Setiap negara pasti memiliki kebudayaan dan pesonanya masing-masing, begitu pula dengan Spanyol. Negara di Eropa Tengah ini terdiri dari 17 wilayah dengan keunikan yang berbeda. Inilah mengapa meskipun bentang alamnya tidak sepopuler negara Eropa lainnya, Spain tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Eropa.

Secara geografis, Spanyol terletak di Semenanjung Iberia berbatasan Portugal dan Perancis. Meskipun begitu wilayah negara ini cukup luas. Karena selain yang berada di Eropa Tengah, beberapa kota di Afrika Utara serta kepulauan di Laut Mediterania dan Samudera Atlantik juga masih termasuk wilayah Spanyol.

Hal ini tentu saja membuat Spanyol menjadi negara terbesar kelima di Eropa. Pesona Spanyol tidak berhenti di situ. Negara ini merupakan pusatnya tempat wisata. Hampir semua hal yang kita cari saat traveling ada di negara ini. Jadi jangan heran jika saat musim liburan tiba, Spanyol ramai dikunjungi turis dari berbagai negara.

Sejarah Spanyol

Spain

Sejarah Spanyol

Menurut sejarah, Spanyol mulai berdiri sebagai negeri yang berdaulat sejak abad ke 15. Sebelumnya, negara ini dikuasai oleh Romawi dan wilayahnya berkembang hingga Semenanjung Moor. Sejak berdiri sendiri, Spanyol dikenal sebagai salah satu imperium global yang memiliki banyak daerah jajahan.

Daerah jajahan Spanyol meliputi negara-negara di Asia termasuk Indonesia, beberapa daerah di Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan. Hal tersebut membuat Spanyol meninggalkan warisan berupa kebudayaan yang telah berasimilasi dengan kebudayaan lokal negara jajahannya.

Ini pula yang membuat Spanyol menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia selain Bahasa Inggris. Saat ini Spanyol merupakan sebuah negara demokrasi di bawah monarki konstitusional dengan standar dan kualitas hidup penduduk yang tinggi,

Spanyol adalah salah satu negara maju di Eropa sekaligus destinasi wisata favorit. Sebab selain dikenal dalam bidang olahraga sepakbola, negara yang dijuluki Negeri Matador ini juga memiliki ragam wisata unik mulai dari bangunan kuno khas Eropa yang megah, pantai indah dengan laut yang menawan, hingga wisata kuliner yang variatif.

Surga Wisata ala Spanyol

Memiliki wilayah luas dan tersebar di beberapa benua termasuk Afrika membuat Spanyol memiliki ragam wisata yang menarik. Setidaknya ada 8 daerah tujuan berlibur favorit para turis yang bisa dikunjungi apabila Anda tertarik berwisata ke negara ini, mari kita simak ulasannya,

  1. Pamplona

Spain

Pamplona

Julukan matador tidak serta merta diberikan pada Spanyol tanpa alasan. Sejak beberapa abad silam, negara ini merupakan penyelenggara Running of Bulls yaitu festival unik yang melibatkan banteng liar dan para matador. Pada festival ini, banteng-banteng dilepas di jalanan untuk mengejar para matador.

Pemandangan unik semacam itu tentu tidak bisa kita lihat di tempat lain. Inilah mengapa setiap tahun, Pamplona sebagai kota tempat diadakannya festival senantiasa ramai dengan turis yang ingin melihat para matador dikejar oleh seekor banteng liar. Jadi jika berkesempatan untuk mengunjungi Spanyol, jangan lewatkan festival unik di Pamplona ini.

  1. Granada

Spain

Granada

Pesona dan keindahan Granada mungkin sudah sering kita lihat di film-film Hollywood. Tapi siapa sangka, keindahan yang terlihat di film ternyata tidak sepadan dengan pemandangan yang akan kita saksikan ketika melihat pesona Granada dengan mata kepala sendiri.

Kota Granada merupakan pusatnya bangunan kuno yang kental dengan arsitektur adab pertengahan khas masa Moor. Salah satu yang terkenal adalah Istana Almara. Dibangun pada abad ke 11, Istana ini awalnya merupakan sebuah benteng pertahanan.

