Kalau kamu pecinta sejarah tapi ingin melihat hal baru di luar museum, Sovereign Hills bisa menjadi pertimbangan untuk kamu.

Sovereign Hills atau bukit Sovereign berasal dari sebuah nama lembaga non profit yang berbasiskan kebudayaan dan sejarah dari The Sovereign Hill Museums Association.

Berbeda dengan museum pada umumnya, di sini pengunjung bisa merasakan suasana Ballarat pada tahun 1850-an dengan konsep museum terbuka. Museum terbuka ini bisa kamu tempuh dengan perjalanan darat dari kota Melbourne.

Awal Mula Sovereign Hills

Kota Ladang Emas

Ratusan tahun yang lalu sebelum Eropa menduduki daerah ini, Bangsa Kulin telah menduduki wilayah ini lebih dulu dan diberi nama Sovereign Hill.

Dalam mengenang sejarah tentang sebuah negara bagian Victoria yang memiliki tambah emas yang sangat kaya. Sovereign dijadikan ikon yang berisi tentang sejarah kota Ballarat.

Tempat ini menjadi tempat pertama penemuan emas pada tahun 1851 dan juga sejarah penduduknya sebagai penambang emas Australia. Karena itu tempat ini menjadi warisan cagar budaya Australia.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan

Bukit Sovereign

Berkunjung ke Sovereign Hills akan membuat kamu belajar dan merasakan bagaimana kehidupan pada zaman tersebut. Keberadaan replika bangunan dan staf yang memakai pakaian era Victoria akan menambah kesan hidup di era tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mendulang emas di digging creek. Emas yang kamu perjuangkan di sini adalah emas asli. Kalau kamu berhasil mendapatkannya, kamu bisa membawanya pulang. Sangat menyenangkan, bukan?

Tak lengkap rasanya jika berwisata tak mengabadikan momen. Karena itu, kamu juga bisa berfoto menggunakan kostum era Victoria yang tersedia di sini.

Harga Tiket Sovereign Hills

Kalau kamu mengikuti tur dari pengelola travel untuk memasuki Sovereign Hills, Ballarat ini, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 154 AUD untuk setiap orang. Sedangkan kalau kamu pergi sendiri, kamu hanya mengeluarkan uang sebesar 54 AUD per orang.

Perjalanan Menuju Sovereign Hills

Perjalanan menuju kota ladang emas ini terbilang cukup mudah. Berdasarkan www.sovereignhill.com.au, kamu bisa mengendarai mobil selama 90 menit dari Melbourne Barat atau menggunakan kereta api V/Line.

Kalau kamu ingin menaiki kereta, kamu bisa membeli tiket Melbourne-Ballarat dengan harga 28 AUD per orang. Dengan menggunakan kereta, kamu bisa sampai di Ballarat selama 90 menit atau 1,5 jam.

Berlibur ke Sovereign Hills adalah pilihan tepat untuk menjadi tempat melepas penat dan juga merasakan era lalu. Bukan hanya itu, kamu juga bisa bermain untuk mendapatkan emas asli! Apakah kamu berminat?