis supaya Anda bisa menjangkau semua tempat populer dengan berjalan kaki. Pusat kota Brisbane atau CBD adalah lokasi ideal karena kemudahan aksesnya. Anda bisa menjumpai hotel, hostel, dan guesthouse di sini.

Sementara, bagi Anda yang ingin menikmati proses perjalanan dan jauh dari hiruk pikuk kota, Rosalie dan Paddington bisa jadi alternatif menarik. Untuk pilihan akomodasi lebih hemat, cari penginapan berkonsep bed and breakfast atau hostel yang harga per malamnya cukup terjangkau.

3.      Manfaatkan transportasi publik

Tips Wisata Hemat

Transportasi Publik

Selain berjalan kaki, Anda bisa memanfaatkan transportasi publik untuk keliling kota Brisbane. Coba beli TransLink Go Card di Brisbane Airport, di toserba, atau di stasiun kereta. Usai mengisi saldo Go Card, Anda bisa menggunakan kartu ini di seluruh jaringan TransLink yang ada di Queensland, seperti kereta, bus, dan feri.

Anda juga bisa mencoba layanan bus City Loop dan Spring Hill Loop di pusat kota yang berangkat setiap 10 menit. Bus ini akan menjangkau beberapa atraksi wisata populer Brisbane, antara lain King George Square, City Botanic Gardens, dan Queen Street Mall.

4.      Buat rencana perjalanan Anda

Tips Wisata Hemat

Plan Trip

Berwisata seorang diri berarti Anda bebas memutuskan tempat tujuan tanpa perlu berkompromi dengan siapa pun. Namun, ada kalanya Anda kewalahan mengingat semua detail perjalanan. Maka, buat rencana perjalanan sebagai pengingat apa saja yang telah Anda siapkan.

Manfaatkan aplikasi di ponsel pintar atau jurnal simpel untuk mencatat semuanya. Simpan semua detail pemesanan akomodasi, transportasi, dan atraksi wisata dalam satu tempat. Lalu, unduh peta yang bisa diakses secara offline dan tandai mana tempat yang hendak Anda kunjungi.

5.      Ikuti paket tur gratis

Tips Wisata Hemat

Tur Gratis

Tips wisata hemat ini akan mencegah Anda tersesat saat jalan-jalan di Brisbane, yaitu ikuti paket tur dari Brisbane Greeters. Layanan ini menawarkan berbagai tur gratis keliling kota Brisbane. Anda bisa memilih tur sejarah, menikmati instalasi seni, atau minta mereka memilihkan tur spesial untuk Anda.

Brisbane Greeters digawangi oleh para sukarelawan yang siap memandu Anda berkeliling Brisbane. Dengan para pemandu yang menguasai lebih dari 20 bahasa, mereka akan membawa Anda menyelami keindahan kota bertitel “The River City” ini dari sudut pandang warga lokal. Menarik!

6.      Cari tempat makan murah dan enak

Tips Wisata Hemat

Tempat Makan

Lupakan dulu restoran mewah karena tips berwisata berikut ini akan membawa Anda ke tempat makan murah dan enak. Rata-rata pasar tradisional Australia menawarkan ragam pilihan makanan, seperti Asia, Turki, Yunani, dan tentu saja kuliner lokal.

Di Brisbane, Anda bisa berkunjung ke Boundary Street Markets yang buka setiap Jumat dan Sabtu pukul 16.00-22.00. Lalu, ada Eat Street Northshore dengan deretan kios makanan dan pertunjukan musik, buka Jumat dan Sabtu pukul 16.00-22.00, serta Minggu pukul 12.00-20.00.

7.      Kunjungi tempat wisata gratis

Tips Wisata Hemat

Feri CityHopper

Coba layanan Feri CityHopper untuk menyusuri Sungai Brisbane secara gratis. Feri ini melayani rute Sydney Street dan North Quay, sekaligus menjadi cara termudah menuju South Bank. Lalu, Anda bisa menaiki lift tua di City Hall’s Clock Tower yang dibangun antara tahun 1920-1930.

Kalau Anda pencinta museum, singgah di Queensland Museum bisa jadi opsi menarik. Lelah berkeliling kota, Anda bisa menuju New Farm Park untuk bersantai sambil piknik di atas hamparan rumput hijau di tepi sungai.

 

Demikian tujuh tips wisata hemat yang wajib Anda ketahui sebelum solo traveling ke Brisbane. Berwisata seorang diri akan membantu Anda menikmati proses perjalanan tanpa perlu merasa terburu-buru atau dikejar waktu. Jangan lupa bekali diri Anda dengan berbagai informasi dan tips berwisata di Australia lainnya hanya di RCKTrip.com.

Selamat berpetualang seru di Brisbane!