Selain Almara, Anda juga bisa mengunjungi biara-biara Katolik yang tersebar di setiap penjuru kota. Sebagai rekomendasi, kunjungi biara Katolik Monasterio de la Cartuja yang tidak kalah indah dan menawan.

  1. Toledo

Sejarah panjang membuat kota ini dijuluki City of Three Culuture, sebab di sini mayoritas penduduknya beragama Islam, Kristen, dan Yahudi. Perpaduan budaya antara ketiga agama tersebut tentu saja berpengaruh pada gaya arsitektur bangunan-bangunan tua di Toledo.

Tidak hanya itu, di beberapa sudut kota Anda juga akan melihat aneka bangunan dengan arsitektur Gothic dan Baroque. Selain bangunan, para wisatawan juga bisa menikmati aneka minuman atau kopi di kafe dan restoran yang ada di setiap sudut salah satu kota cantik di Spain ini.

  1. Almeria

Jika dilihat sekilas, lanskap kota ini mirip dengan Santorini. Didominasi dengan rumah penduduk dan bangunan berwarna putih yang berderet di perbukitan, Almeria juga memiliki pantai yang bersih dan tenang. Serunya, tidak seperti kebanyakan negara di Eropa, di sini iklimnya cukup hangat.

Pengunjung bisa menikmati matahari selama hampir sepanjang tahun. Salah satu pantai yang cukup populer adalah Pantai Plata. Pesisir menawan tersebut bisa diakses dengan berjalan kaki dan memiliki panorama yang mengagumkan. Selain pantai, jangan lewatkan pula wisata alam berupa gua yang bisa dijelajahi.

Biasanya turis yang ingin menjelajahi gua akan berkemah di sekitar kawasan wisata tersebut. Almeria sendiri dulunya merupakan salah satu daerah penghasil emas terbesar di Negeri Matador. Jadi jangan heran jika di daerah ini banyak ditemukan gua yang dulunya berfungsi sebagai tambang.

  1. Sierra Nevada

Sierra Nevada merupakan nama sebuah pegunungan dengan puncak yang disebut Mulhacen. Berbeda dengan kebanyakan wilayah di Spanyol lainnya, di sini Anda bisa melihat salju dan bermain ski. Soal pemandangan, Sierra Nevada tidak kalah cantik dengan pegunungan Alpen yang legendaris.

Serunya, di tempat ini pengunjung juga bisa menyewa rumah-rumah salju yang unik. Karena udaranya cukup dingin dan hampir sebagian besar wilayahnya tertutup salju, saat berkunjung ke Sierra Nevada pastikan untuk membawa pakaian hangat dan jaket yang tebal, ya!

  1. Ibiza

Sebagai salah satu destinasi paling populer, pulau yang berlokasi di Laut Mediterania menawarkan keindahan pesisir khas dengan garis pantai sepanjang 210 km. Ibiza tidak hanya dikenal dengan pantainya, tetapi juga suasana dan panoramanya yang menawan.

Kota ini bahkan sering digunakan sebagai pusat perayaan atau pesta karena berbagai festival menarik dirayakan di sana. Meskipun tidak terlalu luas, mengelilingi Ibiza tidak akan pernah membuat kita bosan. Karena selain alamnya yang mengagumkan, Ibiza juga memiliki banyak restoran atau kafe recommended dengan hidangan yang menggugah selera.

  1. Madrid

Spain

Madrid

Madrid bukan sekadar pusat pemerintahan sekaligus Ibu Kota dari Spain, kawasan ini juga surganya tempat wisata dan destinasi paling populer dengan jumlah turis yang cukup memuaskan setiap tahunnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Plaza Mayor. Berada di tengah kota Madrid, alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan kuno dan megah.

Bangunan tersebut merupakan pusat perbelajaan yang mirip dengan ruko-ruko di Indonesia. Hampir semua bangunan didesain dengan arsitektur yang serupa sehingga terlihat rapi. Terdiri dari 4 lantai, pada lantai pertama setiap bangunan biasanya digunakan sebagai toko atau kafe sementara lantai teratas untuk penginapan.

Tidak hanya itu, seperti halnya Times Squre di New York, Plaza Mayor juga kerap dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai festival seperti Festival Idiro, Christmas Market, dan sebagainya.

  1. Barcelona

Spain

Barcelona

Rumah bagi salah satu klub sepak bola terkenal di dunia ini merupakan destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Spanyol. Melihat dari dekat pertandingan bola atau loker para pemain favorit di Stadion Camp Nou tentu menjadi aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Barcelona.

Soal suasana dan pemandangan, Barcelona juga cukup menarik. Kota ini memiliki banyak sekali bangunan bersejarah, pusat perbelanjaan, museum, kafe, dan restoran yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Museum Picasso dan Gereja Bassilica yang legendaris.

Pusat Wisata Kuliner Menggugah Selera

Jadi, sudah tahu mau ke mana saat ke Negeri Matador nanti? Satu hal yang pasti, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner khas Spanyol saat berkunjung ke negara tersebut. Sebagai referensi, berikut 7 kuliner khas yang wajib dicoba,

  1. Churros

Spain

Churros

Meskipun kudapan ini bisa dinikmati di Indonesia, tetapi tentu berbeda rasanya jika kita menikmati Churros di negara asalnya. Biasanya, makanan lezat ini disajikan dengan saus cokelat yang manis. Untuk menikmati Churros, Anda bisa mengunjungi kafe-kafe yang ada di Barcelona.

Churros sendiri merupakan nama sebuah kue yang terbuat dari adonan tepung dan susu yang dibentuk memanjang dan digoreng. Setelah matang, Churros disajikan dengan taburan kayu manis dan saus cokelat kental. Paduan nikmat susu dan saus yang bertemu dengan legitnya kayu manis membuat rasa hidangan ini begitu khas.

Jadi jangan heran jika selain di kafe, Churros juga bisa kita lihat disajikan di restoran-restoran mahal sebagai hidangan pencuci mulut.

  1. Cream Catallina

Spain

Creaam Catallina

Salah satu hidangan asli Spain ini biasanya menjani menu penutup. Meskipun berbentuk sup krim, tetapi rasa Catallina cukup segar dan lezat. Jadi jangan heran jika sudah menikmati rasa krim ini kita ingin merasakannya lagi. Cita rasa yang khas membuat semua orang merasa ketagihan untuk mencicipi lagi Cream Catallina.

Menu menggugah selera ini biasanya bisa kita temukan dengan mudah di restoran sebagai hidangan penutup. Beberapa restoran biasanya menghidangkan Cream Catallina dengan potongan roti bawang hangat yang tidak kalah lezat.

  1. Pan con Tomate

Spain

Pan con Tomate

Kuliner unik ini terbuat dari potongan roti yang dipanggang di dalam oven bersama topping berupa saus yang terbuat dari tomat. Rasa gurih roti yang berpadu dengan aroma dan rasa asam tomat ternya berpadu cantik dan menyajikan kelezatan yang khas pada  kuliner ini.

Seperti halnya dua kuliner yang sudah dibahas sebelumnya. Pan con Tomate biasanya disajikan sebagai hidangan penutup dan bisa ditemukan dengan mudah di setiap kafe ataupun restoran di negara asal klub Barca tersebut.

  1. Pulpo a la Gallega

Spain

Pulpo a la Gallega

Pernah menikmati kuliner yang berbahan dasar daging gurita? Jika belum, saat berkunjung ke Spanyol sebaiknya Anda menikmati Pulpo a la Gallega. Meskipun namanya aneh, tetapi rasa hidangan seafood ini cukup lezat. Keunikan masakan ini terletak pada potongan daging gurita yang dioleh dengan bumbu khas.

Meskipun berasal dari hewan laut, Pulpo a la Gallega tidak memiliki aroma amis. Mungkin hal ini yang membuat hidangan tersebut menarik dan menjadi salah satu kuliner favorit para wisatawan lokal maupun dalam negeri di Spanyol.

  1. Patatas Bravas

Spain

Patatas Bravas

Hidangan ini merupakan versi Spanyol dari kentang goreng yang legendaris. Bedanya, alih-alih diiris memanjang seperti stik, kentang dipotong berbentuk segi empat dan digoreng dengan minyak panas untuk menghadirkan cita rasa renyah dan gurih yang khas.

Sebagai pelengkap, Patatas Bravas disajikan dengan saus pedas dan mayonaise. Meskipun kelihatannya mudah dibuat, tetapi menyajikan hidangan khas ini dengan cita rasa serupa bukanlah hal mudah. Patatas Bravas sendiri bisa dinikmati di kafe-kafe atau pedagang kaki lima yang ada di Spanyol.

  1. Tortilla Espanola

Spain

Tortilla Espanola

Pernah menikmati hidangan tortilla khas Amerika Latin? Jika iya, tortilla ala Spanyol merupakan cikal bakal dari kuliner yang pernah Anda nikmati tersebut. Bedanya, Tortilla Espanola memiliki tekstur lebih tebal sehingga sekilas penampilannya lebih mirip dengan pizza.

Tapi soal rasa, hidangan ini tidak bisa diremehkan. Terbuat dari olahan telur dan kentang, Tortilla Espanola memiliki rasa lezat yang cukup menggugah selera. Kuliner lezat ini bisa ditemukan di restoran-restoran yang menjual hidangan khas Spanyol dan biasanya disajikan dengan beberapa saus pelengkap rasa.

  1. Empenadas

Spain

Empenadas

Empenadas merupakan kuliner berupa campuran daging tumbuk yang diolah dengan kentang dan berbagai bumbu khas. Sebelum disajikan, adonan tadi digoreng dengan minyak panas dan disajikan hangat-hangat. Soal rasa, Empenadas cukup menggoyang lidah. Hidangan ini kerap dijadikan sebagai sajian penutup atau kudapan dan bisa kita nikmati di setiap kafe atau restoran yang ada di Spanyol.

Menjelajahi Kebudayaan dan Kebiasaan Warga Spanyol

Memiliki 17 wilayah berbeda membuat penduduk Negeri Matador memiliki kepribadian dan keunikannya masing-masing. Jadi jangan heran jika seorang warga asli tidak mau disamakan dengan warga asli lainnya. Sebab menyamaratakan sifat dan kebiasaan setiap individu dianggap sebagai hal yang tidak sopan di Spanyol.

Selain itu, Spanyol juga memiliki banyak hal lain yang perlu kita pahami agar saat melakukan perjalanan ke negara ini Anda tetap bisa menikmati liburan dengan tenang dan menyenangkan.

  1. Bahasa Utama bukan Bahasa Spanyol

Setidaknya ada 5 bahasa resmi lain yang digunakan di negara ini yaitu, Catalan, Basque, Aragon, Asturian, dan Leonese. Tetapi bukan berarti para penduduk di beberapa wilayah tidak mengerti atau menggunakan Bahasa Spanyol. Jadi selama Anda menguasai bahasa ini, jangan khawatir tidak mampu berkomunikasi dengan warga lokal.

Selain memiliki bahasa resmi yang cukup beragam, ternyata tidak banyak penduduk asli yang fasih berbahasa Inggris di Spanyol. Meskipun begitu, komunikasi dengan warga lokal tetap bisa terjalin dengan baik karena mereka pun akan berusaha membantu turis yang berusaha menjelaskan atau bertanya meskipun dengan terbata-bata.

  1. Siestas

Di Spain terdapat sebuah rutinitas berupa periode khusus setelah makan siang (biasanya berlangsung selama 2 sampai 3 jam) di mana seluruh toko di Spanyol tutup karena pemiliknya beristirahat. Rutinitas tersebut dikenal dengan nama Siestas. Sekilas kebiasaan unik ini cukup menarik, tetapi bagi wisatawan hal ini bisa sangat membingungkan.

Karena pada periode tersebut, kegiatan wisata bisa tertunda dan terbatas sebab hampir semua toko tutup. Jadi jika ingin menjelajahi kota-kota di Spanyol secara maksimal, pastikan untuk berkeliling sesaat sebelum atau sesudah Siestas berlangsung.

Nah, itulah ulasan tentang wisata dan hal-hal menarik lain yang bisa kita temukan di Spanyol. Untuk informasi lain terkait wisata dan kebudayaan, jangan lupa untuk mengunjungi RCKTrip. Semoga bermanfaat dan selamat menjelajahi eksotisme Spanyol yang menawan.